Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
Iklim Permusuhan Internal Mulai Menyapu Israel

Berita Terkait

2.264 views

Iklim Permusuhan Internal Mulai Menyapu Israel

TEL AVIV (Berita SuaraMedia) - Dari larangan rabbi terhadap menyewa rumah untuk "non-Yahudi" hingga tindakan keras pemerintah terhadap para aktivis sayap kiri, Israel bergulat dengan identitas dan karakter mereka.

Seluruh spektrum politik, sebagian melihat upaya tersebut sebagai ancaman terhadap cita-cita demokrasi Israel. Pemimpin oposisi Tzipi Livni, dari Partai Kadima, memperingatkan bahwa "roh jahat telah menyapu Israel." Menteri Pertahanan Ehud Barak mengatakan "gelombang rasisme mengancam untuk menarik masyarakat Israel ke tempat-tempat gelap dan berbahaya."

Dihadapkan dengan langkah Kabinet untuk memaksa calon warga non-Yahudi untuk menyatakan kesetiaan kepada sebuah "negara Yahudi", menteri pemerintah Dan Meridor berpisah dengan sesama anggota Partai Likud konservatif dalam menentang gerakan tersebut. Setelah gerakan itu mendapatkan persetujuan Kabinet, ia berkata, "Ini bukan Israel yang kita tahu."

Sebuah baru-baru ini jajak pendapat Lembaga Demokrasi Israel menemukan hampir setengah dari Yahudi Israel  tidak mau hidup bersebelahan dengan orang Arab. Namun daftar tetangga yang tidak diinginkan tidak berhenti di situ. Lebih dari sepertiga tidak ingin hidup di samping orang asing atau orang yang sakit mental, dan hampir satu dari empat mengatakan mereka tidak akan mau berbagi jalan dengan gay atau ultra-Ortodoks.

"A Time to Hate," adalah judul di koran Haaretz bulan ini. Beberapa telah membandingkannya dengan iklim bermusuhan tahun 1995, sesaat sebelum seorang fanatik sayap kanan membunuh Perdana Menteri Yitzhak Rabin.

"Sistem kekebalan masyarakat Israel jelas runtuh," kata anggota parlemen Partai Buruh Daniel Ben-Simon.

Untuk beberapa orang, waktu dari intoleransi naik cukup mengejutkan karena datang selama periode yang relatif aman dan makmur. Jumlah serangan di Israel tahun lalu turun ke level terendah dalam lebih dari satu dekade, dan ekonomi Israel juga tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan kebanyakan negara lain.

Ben-Simon mengatakan kurangnya tekanan ancaman luar mungkin berkontribusi terhadap gesekan domestik.

"Semakin kuat ketegangan eksternal, semakin direpresi ketegangan internal," katanya. "Setiap ketenangan dalam tekanan luar menyebabkan ketegangan internal untuk naik ... ini menyebabkan orang merasa bahwa jika mereka sejalan dengan dunia luar dan merasa cukup aman, 'Mari kita melawan sedikit.'."

Munculnya nasionalis Israel dan partai-partai keagamaan mungkin juga memainkan peran. Partai  Menteri Luar Negeri Avigdor Lieberman,Yisrael Beiteinu dan partai agama Shas sekarang menduduki untuk sekitar sepertiga dari kursi koalisi yang berkuasa di parlemen, atau Knesset, dan telah muncul sebagai pemain kunci dalam mendukung agenda konservatif dalam pemerintahan koalisi Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Para pemimpin partai mengatakan bahwa agenda mereka bukan tentang intoleransi tetapi dirancang untuk menanamkan nilai-nilai Yahudi di pemerintah, dan mempertahankan karakter Yahudi Israel. Mereka menunjuk popularitas mereka di kalangan pemilih sebagai bukti dukungan publik terhadap program mereka.

Namun kritikus mengatakan Israel Arab dan warga asing telah menanggung beban agenda mereka.

Bulan lalu, puluhan rabi kota mengeluarkan perintah yang melarang menyewakan atau menjual real estate ke non-Yahudi, terutama warga Arab. Sekelompok istri rabi 'diikuti dengan surat publik mendesak perempuan Yahudi untuk menghindari kontak dengan pria Arab.

Sementara itu, Knesset sedang mempertimbangkan sebuah RUU yang akan memungkinkan masyarakat Israel untuk membentuk komite-komite lokal yang bisa melarang calon warga  berdasarkan ras, orientasi seksual atau status perkawinan.

Meningkatnya pekerja migran juga menarik kritikan. Pemimpin kota Ultra-Ortodoks di pinggiran Tel Aviv dari Bnei Brak telah mencoba untuk melarang penyewaan apartemen bagi orang asing dan menekan tuan tanah yang menolak.

Di Asdod, beberapa imigran Afrika lolos dari kematian ketika pintu depan mereka dibakar dengan  ban yang dibakar. Dalam Petah Tikva, gadis-gadis Pramuka yang lahir di Israel dari orang tua Afrika dipukuli dalam perjalanan pulang oleh penyerang yang menghina mereka.

Toleransi pada pandangan politik yang berbeda juga tampaknya akan menyusut.

Knesset bulan ini memberikan persetujuan sementara untuk komite penyelidikan untuk meneliti dana asing dari kelompok kiri dan pro-Palestina yang mengkritik militer Israel. Pemimpin kelompok yang menjadi sasaran menyamakan gerakan itu seperti "pemburuan penyihir McCarthyisme" yang dirancang untuk membungkam kritik pemerintah.

Setelah anggota parlemen Faina Kirschenbaum - bagian dari partai Beiteinu Yisrael, yang mencakup banyak imigran Rusia - memperkenalkan gerakan untuk menyelidiki organisasi berhaluan kiri, kantornya menerima  surat, "Seorang Rusia yang baik adalah orang Rusia yang mati," dan mengkarakterisasi imigran Rusia sebagai "pelacur, pencuri dan brutal."

Musim gugur yang lalu, sebuah radio talk-show berubah menjadi sebuah keluhan on-air tentang pembayaran kesejahteraan pada laki-laki ultra-Ortodoks yang tidak bekerja, menyebut orang-orang itu "parasit".

Beberapa pertanyaan yang tumbuh dari apakah gelombang intoleransi meningkat menujukan bahwa debat publik di Israel telah dibajak oleh ekstremis sebagian karena lemahnya partai-partai politik moderat dan liberal.

Bambi Sheleg, pendiri majalah A Different Place, sebuah jurnal masalah sosial yang dihormati, mengatakan dia tidak berpikir Israel menjadi lebih xenophobia, tetapi sudut pandang ekstremis menerima lebih banyak perhatian.

"Masyarakat Israel terdiri dari pusat raksasa," katanya. "Tapi tidak ada satu pun yang memimpin dan suaranya tidak terdengar."

Dia menyatakan harapan bahwa trend baru-baru ini akan memicu reaksi antara sentris Israel yang akan mengakibatkan toleransi lebih.

"Kita berada di ambang pemahaman bahwa kita semua harus hidup di sini bersama-sama dan berkompromi," katanya. "Ini adalah penyakit yang bertumbuh." (iw/lat) www.suaramedia.com

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Suara Media lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X