Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
Kekacauan Berlanjut, Barat Khawatir Mesir Dikuasai Ekstrimis

Berita Terkait

1.682 views

Kekacauan Berlanjut, Barat Khawatir Mesir Dikuasai Ekstrimis

LONDON (Berita SuaraMedia) - Mesir berisiko jatuh ke tangan ekstremis jika Presiden Hosni Mubarak tidak memajukan "transformasi" demokratis, Menteri Luar Negeri Inggris, William Haag memperingatkan.

Haag menyoroti bahaya tersebut sementara protes massa terhadap penguasa tiga dekade tersebut masih memimpin di seluruh negeri.

Lebih dari 100 orang dilaporkan tewas dalam enam hari kekerasan, dan para penjarah dan penjahat telah mengambil keuntungan dari kekacauan.

Inggris, Amerika Serikat, Perancis dan Jerman telah mendesak Mubarak untuk mengatasi kemarahan dari para demonstran dan memperkenalkan reformasi untuk meningkatkan legitimasi, namun sejauh ini konsesi tentang pemecatan kabinet dan penunjukan deputi baru belum meredakan ketidakpuasan tersebut.

Diwawancarai pada hari ini oleh program Sky News Murnaghan, Haag mengatakan: "Ini bukan pilihan kita dalam mencoba untuk memilih siapa yang harus menjadi presiden Mesir. Ini adalah bangsa yang berdaulat."

"Yang penting adalah bahwa prosesnya berlangsung, apa pun artinya bagi Presiden Mubarak secara pribadi, apa pun penilaian yang berarti baginya secara pribadi."

"Sangat penting baginya untuk memulai bahwa transformasi dan bahwa pemerintah berbasis luas, dan itulah yang kami ingin lihat."

"Itu jauh lebih baik tentu saja ke Mesir jatuh ke tangan ekstremisme atau sistem pemerintah yang lebih otoriter."

"Ini adalah reformasi damai menuju masyarakat yang lebih terbuka dan demokratis yang ada di Mesir dan kepentingan dalam kepentingan dunia yang lebih luas."

Kemarin, Haag menunjukkan bahwa Inggris akan khawatir jika Mubarak digantikan oleh sebuah kelompok keagamaan konservatif.

"Kami tidak ingin melihat pemerintah berdasarkan Ikhwanul Muslimin, itu bukan pilihan kita," katanya.

Sementara itu Inggris dan AS kini telah menyarankan warga negaranya untuk meninggalkan daerah yang mudah kacau jika mungkin setelah polisi mundur.

Militer mengirim ratusan pasukan lagi dan kendaraan lapis baja ke jalan-jalan kota Kairo dan kota-kota lain, dan jet militer telah terbang rendah di atas alun-alun utama di ibukota. Namun pasukan tampaknya tidak mau mengambil tindakan terhadap kelompok-kelompok pemuda dengan senjata dan tongkat besar yang menghancurkan mobil.

Setidaknya satu pusat perbelanjaan di tepi sungai Nil di Kairo terbakar setelah dijarah.

David Cameron secara pribadi berbicara kepada presiden untuk mengekspresikan "keprihatinan serius" tentang kekerasan terhadap para pembangkang anti-pemerintah.

Downing Street mengatakan Perdana Menteri mendesak Mubarak untuk "mengambil langkah-langkah berani untuk mempercepat reformasi politik dan membangun legitimasi demokratis" daripada berusaha untuk menindas perbedaan pendapat.

Dalam sebuah pernyataan bersama terpisah dengan Presiden Perancis Nicolas Sarkozy dan Kanselir Jerman Angela Merkel, Cameron mengatakan: "Orang-orang Mesir memiliki keluhan sah dan kerinduan untuk keadilan dan masa depan yang lebih baik."

Prospek Mubarak tampaknya semakin suram setelah usahanya untuk menangani krisis dengan pemecatan kabinet dan penunjukan deputi baru gagal. Telah dilaporkan beberapa keluarganya telah lari dari negeri itu.

Pemenang Hadiah Nobel Perdamaian Mohamed ElBaradei, seorang oposisi moderat dan potensi presiden selanjutnya, bersikeras bahwa situasi saat ini adalah "kekacauan total" dan menuntut penurunan segera oleh presiden. Dia dikatakan telah bergabung dengan kerumunan di alun-alun utama Kairo, Liberation Square.

Para pengunjuk rasa di Mesir telah disemangati oleh keberhasilan perlawanan baru-baru ini di Tunisia yang berhasil mengusir Presiden Zine al-Abidine Ben Ali setelah 23 tahun berkuasa.

Laju peristiwa telah mengejutkan pengamat, dan menyebabkan spekulasi bahwa negara-negara lain seperti Yaman akan menjadi yang berikutnya untuk mengalami kerusuhan massal. (iw/ip/hs) www.suaramedia.com

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Suara Media lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X