Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
24.241 views

Nggak Lolos Seleksi? Ya Udah Sabar Lagi

 

Oleh: Aily Natasya

 

Pertama-tama, meskipun agak telat ngucapinnya, congratulations untuk semua peserta SNMPTN maupun SBMPTN yang sudah lolos masuk ke kampus impiannya masing-masing. Jangan lupa bersyukur dan berusaha lebih baik lagi. Jangan merasa bahwa perjuangannya telah selesai, karena sesungguhnya ini benar-benar baru permulaan. Semangat!

Dan untuk yang belum lolos seleksi SNMPTN maupun SBMPTN, sabar. Nggak pa-pa mengeluh, tapi harus ke Allah ngeluhnya. Gelar sajadah, dan berkeluh kesahlah di situ. Allah itu Maha Mendengar dan Maha Penyayang. Bayangin, deh, ketika kita sedih kayak gitu, nangis sesenggukan, minta disayang sama Allah terus Allah juga mendengarkan semua keluh kesah kita. Itu bukan sekedar ilusi, teman-teman. Itu beneran. Allah sendiri yang bilang, bahwa siapa hambaNya yang mengingatNya, maka Allah pun akan mengingatnya. Allah itu sweet abis, loh.

“Maka ingatlah kepadaKu, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepadaKu dan janganlah kamu ingkar kepadaKu. Wahai prang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah: 152-153).

Sabar itu dari pukulan pertama

Diriwayatkan dari Anas ibn Malik radhiyallahu ‘anhu berkata: “Nabi shallallahu ‘alaihi wassallam pernah melewati seorang wanita yang sedang menangis di sisi kuburan. Lalu beliau bersabda, ’Bertakwalah Anda pada Allah dan bersabarlah’ Wanita itu menjawab, ‘Menjauhlah engkau dariku. Sesungguhnya engkau belum pernah merasakan musibah yang menimpaku. Wanita itu tidak tahu bahwa yang berkata itu adalah Nabi shallallahu ‘alahi wasallam. Kemudian ada yang mengatakan pada wanita itu: ‘Sesungguhnya (orang yang berkata tadi-pent) adalah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam’. Kemudian wanita tersebut mendatangi pintu (rumah) Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dan ia tidak mendapatkan penjaganya. Kemudia ia berkata kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam; ‘(maaf) aku tadi tidak mengetahui engkau wahai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam’. Rasulullah pun bersabda: ‘Sesungguhnya sabar itu terdapat pada hentakan pertama.’”

Maksudnya apa, nih? Maksudnya adalah, reaksi pertama kita terhadap cobaan dan musibah yang Allah kasih itu bagaimana? Langsung ber-istighfar, kah? Langsung menangis, kah? Langsung histeris, kah? Atau malah langsung ngomong kasar? Nah, kalau reaksi pertama kita adalah istighfar dulu, mengingat Allah dulu, maka itulah sabar. Jika kita langsung bereaksi negatif, ya, itu belum sabar. Cuman, bukan berarti kita menyerah untuk bersabar. Walau telat, tetap sabar sampai akhir. Namanya juga belajar.

Rasanya ditolak setelah bertahun-tahun berjuang, ya, pasti sakit banget. Pengen menghilang dari dunia rasanya, hiks. Ketika kenyataan tidak sesuai dengan harapan, nangis dulu nggak pa-pa. Puas-puasin sedihnya, tapi jangan lama-lama banget. Masih banyak kesempatan di luar sana yang dapat kamu raih. Jangan mengeluh atau sampai menyerah. Karena rahmat Allah itu luas banget. Yakin, deh, bahwa Allah akan menggantikannya dengan yang lebih baik. Karena Allah adalah sebaik-baik penulis skenario

“Tetapi boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 216)

Kencangkan doa

Tidak lolos sama sekali dari kedua seleksi di atas bukanlah berarti bahwa segalanya telah berakhir. Ada ribuan universitas di dunia ini. Bisa jadi kalian tidak lolos di perguruan tinggi negeri di dalam negeri, tapi malah bisa lolos di perguruan tinggi di luar negeri. Kan, siapa tahu. Makanya jangan menutup kesempatan lain. Masih banyak kesempatan-kesempatan itu. Namun kali ini doanya harus dikencangkan lagi, ya. Kalau yang kemarin sudah cukup kencang, maka kali ini harus lebih dikencangkan lagi. Namanya juga manusia, kita itu lemah tanpa berdoa kepada Allah. Jadi biarkan Allah yang menuntun kamu ke tujuan selanjutnya. Tapi syaratnya jangan menyerah dulu sama rahmat Allah. Nangis nggak apa-apa, tapi kalau menyerah, berputus asa, jangan, ya.

Katakanlah. “Wahai hamba-hambaKu yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri! Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh, Dialah yang Maha Pengampun, Maha Penyayang. (QS. Az-Zumar: 53).

Jadi gimana? Tau kan, habis sedih harus apa? Yap, bangkit lagi. Semangat lagi. Ingat, masih banyak kesempatan di luar sana, bahkan lebih baik yang sedang menunggu kalian. Semangat teman-teman! (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Palestina Masih Berduka, Ayo Ulurkan Tangan Bantu Mereka

Palestina Masih Berduka, Ayo Ulurkan Tangan Bantu Mereka

Sahabat, Ulurtangan mari kirimkan dukungan terbaikmu untuk warga Palestina di Gaza demi menguatkan mereka menghadapi situasi mencekam ini. Mari dukung mereka dengan berdonasi dengan cara:...

Open Donasi Wakaf Pembangunan Rumah Qur'an & TK Islam Terpadu An Najjah di Jonggol

Open Donasi Wakaf Pembangunan Rumah Qur'an & TK Islam Terpadu An Najjah di Jonggol

Saat ini, Ulurtangan bersama Yayasan An Najjahtul Islam Jonggol sedang merintis pembangunan Rumah Qur’an dan Taman Kanak-kanak Islam Terpadu (TKIT) An Najjah dan Gedung Majelis Taklim di Jonggol,...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X