Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
India Peringatkan AS Adanya ''Ekstrimis Berwajah Putih''

Berita Terkait

1.628 views

India Peringatkan AS Adanya ''Ekstrimis Berwajah Putih''

NEW DELHI (Berita SuaraMedia) - Sekitar lima bulan sebelum serangan teroris 26/11 Mumbai, India telah memperingatkan Amerika Serikat tentang peningkatan "wajah putih" di kamp-kamp teroris di sepanjang perbatasan Pakistan-Afghanistan dan upaya oleh kelompok-kelompok perlawanan untuk mendapatkan bahan fisil untuk "membuat bom mentah".

Menurut memo diplomatik AS tanggal 30 Mei 2008, yang dirilis oleh WikiLeaks, Penasihat Keamanan Nasional pada saat itu, MK Narayanan, mengatakan ini saat pertemuan dengan Senator Amerika yang sedang berkunjung, Russ Feingold dan Bob Casey, di New Delhi.

Menurut memo, Narayanan mengatakan kepada Senator bahwa hubungan AS - India meningkat lebih dari sekedar hubungan transaksi perdagangan dan pertahanan, melainkan mendapatkan manfaat dari sebuah empati bersama.

Ditanya tentang terorisme, Narayanan mengatakan bahwa pelatihan kamp-kamp di perbatasan Pakistan-Afghanistan telah menarik lebih banyak "wajah putih".

"Dia juga mencatat kelompok perlawanan telah berusaha untuk memperoleh bahan fisil dan memiliki kompetensi teknis untuk pembuatan bahan peledak yang melebihi bom kotor  biasa," kata memo tersebut.

Narayanan menyesalkan bahwa kurangnya pemahaman umum badan-badan intelijen nasional pada saat kejadian ledakan seperti tahun 2006 di Mumbai yang melibatkan perencanaan dan penggalangan dana dalam 11 negara yang berbeda, katanya.

Mengenai ledakan 13 Mei di Jaipur, Narayanan mengungkapkan bahwa India telah mempersempit tersangka keHarkat-ul-Jihad  Islami (HUJI).

Menurut memo, Narayanan juga mengamati bahwa Amerika Serikat tidak lagi mengabaikan serangan teroris yang terjadi di India karena telah mengadopsi lebih banyak "sudut koperasi" untuk menghadapi ancaman umum.

"Dia menyebutkan bahwa intelijen India telah mendeteksi berbagai sasaran, termasuk Eropa selatan dan timur laut, Somalia dan Timur Tengah, namun bukan AS. Aktor asing akan mengintensifkan perang asimetris mereka, ia meramalkan, dan menunjuk untuk meningkatkan dalam 'rekrutan kulit putih' terdeteksi oleh intelijen India di kamp-kamp pelatihan teroris di sepanjang perbatasan Pakistan-Afghanistan," kata memo tersebut.

"Rekrutan itu tidak akan digunakan terhadap India atau negara Asia," ujarnya, menambahkan bahwa ia telah memperingatkan rekan-rekannya mengenai perkembangan tesebut.

Dia juga mengatakan bahwa India telah menemukan sebuah "upaya nyata untuk mendapatkan bahan fisil," meskipun kelompok teroris belum memperoleh apapun.

Namun, ia memperingatkan, mereka memiliki "cukup pengetahuan untuk membuat satu bom mentah yang lebih baik dari bom kotor." memo tersebut mengungkapkan.

Narayanan merasakan kurangnya "pemahaman yang memadai" di antara badan-badan intelijen sebagai kelemahan terbesar dalam perang melawan teror.

"Kami terus memegang kartu kita erat-erat, tetapi hal ini sangat kontra-produktif," keluhnya, mengakui bahwa kesalahan tersebut "ditanggung bersama".

Ia mencontohkan ledakan Mumbai tahun 2006, yang melibatkan sampai dengan 11 negara, dan setidaknya tujuh tempat yang berbeda di mana perencanaan terjadi.

Dia mencatat bahwa ia membuat lapangan selama kunjungannya ke Washington untuk berbagi informasi yang lebih besar, bahkan hingga ke potongan-potongan terkecil, menurut memo itu.

"Apa yang tidak mungkin masuk akal untuk Anda mungkin masuk akal bagi saya," desak dia.

Ia juga mengamati bahwa para militan tidak lagi datang dari hanya segmen yang lebih miskin dari penduduk, tetapi lebih dari kerak atas sebuah komunitas yang merasa terancam dalam menghadapi integrasi kelompok di India," kata memo itu. (iw/dh) www.suaramedia.com

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Suara Media lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X