Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
19.391 views

Semangat Beribadah tapi Malas Bekerja? Malulah Kepada Allah, Rosul dan Para Ulama Salaf

Sahabat VOA-Islam...

Allah SWT yang Maha Memberikan Rizki tidak akan sedikitpun melupakan hambaNya untuk memenuhi kebutuhan keseharian. Rasululloh SAW. juga telah mengabarkan dalam sabdanya bahwa masalah rizki adalah sesuatu yang sudah ditetapkan, sehingga tidak patut seorang Muslim khawatir dengan rizkinya, karena tidak ada istilah rizki tertukar dalam Islam.

Namun banyak sekali muncul orang-orang yang terlalu optimis sehingga mereka tidak melangkahkan kakinya dalam menyambut rizki dari Allah. Bahkan golongan ini lebih asyik menikmati peribadahannya kepada Allah. Dengan alasan dunia itu hina untuk dikejar akhirnya mereka sibuk beribadah di masjid-masjid dan berdzikir tiada henti, tapi mereka malas bekerja untuk mencari nafkah demi memenuhi kebutuhan kesehariannya.

Sehingga tidak jarang sekarang ini, banyak orang tidak simpatik dengan para ahlul ibadah karena memberikan kesan tidak rasional, bagaiamana mungkin bisa, tidak mau bekerja tapi ibadah setiap waktu, di sisi lain dia masih membutuhkan operasional dalam kehidupan sehari-hari.

Dari sinilah pentingnya kita menengok, bagaimana sebenarnya para Nabi dan Rosul serta para ulama salafus sholeh mennjalani kesehariannya? Apakah benar karena dunia itu hal yang hina sehingga mereka meninggalkan bekerja? Atau malah sebaliknya?

Bekerja Mencari Nafkah itu Sebuah Kewajiban

Bekerja memenuhi kebutuhan hidup adalah sebuah kewajiban. Pasalnya, jika kita tidak menunaikan kewajibannya dalam mencari nafkah maka akan ada yang terdholimi. Apalagi memenuhi hak tubuh untuk sekedar mengisi perutpun butuh uang untuk membelinya. Sehingga kesibukan memburu akhirat jangan sampai menjadikan kita malas-malasan mencari nafkah.

Allah berfirman: Dan Kami jadikan siang sebagai waktu untuk mencari penghidupan (QS An Naba: 11).

Allah berfirman: "Apabila telah di tunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi, dan carilah karunia Allah (finansial dunia harta) dan ingatlah Allah banyak banyak supaya kamu.beruntung (QS Jum'ah : 10).

Rasulullah bersabda: "Tak ada seorang pun yang bisa menyantab makanan yang lebih baik dari pada seseorang yang menyantap dari hasil keringat tanganya, sebab nabiullah dawud menyantap dari jerih payahnya sendiri (HR Bukhari)

Ibnu Abbas berkata: "Adam seorang petani, Nuh seorang tukang kayu. Idris penjahit. Ibrahim dan Luth tukang kebun, shalih pedagang, dawud pembuat baju besi, musa syuaib dan Muhamad pengembala kambing.

Luqman Al Hakim berkata: " Wahai anakku, carilah pertolongan dengan usaha yang halal, sebab tidaklah.seseorang itu dalam keadaan fakir, selain ia terkena tiga hal: Agamanya menipis. Akalnya melemah, kewibawaanya menghilang. Dan sebesar besar musibah dalam hal ini adalah hampir semua manusia meremehkan dirinya" 

Abu Sulaiman Addarani berkata: "Ibadah menurut kami bukanlah sekedar engkau melukiskan kedua telapak kakimu dan tubuhmu yang lain kepayahan (karena ibadah) namun carilah roti, jagalah roti, kemudian engkau tunaikan ibadah".

Said Al Musayyab berkata: "Tak ada kebaikan pada orang yang tidak kepingin mengumpulkan harta secara halal sebab dengan harta itu ia bisa menjaga kehormatan wajahnya dari orang orang, menyambung silaturahim, dan memberikan haknya".

Dari banyak atsar yang kami sebutkan, di tengah kehidupan para salafus sholeh dalam mengejar akhirat tapi mereka tidak melupakan untuk bekerja memenuhi kebutuhan sehari-hari. Memeras keringat dan membanting tulang guna mendapatkan nafkah untuk bekal setiap hari.

Dari sini seharusnya kita bisa meneladani dan mujahadah dalam berlomba mengejar amal kebaikan ini. Sudah tidak selayaknya lagi berpangku tangan menanti rizki datang dari Allah sedang kita sibuk ibadah mahdhoh tapi malas bekerja. [protonema/voa-islam.com]

Editor: Syahid

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X