Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
Fatah Memohon Bantuan Asing Ungkap Kebocoran Al Jazeera

Berita Terkait

2.754 views

Fatah Memohon Bantuan Asing Ungkap Kebocoran Al Jazeera

TEPI BARAT (Berita SuaraMedia) - Para pejabat Fatah mengatakan hari Kamis (27/1) waktu setempat bahwa mereka telah meminta Inggris, Perancis dan Amerika Serikat untuk membantu menyelidiki orang-orang dari negara-negara yang dianggap mungkin telah membocorkan ratusan dokumen ke Al-Jazeera.

"Kami telah meminta negara-negara tersebut untuk memeriksa jalan hukum yang akan memungkinkan orang-orang tersebut dibawa ke pengadilan," kata kepala perunding PLO Saeb Erekat kepada Agence France-Presse.

Erekat tidak nama ketiga orang itu yang oleh Palestina diduga berasal dari Inggris, Perancis dan Amerika Serikat.

Para pejabat Palestina lain telah mengatakan warga Prancis itu telah bekerja di departemen negosiasi PLO, sedangkan warga Inggrisnya adalah seorang mantan perwira intelijen, dan warga Amerika yang terlibat diduga memiliki pengetahuan yang mendalam dari proses negosiasi.

Pada hari Selasa, Erekat mengatakan kepada Al-Jazeera bahwa ia telah mengajukan keluhan dengan Departemen Luar Negeri

Seorang juru bicara Departemen Negara tidak segera membalas permintaan untuk memverifikasi pengaduan tersebut. Kantor pemerintah tutup lebih awal pada hari Selasa karena adanya badai salju yang luar biasa berat.

Namun seorang pejabat AS di Washington mengatakan kepada Ma'an bahwa Departemen Luar Negeri mungkin akan tetap diam tentang klaim tersebut.

Kebocoran lebih dari 1.600 dokumen ke stasiun TV itu telah menimbulkan gejolak pada Otoritas Palestina, mengungkapkan bahwa mereka menawarkan Israel  konsesi pada masalah sensitif Yerusalem dan pengungsi selama perundingan perdamaian.

Erekat, yang sering bertemu dengan para pejabat Israel dan AS, muncul di banyak dokumen. Para pejabat Palestina mengatakan mereka percaya bahwa dokumen yang dibocorkan oleh seseorang di  departemen yang ia kepalai, Unit Dukungan Negosiasi.

Erekat mengatakan kepada kantor berita The Associated Press pada hari Kamis bahwa penyelidikan atas kebocoran itu masih terus berlanjut.

Perancis menolak berkomentar ketika dihubungi oleh AP, dan mantan perwira intelijen Inggris mengatakan ia mungkin akan membahas masalah tersebut di lain waktu.

Banyak dari dokumen negosiasi tahun 2008 bocor merinci pertemuan antara pemimpin Abbas dan Israel pada saat itu, Ehud Olmert. Pembicaraan tersebut dihentikan oleh perang tiga minggu Israel di Gaza yang dikuasai Hamas, yang diluncurkan pada akhir 2008, dan meningkatnya tuduhan korupsi terhadap Olmert yang akhirnya memaksa dia keluar dari jabatannya.

Upaya AS untuk menghidupkan kembali pembicaraan antara Abbas dan Benjamin Netanyahu, dengan segara kandas atas perluasan permukiman Israel. Abbas mengatakan ia tidak akan kembali ke pembicaraan tanpa pembekukan pemukiman penuh, permintaan yang telah ditolak oleh Netanyahu.

Dalam sebuah buku yang akan datang, Olmert menulis bahwa ia meminta Abbas dalam pertemuan terakhir mereka pada bulan September 2008 untuk menandatangani cetak biru-nya untuk kesepakatan damai, tapi Abbas keberatan.

Pada saat itu, Olmert berusaha untuk mencaplok 6,5 persen dari Tepi Barat, termasuk pemukiman Israel di sana, dan memberikan Palestina jumlah yang sama tanah dari yang sekarang direbut Israel. Abbas mengatakan dia baru setuju jika itu tidak lebih dari 1,9 persen.

Dalam kutipan buku yang diterbitkan Kamis oleh harian Israel Yediot Ahronot, Olmert menulis bahwa dia mengatakan kepada Abbas pada pertemuan terakhir mereka: ".. Ambil pena dan tanda tangani sekarang, Anda tidak akan menerima proposal yang lebih adil dari ini"

Menurut proposal Olmert sebelumnya diungkapkan, Israel akan mempertahankan blok pemukiman di Tepi Barat dan kantong Yahudi di Yerusalem timur. Kota Tua Yerusalem, rumah bagi tempat suci Islam, Yahudi dan Kristen, dan sekitarnya akan berada di bawah administrasi internasional.

Negara Palestina akan demiliterisasi dan Israel akan menyerap sejumlah pengungsi Palestina.

Sementara itu, di Tepi Barat, para demonstran telah menawarkan dukungan mereka bagi Presiden Mahmoud Abbas dan Erekat, yang sering muncul di seluruh dokumen. Beberapa ribu pendukung Fatah meneriakkan slogan-slogan menentang Al-Jazeera dan mendukung Abbas pada hari Kamis. Mereka juga membakar foto dua pemimpin senior Hamas.

Tetapi di  Jalur Gaza yang diperintah Hamas, demonstrasi telah diselenggarakan untuk mendukung Al-Jazeera, mengkritik Abbas untuk "berkolaborasi" dengan Israel.

Pada hari Kamis, ratusan berunjuk rasa di Gaza City, membakar foto Abbas dan mengagungkan gambar pemilik Al-Jazeera, para emir Qatar.

Salah Bardawil, seorang anggota parlemen Hamas, mengatakan kepada orang banyak bahwa "mereka (Otoritas Palestina) adalah pengkhianat dan siapa saja yang berpikir untuk mengorbankan segala hak kita" harus diadili. (iw/mn/ap) www.suaramedia.com

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Suara Media lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X