Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.787 views

Bantu Petani, Aa Gym Ciptakan Pupuk Organik Berstandar Internasional

BANDUNG (voa-islam.com) - Pimpinan Pondok Pesantren Darut Tauhid Abdullah Gymnastiar menciptakan pupuk organik yang diproses melalui teknologi biokonversi. Pembuatan pupuk memanfaatkan larva lalat black soldier fly (BSF).

Pupuk organik yang diberi nama MQ Organik, menurut dai kondang yang akrab disapa Aa Gym ini, bertujuan untuk membantu para petani agar bisa mengembangkan hasil pertaniannya, terlebih pupuk tersebut dibuat secara organik dan berstandar internasional. 

"Alhamdulillah, hari ini kita launching MQ Organik untuk membantu masyarakat lewat pupuk biokonversi ini. Pupuk yang dibuat secara sangat alami dan sudah banyak mendapatkan sertifikat dari Belanda," kata Aa Gym usai acara peluncuran MQ Organik di Eco Pesantren Daarut Tauhid di Jalan Ciwaruga, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (29/08/19).

Berdasarkan laporan di lapangan, teknologi biokonversi dilakukan dengan memanfaatkan larva BSF. Larva ini memakan sampah organik secara alami dan mengubahnya menjadi sumber protein, bahan dasar pupuk hayati, dan berbagai jenis pupuk organik. 

"Pupuk ini dihasilkan dari lalat yang larvanya mengeluarkan cairan yang diberi makan sampah-sampah organik yang tidak terpakai, zero wasted. Jadi, betul-betul sangat alami," kata Aa.

Aa Gym pun mengaku telah menerapkan pupuk ini terhadap berbagai macam jenis tanaman yang dikembangkan pada lahan percontohan (demplot). Hasilnya, kata Aa Gym, sangat memuaskan. Dengan hasil yang memuaskan tersebut, pihaknya berharap kesejahteraan petani pun akan meningkat.

"Pupuk ini benar-benar organik, tidak ada unsur-unsur kimia buatan dan kemudian lebih efisien, harganya juga lebih murah. Produk yang dihasilkan pun lebih berkualitas. Sehingga, petani pun diharapkan lebih meningkat kesejahteraannya," ujar Aa Gym yang juga Komisaris di PT MQ Organik.

Aa Gym menambahkan, untuk meyakinkan para petani terhadap manfaat pupuk tersebut, pihaknya juga memberikan kesempatan kepada para petani dengan menyediakan pupuk organik ini secara cuma-cuma, termasuk pendampingan dari para ahli.

"Kami punya ratusan demplot, kita akan fasilitasi, kita beri pupuk, kita beri pendampingan, supaya bisa merasakan manfaatnya langsung," tuturnya. 

Direktur Utama PT MQ Organik Boyke Febrian Mohamad mengatakan, di momen bulan kemerdekaan ini, pihaknya ingin memberikan sebuah karya yang diciptakan anak bangsa dengan sebuah produk pertanian berupa pupuk cair yang bisa dimanfaatkan oleh para petani.

"Petani sejahtera Indonesia merdeka, seperti tema besar dari launching ini. Kita ingin benar-benar memberikan sebuah manfaat bagi petani. Jika para petani sejahtera, maka kebutuhan pangan kita akan terjamin," ucap Boyke.

Boyke yakin, berdasarkan hasil yang sudah diperoleh beberapa petani dengan menggunakan pupuk cair hayati ini, hasil panennya lebih berkualitas.

"Alhamdulillah dari berbagai percobaan yang dilakukan oleh petani, ternyata kualitasnya pun bagus, tanaman lebih hijau, dan juga lebih segar dengan pupuk ini," katanya. [syahid/voa-islam.com]

Sumber: pikiran-rakyat.com

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Science lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X