Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
9.833 views

Aturan Posisi Makmum di Belakang Imam

Oleh: Badrul Tamam

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam.  Shalawat dan salam atas Rasulillah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, keluarga dan para sahabatnya.

Shalat adalah media penghubung antara hamba beriman dengan penciptanya. Allah Subhanahu wa Ta'ala yang telah menciptakan hamba tadi dan memperbagus bentuk  tubuhnya.

Shalat menduduki rukun Islam yang kedua setelah ikrar syahadatain. Dua kalimat Syahadat adalah pondasi dasar dienul Islam. Orang yang bersyahadat menyatakan siap ibadah kepada Allah semata (ikhlas) dan beribadah dengan syariat yang dibawa utusan Allah.Adapun shalat, ia menjadi ujian pertama atas persaksian tersebut. Siapa yang menjalankan shalat maka ia telah menegakkan agama pada dirinya. Sebaliknya, siapa meninggalkannya maka ia telah merobohkan bangunan agama dalam dirinya.

Shalat adalah amal pertama yang akan ditanyakan dan dihisab dari seorang hamba beriman di hari kiamat. Jika baik shalatnya maka seluruh amalnya juga baik. Sebaliknya, jika shalatnya rusak maka rusak pula seluruh amalnya.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam, beliau bersabda:

أوَّلُ ما يحاسَبُ بِهِ العبدُ يومَ القيامةِ الصلاةُ، فإِنْ صلَحَتْ صلَح له سائرُ عملِهِ، وإِنْ فسَدَتْ، فَسَدَ سائرُ عملِهِ

Shalat adalah amal pertama seorang hamba yang akan dihisab di hari kiamat. Jika shalatnya baik, maka akan baik pula seluruh amalnya. Dan jika shalatnya rusak, rusak pula seuruh amalnya.” (HR. Al-Thabrani dalam Al-Ausath, statusnya hasan)

Shalat itu tiang agama. Agama tegak apabila shalat tegak dengan baik. Siapa yang menjaga shalatnya, sungguh ia telah menjaga agamanya. Sebaliknya, siapa yang teledor terhadap shalat maka terhadap amal lain dia akan lebih teledor.

Shalat dan perbuatan keji tidak akan berkumpul dalam diri seorang mukmin. Ini sesuai firman Allah Subhanahu wa Ta'ala,

وَأَقِمِ الصَّلَاةَ إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ

Dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar.”  (QS. Al-Ankabut: 45)

Shalat menjadi batas pemisah antara kufur dan Islam. Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

إنَّ العهدَ الَّذي بيْنَنا وبيْنَهم الصَّلاةُ، فمَن ترَكها فقد كفَر

Sesungguhnya perjanjian antara kami dan mereka (munafikin) adalah dengan shalat. Siapa yang meninggalkan shalat maka sungguh ia telah kafir.” (HR. Ibnu Majah)

Shalat fardhu haruslah menjadi pengatur hidup, sumber kebahagiaan abadi, dan sarana perjumpaan ruh hamba beriman kepada penciptanya –Allah Ta’ala- lima kali dalam sehari semalam.

Perintah Merapikan Shaf Shalat

Merapikah shaf (barisan) dalam shalat adalah wajib. Berlaku bagi imam dan makmum. Imam harus mengatur shaf jamaah. Sedangkan jamaah harus mendengar dan patuh kepada imamnya saat mengarahkan mereka untuk meluruskan dan merapatkan shaf. Dengan ini terjadi ta’awun (tolong menolong) dalam kebaikan dan ketakwaan. Dengan ini shalat jamaah akan baik dan sempurna.

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu 'Anhu, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

 سَوُّوا صُفُوفَكُمْ , فَإِنَّ تَسْوِيَةَ الصَّفِّ مِنْ تَمَامِ الصَّلاةِ

Samakan shaf kalian, karena sesungguhnya menyamakan shaf (meluruskan dan merapatkan) shaf termasuk bagian kesempurnaan shalat.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Dalam riwayat milik Al-Bukhari,

سَوُّوا صُفُوفَكُمْ , فَإِنَّ تَسْوِيَةَ الصُّفُوفِ مِنْ إِقَامَةِ الصَّلاةِ

Samakan shaf-shaf kalian, karena sesungguhnya menyamakan shaf  bagian dari menegakkan shalat.

Dalam hadits dari Ibnu Mas’ud, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam memegang pundak-pundak para sahabat saat shalat dan bersabda,

اسْتَوُوا , وَلا تَخْتَلِفُوا فَتَخْتَلِفَ قُلُوبُكُمْ

Samakan (shaf) dan jangan acak-acakan sehingga tercerai berai hati-hati kalian.” (HR. Muslim)

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam merapikan shaf jamaah sebagaimana beliau meluruskan anak panah. Pernah beliau melihat seseorang seorang Badui yang ikut shalat berjamaah membusungkan dadanya sehingga terlihat lebih menonjol dalam barisan shalat. Kemudian beliau bersabda,

Wahai hamba-hamba Allah, hendaknya kalian rapikan shaf-shaf kalian atau Allah akan membuat cerai berai wajah-wajah kalian.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Lurus dan rapatnya barisan shalat kaum muslimin menunjukkan persatuan mereka dan komitmen mereka berpegang teguh dengan agama yang satu; yaitu agama Islam. Perintah merapatkan shaf dan meluruskannya adalah isyarat untuk menghilangkan skat (jarak) di antara mereka. Syetan pun  tidak punya celah untuk masuk dalam barisan orang-orang yang shalat dan merusak shalat mereka.

Aturan Shaf di Belakang Imam

Bagi jamaah di belakang imam terikat hukum khusus yang telah ditetapkan syariat sebagai berikut:

Pertama, jika seorang wanita mengimami seorang wanita, maka makmum wanita itu berdiri di samping kanannya.

Kedua, jika wanita mengimami para wanita yang banyak maka imam wanita itu berdiri di tengah-tengah mereka. Ia tidak maju di hadapan para makmum wanita.

Ketiga, jika seorang laki-laki mengimami seorang laki-laki dan seorang wanita, maka makmum laki-laki berdiri di samping kanan imam dan makmum wanita berdiri di belakang keduanya.

Keempat, jika makmumnya terdiri dari dua orang laki-laki dan seorang wanita maka dua laki-laki itu berdiri di belakang imam dan makmum wanita berdiri di belakang keduanya.

Kelima, jika makmum terdiri dari seorang wanita saja maka ia shalat di belakang imam.

Keenam, jika makmum laki-laki berdiri di sebelah kiri imam maka imam menggesernya lewat belakangnya ke sebelah kanannya.

Ketujuh, jika makmum berdiri sebelah kanan Imam, lalu datang yang lain dan berdiri di sebelah kiri imam, maka imam menyuruh (menggeser/mendorongnya) ke belakangnya.

Penutup

Taswiyah shufuf (menyamakan shaf) mencakup meluruskannya dan merapatkannya adalah wajib, menurut sebagian ulama. Dalilnya, perintah Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam di atas dan ancaman bagi orang yang menyalahinya. Jika jamaah tidak merapikan shaf maka mereka semua berdosa, ini dzahir pendapat Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah. Dari sini penting bagi orang yang shalat berjamaah merapikan shaf shalat.Wallahu A’lam. [PurWD/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Tsaqofah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Sopir Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Magelang Digerogoti Tumor Usus. Ayo Bantu..!!

Sopir Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Magelang Digerogoti Tumor Usus. Ayo Bantu..!!

Mantan preman yang jadi sopir pesantren ini tak bisa lagi mengantar jemput santri, para guru dan ustadz pesantren. Menderita tumor usus stadium 4, ia butuh biaya transport dan obat-obatan kemoterapi....

Terancam Roboh, Mushalla Al-Fatihah Butuh Renovasi Total. Ayo Bantu Sedekah Jariyah.!!!

Terancam Roboh, Mushalla Al-Fatihah Butuh Renovasi Total. Ayo Bantu Sedekah Jariyah.!!!

Kondisi mushalla di pelosok Tasikmalaya ini sangat memprihatinkan, reyot dan tidak layak. Dihantam longsor, rusakanya semakin parah dan terancam roboh. Dibutuhkan dana 55 juta rupiah untuk renovasi...

Kecelakaan Parah, Yatim Santri Tahfizh Qur’an ini Patah Kaki. Ayo Bantu..!!

Kecelakaan Parah, Yatim Santri Tahfizh Qur’an ini Patah Kaki. Ayo Bantu..!!

Sudah 10 hari Maymunah terbaring menahan perihnya patah tulang paha akibat kecelakaan. Ia harus menjalani pencangkokan dan pengobatan tulang selama 60 hari dengan biaya 9,6 juta. Ayo bantu.!!...

Farhan Syafero: Aktivis Dakwah Gugur Salah Tembak dalam Tragedi Berdarah Jakarta, Ayo Bantu.!!

Farhan Syafero: Aktivis Dakwah Gugur Salah Tembak dalam Tragedi Berdarah Jakarta, Ayo Bantu.!!

Aktivis dakwah ini gugur di bulan suci Ramadhan saat siaga menjaga markas FPI dan rumah Habib Rizieq. Jasadnya terkapar bersimbah darah dengan lubang peluru menembus dada hingga punggung....

Ditimpa Musibah Bertubi-tubi, Keluarga Muallaf Hidup Memprihatinkan, Ayo Bantu...!!!

Ditimpa Musibah Bertubi-tubi, Keluarga Muallaf Hidup Memprihatinkan, Ayo Bantu...!!!

Muallaf Evelyn harus berjuang keras menafkahi kelima anaknya, meski fisiknya rapuh mengidap kanker tiroid. Betapapun pahitnya hidup, ia tetap tegar mewujudkan mimpi anaknya yang hafal Al-Quran...

Latest News
Penegak Hukum atau Karyawan Hukum?

Penegak Hukum atau Karyawan Hukum?

Senin, 22 Jul 2019 03:51

12 Mahasiswa ADI Aceh Lulus ke STID Mohammad Natsir

12 Mahasiswa ADI Aceh Lulus ke STID Mohammad Natsir

Senin, 22 Jul 2019 02:21

"Warning" Aplikasi FaceApp Mengalihkan Duniamu

Senin, 22 Jul 2019 01:10

Dinilai Bertentangan dengan Norma, Aksi Tolak RUU PKS Membesar

Dinilai Bertentangan dengan Norma, Aksi Tolak RUU PKS Membesar

Senin, 22 Jul 2019 00:26

Resmikan Pondok Tahfizh, KH. Aceng Zakaria: Jadikan Al-Quran sebagai Kurikulum Kehidupan

Resmikan Pondok Tahfizh, KH. Aceng Zakaria: Jadikan Al-Quran sebagai Kurikulum Kehidupan

Ahad, 21 Jul 2019 23:57

Kapitalisme, Pajak Diperas SDA Dilepas

Kapitalisme, Pajak Diperas SDA Dilepas

Ahad, 21 Jul 2019 23:40

MIUMI Aceh: Game PUBG dan Sejenisnya Haram

MIUMI Aceh: Game PUBG dan Sejenisnya Haram

Ahad, 21 Jul 2019 23:34

Visi pada Investasi, Mengokohkan Imperialisme Asing?

Visi pada Investasi, Mengokohkan Imperialisme Asing?

Ahad, 21 Jul 2019 23:22

SMA Ar-Rohmah Putri Malang Raih Akreditasi A

SMA Ar-Rohmah Putri Malang Raih Akreditasi A

Ahad, 21 Jul 2019 22:48

CIIA: Pemerintah Tidak Perlu Khawatir Pulangkan Eks Pendukung ISIS ke Indonesia

CIIA: Pemerintah Tidak Perlu Khawatir Pulangkan Eks Pendukung ISIS ke Indonesia

Ahad, 21 Jul 2019 22:00

Jabar Juara Tingkat Pengangguran

Jabar Juara Tingkat Pengangguran

Ahad, 21 Jul 2019 21:55

2 Anggota IRGC Tewas dalam Serangan Orang Bersenjata di Dekat Perbatasan Pakistan

2 Anggota IRGC Tewas dalam Serangan Orang Bersenjata di Dekat Perbatasan Pakistan

Ahad, 21 Jul 2019 21:30

Oman Serukan Iran Bebaskan Kapal Tanker Berbendera Inggris yang Mereka Tawan

Oman Serukan Iran Bebaskan Kapal Tanker Berbendera Inggris yang Mereka Tawan

Ahad, 21 Jul 2019 19:48

Pendukung Dapat Kursi, Gerindra Tetap Bisa Oposisi

Pendukung Dapat Kursi, Gerindra Tetap Bisa Oposisi

Ahad, 21 Jul 2019 17:09

Ketika Penyebutan Tiongkok Dianggap SARA Hanya karena Soal Bambu

Ketika Penyebutan Tiongkok Dianggap SARA Hanya karena Soal Bambu

Ahad, 21 Jul 2019 16:09

Taliban Tunjukkan Senjata yang Mereka Rebut dari Pasukan Komando Afghanistan di Badghis

Taliban Tunjukkan Senjata yang Mereka Rebut dari Pasukan Komando Afghanistan di Badghis

Ahad, 21 Jul 2019 15:30

Ketika Sibuk Dianggap Sukses

Ketika Sibuk Dianggap Sukses

Ahad, 21 Jul 2019 15:09

Wanita AS Kehilangan Hak Asuh Putri Saudinya Karena Foto Bikini

Wanita AS Kehilangan Hak Asuh Putri Saudinya Karena Foto Bikini

Ahad, 21 Jul 2019 14:45

Tiga Opini Heboh Ini Dipersoalkan Pengamat: Agenda Apa, sih?

Tiga Opini Heboh Ini Dipersoalkan Pengamat: Agenda Apa, sih?

Ahad, 21 Jul 2019 14:09

Inggris Pertimbangkan Pembekuan Aset Iran Menyusul Penyitaan Kapal Tanker Berbendera Inggris

Inggris Pertimbangkan Pembekuan Aset Iran Menyusul Penyitaan Kapal Tanker Berbendera Inggris

Ahad, 21 Jul 2019 14:00


Gamis Syari Cantik Murah Terbaru

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X