Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
9.366 views

Perdana Menteri Irak al-Abadi Perintahkan Ribuan Milisi Syi'ah ke Ramadi

BAGDAD (voa-islam.com) - Lebih 3.000 milisi Syiah tiba di pangkalan militer di dekat Ramadi, dan Baghdad mengirim  milisi Syi'ah merebut kembali Ramadi, yang sudah jatuh ke tangan ISIS, akhir pekan lalu, dan ini merupakan kekalahan terbesar bagi pemerintah sejak pertengahan 2014, Senin, 18/5/2015.

Sementara itu, milisi Syi'ah terus mendekati pusat markas ISIS dengan dukungan senjata berat, seperti kendaraan lapis baja dan rudal, ungkap seorang saksi dan  perwira militer Irak.

Dibagian lain, pesawat-pesawat tempur dalam koalisi pimpinan AS meningkatkan serangan terhadap posisi ISIS, tidak kkurang  19 serangan di dekat Ramadi selama 72 jam terakhir atas permintaan pasukan keamanan Irak, kata seorang juru bicara koalisi.

Milisi Syiah, yang dikenal sebagai Hashid Shaabi atau populer Mobilisasi, diperintahkan untuk memobilisasi pasukannya menuju  kota Ramadi, ibukota provinsi Anbar, Minggu, 17/5/2015.

Kedatangan milisi Syi'ah dapat menambah permusuhan sektarian di salah satu bagian paling kejam dari Irak. "Pasukan Hashid Shaabi mencapai Habbaniya dan sekarang siaga perang," kata kepala dewan provinsi Anbar, Sabah Karhout.

Seorang saksi mata menggambarkan kendaraan lapis baja dan truk dipasangi dengan senapan mesin dan roket, mengibarkan bendera kuning Kataib Hizbullah, salah satu faksi milisi, menuju pangkalan sekitar 30 km (20 mil) dari Ramadi.

Juru bicara kelompok milisi Syi'ah mengatakan pengintaian dan perencanaan untuk menuju "pertempuran Anbar", yang luas ;di tepi Sungai Efrat provinsi lembah berbatasan dengan Suriah, Yordania dan Arab Saudi, di mana pasukan ISIS menguasai kota-kota utama dan jalan. Ramadi didominasi oleh Muslim Sunni.

Perdana Menteri Haider al-Abadi, mengintruksikan  penyebaran milisi Syiah mengambil kembali Ramadi. Ini akan menuju kubungan perang antara Sunni-Syi'ah yang paling berdarah.  Sekitar 500 orang telah tewas dalam pertempuran memperebutkan Ramadi dalam beberapa hari terakhir dan  8.000 Ramadi telah melarikan diri, ungkgap juru bicara gubernur provinsi Anbar.

ISIS mengatakan telah menyita tank dan membunuh "puluhan orang murtad", sebutan pasukan keamanan Irak. Seorang saksi mata di Ramadi mengatakan mayat polisi dan tentara berbaring di hampir setiap jalan, dengan kendaraan militer terbakar di dekatnya.

Qassim al Fahdawi, seorang menteri pemerintah Irak, mengatakan pasukan Irak tidak memiliki profesionalisme. Sunni melihat milisi Syiah sebagai ancaman lebih buruk dari ISIS.

ISIS menggambarkan dirinya sebagai pembela kaum Sunni terhadap serangan milisi Syi'ah yang sangat kejam dan jahat yang didukung Iran. 

Satu pemimpin suku, Sheikh Abu Majid al-Zoyan, mengatakan ia curiga milisi Syi'ah. Ali Akbar Velayati, seorang pejabat senior Iran, mengatakan Teheran siap untuk membantu menghadapi ISIS, dan ia yakin kota Ramadi akan "dibebaskan".

Perang  antara Sunni-Syi'ah di Irak, Suriah, Yaman, dan sejumlah wilayah lainnya di Timur Tengah dan Teluk  sebuah keniscayaan. Karena, Teheran ingin menguasai Timur Tengah, dan dengan menggunakan kekuatan militer dan senjata. Termasuk sekarang mengembangkan nuklir. (afgh/aby/voa-islam.com)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X