Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2025, Indonesia Bakal Karam!

Berita Terkait

3.082 views

2025, Indonesia Bakal Karam!

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Ahli Statistik IPB, Khairil Anwar Notodiputro mengingatkan bahwa Indonesia akan menghadapi krisis multidimensi dalam 15-30 tahun ke depan jika tidak menempuh langkah antisipasi sejak saat ini terkait dengan jumlah penduduk yang besar.

"Bagi Indonesia angka 237,6 juta jadi peringatan dini bahwa 15-30 tahun ke depan Indonesia akan menghadapi krisis multidimensi bila langkah antisipasi tak dimulai sejak sekarang," kata Khairil dalam seminar "Dimensi Penduduk dan Pembangunan Berkelanjutan" di Jakarta, Selasa (19/10).

Guru Besar IPB itu menyebutkan, multikrisis itu antara lain berkaitan dengan soal ekonomi, sosial, politik, keamanan, dan perubahan iklim (ekologi). "Artinya wajah Indonesia mulai hari ini ditentukan apakah angka 237,6 juta itu akan semakin masif bertambahnya atau Indonesia mampu mengendalikan laju pertumbuhannya," kata Ketua Ikatan Perstatistikan Indonesia (ISI) itu.

Menurut dia, masalah jumlah penduduk yang besar, tidak hanya sekadar persoalan ekonomi, sosial dan lingkungan melainkan juga terkait dengan persoalan politik dan ideologis. Secara politis, jumlah penduduk yang tinggi tanpa adanya langkah penanganan dan antisipasi yang serius khususnya yang terkait dengan pangan, energi, lingkungan, pendidikan, kesehatan, dan lapangan kerja akan berimplikasi pada ancaman kedaulatan bangsa dan ketahanan nasional.

"Krisis politik yang dibarengi krisis ekonomi, ancaman kelaparan akibat kekurangan pangan dan pasokan energi serta lingkungan hidup berpotensi menghancurkan eksistensi sebuah negara," tuturnya.

Menurut dia, Indonesia mesti bercermin dari China yang sudah menyiapkan strategi yang jitu guna mengantisipasi ledakan penduduknya, mulai dari penyediaan pangan, energi, lahan pemukiman, dan ancaman kerusakan lingkungan. Ia menyebutkan, untuk dapat memformulasikan langkah antisipasi dan kebijakan jangka panjang diperlukan informasi valid.

Informasi valid itu antara lain produktivitas lahan produktif pangan, kapasitas produksi terpasang potensi energi dan sumber energi nasional, daya dukung sumberdaya lahan yang mampu menampung jumlah penduduk dan implikasinya terhadap penurunan kualitas lingkungan.

Selain itu, statistik lingkungan yang menyangkut kerusakan lingkungan, degradasi sumberdaya alam, dan ekosistem. Juga informasi ancaman konflik sosial, ancaman konflik politik, dan ancaman ekspansi dan penguasaan wilayah oleh negara lain. "Angka 237,6 juta bisa berubah menjadi bencana yang mengerikan jika kita tak pernah memikirkan secara serius," kata Khairil.

Ia menyebutkan, bila tak mampu menyediakan pangan maka akan muncul bencana kelaparan. Jika tak mampu menyediakan sumber energi terbarukan maka muncul ancaman kekurangan listrik, pupuk, dan mahalnya transportasi. Menurut dia, angka 237,6 juta juga mewajibkan negara menjaga kelestarian dan daya dukung lingkungan dari tindakan distruktif manusia tak bertanggung jawab.

"Jika tidak, maka rakyat Indonesia akan menghadapi bencana ekologis yang dahsyat mulai dari banjir, tsunami, tanah longsor, angin topan hingga ketidakseimbangan iklim akibat hancurnya ekosistem dan biosfir," tandas Khairil.

Red: Djibril Muhammad
Sumber: antara

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Republika Online lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X