Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.225 views

Info BMKG Jadi Aplikasi Terpopuler di AppStore Pasca Gempa Palu

JAKARTA (voa-islam.com) - Gempa bumi berkekuatan 7,4 magnitudo di Donggala yang disusul dengan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah, pada Jumat lalu, menjadikan masyarakat Indonesia lebih waspada untuk menghadapi bencana alam.

Secara geografis, Indonesia memang termasuk ke dalam negara yang sangat rawan gempa Bumi. Hal ini dikarenakan wilayah Indonesia berada di daerah Cincin Api Pasifik atau Circum-Pacific belt.

Dikutip dari Kumparan.com, salah satu cara agar masyarakat Indonesia lebih siap dan siaga dalam menghadapi bencana yang akan terjadi adalah dengan memanfaatkan perangkat teknologi. Salah satu perangkat teknologi yang bisa dimanfaatkan adalah aplikasi Info BMKG yang dibuat oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Pasca bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah, Info BMKG rupanya menjadi aplikasi yang populer, banyak di-download atau diunduh di Apple App Store maupun Google Play Store.

Aplikasi Info BMKG bahkan menduduki posisi pertama aplikasi gratis terpopuler di Apple App Store, mengalahkan WhatsApp, Facebook, dan Instagram. Sementara di Google Play Store, aplikasi menempati peringkat ketujuh sebagai aplikasi gratis terpopuler.

Fitur-fitur aplikasi Info BMKG
Aplikasi Info BMKG pertama kali dirilis pada 6 Mei 2012. Hingga kini ia telah didownload lebih dari 1 juta kali. Aplikasi itu kini punya sejumlah fitur yang dapat digunakan penggunanya dalam mewaspadai bencana alam. Berikut fitur-fitur yang ada di aplikasi Info BMKG:

  1. Prakiraan Cuaca
    Aplikasi ini akan informasi prakiraan cuaca harian di seluruh kabupaten/kota di Indonesia, termasuk lokasi pengguna saat ini karena telah terintegrasi dengan fitur GPS.
  2. Peringatan gempa bumi
    Info BMKG akan memberikan notifikasi gempa bumi terkini yang terdeteksi berkekuatan lebih dari 5.0 magnitudo di seluruh Indonesia.
  3. Peta Iklim
    Menyajikan beberapa informasi peta iklim di wilayah Indonesia, di antaranya Peta Hari Tanpa Hujan, Peta Prakiraan Hujan Bulanan, dan Peta Analisis Hujan Bulanan.
  4. Kualitas Udara
    Pengguna aplikasi bisa memantau kualitas udara Partikulat Matter (PM10) di beberapa kota terutama di Sumatera dan Kalimantan.
  5. Cuaca Maritim
    Informasi pemantauan cuaca maritim (ketinggian gelombang laut) di wilayah Perairan Indonesia.
  6. Cuaca Bandara
    Informasi pemantauan cuaca aktual dan 4 jam ke depan dari bandara-bandara di Indonesia.
  7. Titik Panas (Geo Hotspot)
    Pemantauan informasi titik-titik panas (hotspot) untuk potensi kebakaran hutan dan lahan.
  8. Cuaca Jalur Mudik
    Menyajikan informasi cuaca kota-kota yang dilewati jalur mudik disertai trafik lalu lintas jalan raya (hanya ditampilkan ketika momen mudik).
  9. Cuaca Event
    Menampilkan informasi cuaca untuk event tertentu, seperti Asian Para Games 2018 di Jakarta saat ini dan International Monetary Fund (IMF) di Bali.
  10. Peringatan Dini Cuaca
    Memberikan informasi peringatan dini cuaca di beberapa provinsi Indonesia.

Itulah sejumlah fitur aplikasi Info BMKG yang bisa dimaksimalkan oleh pengguna untuk tetap waspada menghadapi bencana alam. Dengan meningkat kesadaran dan kewaspadaan, diharapkan ketika bencana datang, tidak banyak nyawa manusia yang melayang.[fq/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Tekno lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X