Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
14.162 views

Memoar Singkat Sejarawan Rachmad Abdullah (Bagian ke-1)

Oleh: Tatang Hidayat (Pegiat Student Rihlah Indonesia)

Rachmad Abdullah bin Muharram dilahirkan di Bibis Kulon, Gilingan, Surakarta pada 18 Dzulqa’dah 1404 H / 15 Agustus 1984 M dan wafat hari Senin, 9 Dzulhijjah 1442 H / 19 Juli 2021 M di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Putra ke-2 dari pasangan Muharram dan Suweni, memiliki satu saudara bernama Rachmad Romadhoni.

Dari silsilah hubungan darah, penulis masih ada hubungan keluarga dengan KH. Abdul Mannan (Mbah Kaji Dul Manan), perintis Pondok Pesantren Al-Qur`an Al-Muayyad, Mangkuyudan, Surakarta, sekaligus salah satu tokoh Nahdlatul Ulama (NU) terkenal di Surakarta bahkan di Tanah Jawa. Ini karena nenek Rachmad Abdullah yang bernama Maemunah, merupakan putri dari KH. Thoyyib dan Muspingah (saudari KH. Abdul Manan). Rachmad Abdullah juga masih ada hubungan silsilah dengan Pakdhe Nidzham dan KH. Thoha, pengurus Masjid Al-Wustha Mangkunegaran, Surakarta.

Nyai Hj. Shofiyah binti KH. Abdul Mu’id bin KH. Muh. Thohir (kakak pertama KH. Muh. Idris, Jamsaren Solo), dinikahkan dengan KH. Abdul Mannan, saudara Muspingah. Sementara KH. Thoyyib dan Muspingah memiliki 5 anak, yaitu Salimah (Kartasura), Maemunah (Bibis Kulon, Solo), M. Bachrun (Bibis Kulon, Solo), M. Bakri (Medan, Sumatera), dan M. Badri (Magelang).

Pada 1 Syawal 1437 H (Agustus 2005), Rachmad Abdullah untuk kedua kalinya bersilaturrahmi ke Mbah Ummi Kulsum, utara Langgar Jenengan, 30 M timur laut dari SMA Al-Islam 1 Surakarta, untuk melacak silsilah beliau yang menurut informasi dari Bulek Nur Hayatun / Atun (Mangu) dari Mbah Kaji Thoyyib, masih keturunan Sultan Trenggono (Demak) yang berlanjut ke Pajang, Mataram Baru, Kartasura dan Surakarta. Saat itu bertemu pula dengan KH. Dian Nafi’, pengasuh Pondok Windan, Pajang.

Keterangan umumya, bahwa keluarga Mbah Kaji Thoyyib, dekat hubungannya dengan keluarga KH. Abdul Rozaq Shofawi, pengasuh Pondok Al-Muayyad yang pernah beliau temui tahun 2010 M silam. Banyak ulama (kyai) dan sultan di Jawa yang merupakan keturunan dari Sunan Giri (Walisongo) dan Sultan demak.

Rachmad Abdullah menempuh pendidikan Sekolah Dasar (SD) di SDN Bibis Wetan lalu SDN Gambirsari Surakarta (1991-1996). Jenjang pendidikan Sekolah Menengah dilanjutkan di SMP N 16 Surakarta (1996-1999) lalu di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta (1999-2002). Pendidikan Tinggi ditempuh pada Jurusan Fisika FMIPA di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta (2002). Semasa kuliah pernah bergabung dalam Lembaga Dakwah Kampus Universitas bernama Jama’ah Nurul Huda (LDK JN UKMI UNS).

Penggalian potensi di dunia jurnalistik diselami pada Majalah Azzam Syiar Kegiatan Islam (SKI) FMIPA UNS. Goresan penanya semakin dipertajam ketika aktif bersama Majalah PIJAR sebagai ketua redaksi dalam Departemen Dakwah dan Media bidang Humas JN UKMI UNS.

Pada tahun 2006, Rachmad Abdullah mendaftar ke Ma’had Abu Bakar Ash-Shiddiq yang bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Jenjang pendidikan yang setara dengan Program D-2 (2006-2008) ditempuhnya pada jurusan Bahasa Arab dan Studi Islam (al-Lughoh al-‘Arobiyyah wa ad-Dirosah al-Islamiyyah). Pada tahun 2008, berhasil meraih gelar Sarjana S-1 (Sains Fisika) dan lulus dari Ma’had Abu Bakar Ash-Shiddiq UMS Surakarta. Dalam tahun yang sama diterima mengajar IPA Fisika di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta (2008/2009).

Pada Tahun Pelajaran 2009/2010, Rachmad Abdullah pindah ke SMP Al-Islam 1 Surakarta dan mengajar IPA Fisika kemudian IPA Terpadu (Fisika dan Biologi). Pada tahun pertama tersebut bertepatan dengan ditetapkannya SMP Al-Islam 1 Surakarta sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Pada Juli 2009, beliau bersama 4 guru MIPA dan TIK ditugaskan Kepala SEkolah (Drs. Nur Rokhmat) untuk mengikuti Bimbingan Teknis Guru IPA dan TIK RSBI SMP di Hotel Sahid Raya Yogyakarta.

Untuk memenuhi tuntutan RSBI Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (20% S2), pada tahun 2010 studi lanjut S-2 penulis ambil pada Pendidikan Sains Minat Utama Fisika di Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). Gelar Magister Pendidikan (M. Pd.) diraih pada tahun 2012 dengan tesis berjudul “Implementasi Aqidah Tauhid Dalam Pembelajaran IPA Fisika Dengan Metode Kooperatif Jigsaw dan STAD Ditinjau dari Motivasi Belajar dan Karakter Siswa.”

Pada Juli 2010, Rachmad Abdullah bersama guru MIPA dan TIK lainnya kembali ditugaskan mengikuti Bimbingan Teknis RSBI SMP di Hotel Sahid Jaya Surakarta. Dalam BIMTEK ke-2 ini Kemendikbud menyelenggarakan program Short Course bagi guru-guru RSBI yang terseleksi untuk belajar ke Australia dan Malaysia guna meningkatkan kemampuan MIPA dan Bahasa Inggris. Alhamdulillah, beliau berhasil lolos seleksi dan diberangkatkan atas nama SMP Al-Islam 1 Surakarta belajar ke luar negeri. Tepatnya di SEAMEO RECSAM, Pulau Penang, Malaysia selama 1 bulan (November 2010) bersama 63 guru RSBI SMP se-Indonesia angkatan ke-3.

Pada Juli 2014, Rachmad Abdullah diminta mengajar Fisika untuk kelas 10, 11 dan 12 di MA Nurul Iman Li Tahfizh Al-Quran (Hidayatullah) Karanganyar dan juga MA Al-Kahfi Surakarta mulai Juli 2016. Pada 14 September 2015 beliau diminta mengajar Mata Kuliah Logika di Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) IAIN Surakarta untuk Mahasiswa Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) dan Bimbingan Konseling Islam (BKI).

Mulai 14 Maret 2016, selain Logika juga diminta mengajar mata Kuliah Sejarah Dakwah Nusantara (SDN). Pada 26 September 2016 diberi amanah mengajar Mata Kuliah Islam dan Budaya Jawa untuk 7 kelas Bimbingan Konseling Islam (BKI) di FUD dan Sejarah Peradaban Islam (SPI) untuk 3 kelas jurusan Hukum Pidana Islam (HPI 1 A & 1 B) dan Manajemen Zakat & Wakaf. Bersambung...

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mushalla Reyot di Pelosok Garut Terancam Roboh, Ayo Bantu.!!!

Mushalla Reyot di Pelosok Garut Terancam Roboh, Ayo Bantu.!!!

Mushalla kayu di pelosok Garut ini menyedihkan. Dindingnya reyot, rapuh, dan keropos bisa roboh setiap saat. Dibutuhkan dana 50 juta rupiah untuk renovasi total bangunan permanen dan diperluas....

Wakaf Air: IDC Salurkan 11 Juta untuk Tandon Air & Perlengkapan Sumur PTQ Az Zuman Klaten

Wakaf Air: IDC Salurkan 11 Juta untuk Tandon Air & Perlengkapan Sumur PTQ Az Zuman Klaten

Program Wakaf Sumur IDC telah menyalurkan dana 11 Juta rupiah untuk kebutuhan tandon air, pompa air dan perlengkapan sumur di Pesantren Tahfidz Quran (PTQ) Az Zuman, Jambu Kulon, Ceper, Klaten....

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Wakaf Sumur: IDC Salurkan Tandon Air 2200 Liter dan Pipanisasi ke Masjid Al-Huda Plupuh Sragen

Wakaf Sumur: IDC Salurkan Tandon Air 2200 Liter dan Pipanisasi ke Masjid Al-Huda Plupuh Sragen

Mari berlomba-lomba dalam kebaikan dan wakaf. Semoga menjadi pahala yang berlipat-lipat dan terus mengalir tak terbatas umur, seiring banyaknya warga yang memanfaatkan wakaf tersebut untuk kemaslahatan...

Latest News
Bahas Arah Perjuangan, MPUII Gelar Silaturahim Ulama dan Tokoh Umat

Bahas Arah Perjuangan, MPUII Gelar Silaturahim Ulama dan Tokoh Umat

Kamis, 23 Sep 2021 19:37

62 Anak Tewas Tahun Ini Di Kamp Al-Hol Suriah Yang Dikelola Teroris YPG

62 Anak Tewas Tahun Ini Di Kamp Al-Hol Suriah Yang Dikelola Teroris YPG

Kamis, 23 Sep 2021 19:30

Aktivis Desak Pihak Berwenang Tangkap Mantan Presiden George W. Bush Atas Kejahatan Perang Di Irak

Aktivis Desak Pihak Berwenang Tangkap Mantan Presiden George W. Bush Atas Kejahatan Perang Di Irak

Kamis, 23 Sep 2021 18:30

Mayoritas Orang Eropa Percaya AS Telah Terlibat Perang Dingin Dengan Cina Dan Rusia

Mayoritas Orang Eropa Percaya AS Telah Terlibat Perang Dingin Dengan Cina Dan Rusia

Kamis, 23 Sep 2021 12:05

Hukum Tak Tegas Dinilai Jadi Penyebab Kasus Teror kepada Tokoh Agama Kembali Terulang

Hukum Tak Tegas Dinilai Jadi Penyebab Kasus Teror kepada Tokoh Agama Kembali Terulang

Kamis, 23 Sep 2021 09:18

Jalan Terjal Penghapusan Kekerasan Seksual di Indonesia

Jalan Terjal Penghapusan Kekerasan Seksual di Indonesia

Kamis, 23 Sep 2021 08:47

Brigjen Tumilaar “Mempertahankan Bangsa”, di Mana Salahnya?

Brigjen Tumilaar “Mempertahankan Bangsa”, di Mana Salahnya?

Kamis, 23 Sep 2021 08:39

Dihapusnya BOS, Dilema Pendidikan Indonesia

Dihapusnya BOS, Dilema Pendidikan Indonesia

Kamis, 23 Sep 2021 08:37

Media Sosial, Wadah Propaganda Halal Lifestyle

Media Sosial, Wadah Propaganda Halal Lifestyle

Kamis, 23 Sep 2021 08:21

Ketika Makanan Menjauhkan dari SurgaNya

Ketika Makanan Menjauhkan dari SurgaNya

Kamis, 23 Sep 2021 07:59

Wahdah Islamiyah Gelar Webinar Ketahanan Keluarga

Wahdah Islamiyah Gelar Webinar Ketahanan Keluarga

Kamis, 23 Sep 2021 07:51

Imaam Yakhsyallah Tulis Buku ke-16  tentang Tha’un, Covid, dan Yahudi

Imaam Yakhsyallah Tulis Buku ke-16 tentang Tha’un, Covid, dan Yahudi

Kamis, 23 Sep 2021 07:45

ISYEFPreneur Kembali Hadir, ISYEF dan BI Perkuat Komitmen Dorong Wirausaha Berbasis Masjid

ISYEFPreneur Kembali Hadir, ISYEF dan BI Perkuat Komitmen Dorong Wirausaha Berbasis Masjid

Rabu, 22 Sep 2021 22:30

Ilmuwan Ubah Limbah Durian Jadi Perban Antibakteri

Ilmuwan Ubah Limbah Durian Jadi Perban Antibakteri

Rabu, 22 Sep 2021 22:21

Bersiap Menjadi Ibu Tangguh Masa Kini

Bersiap Menjadi Ibu Tangguh Masa Kini

Rabu, 22 Sep 2021 21:56

PPHN Harus Dibatalkan dan Digagalkan

PPHN Harus Dibatalkan dan Digagalkan

Rabu, 22 Sep 2021 21:03

Adara Gelar Kompetisi Film Pendek Bertema Ibu, Anak, dan Palestina

Adara Gelar Kompetisi Film Pendek Bertema Ibu, Anak, dan Palestina

Rabu, 22 Sep 2021 20:40

Lithuania Desak Warganya Buang Ponsel Cina Secepat Mungkin Dan Tidak Membeli Yang Baru

Lithuania Desak Warganya Buang Ponsel Cina Secepat Mungkin Dan Tidak Membeli Yang Baru

Rabu, 22 Sep 2021 20:35

Bukhori Yusuf: Pemerintah Seolah Tidak Berdaya Memutus Teror pada Ulama

Bukhori Yusuf: Pemerintah Seolah Tidak Berdaya Memutus Teror pada Ulama

Rabu, 22 Sep 2021 19:44

Apresiasi Krisdayanti yang Berani Blak-Blakan

Apresiasi Krisdayanti yang Berani Blak-Blakan

Rabu, 22 Sep 2021 19:02


MUI

Must Read!
X