Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.302 views

Legislator PKS Ungkap Sederet Dampak Mengerikan Akibat Naiknya Harga BBM

JAKARTA (voa-islam.com)--Anggota DPR RI dari Fraksi PKS, Hamid Noor Yasin menanggapi kebijakan Pemerintah yang akhirnya secara resmi mengumumkan kenaikkan harga BBM bersubsidi pada Sabtu (04/09/2022).

Meskipun banyak ditentang dan diprotes oleh elemen rakyat, kata Hamid, Pemerintah berdalih tetap menaikkan harga BBM sebagai solusi untuk mengurangi beban subsidi yang tidak tepat sasaran.

“Fraksi PKS DPR RI menyoroti kebijakan pemerintah tersebut bahkan walk out dari rapat paripurna DPR RI. Kebijakan ini dinilai tidak mendengar dan tidak menghiraukan masukan keluhan dan aspirasi rakyat. Kebijakan ini, tentunya akan berdampak secara luas, terutama pada masyarakat yang tidak mampu dan yang masih hidup dalam garis kemiskinan,” demikian tegas Legislator asal Dapil Jateng IV ini.

Masyarakat kurang mampu, kata Hamid, akan menderita akibat kenaikan harga BBM bersubsidi ini, belum lagi dengan timbulnya multiplier effect pasca kenaikan, misalnya dampak kenaikan harga-harga lainnya khususnya harga pangan.

“Oleh karena itu FPKS DPR RI akan terus mengkonsolidasikan langkah politik demi memperjuangkan harga BBM atau pemerintah membatalkan kenaikan harga BBM tersebut,” ujar Hamid.

Hamid juga menegaskan, akan muncul sederet implikasi atas kenaikan harga BBM bersubsidi ini diantaranya, Pertama, Lonjakan Harga bahan bakar dipastikan akan mendorong inflasi lebih lanjut.

“Diperkirakan inflasi kemungkinan akan melintas di atas 7% (yoy). Selain itu ada potensi risiko bahwa inflasi inti akan berada di atas 4% pada akhir tahun ini. Faktanya sudah ada peningkatan harga beberapa waktu di tahun ini bahkan sebelum efek kenaikan harga bahan bakar. Perluasan efek kenaikan harga menjadi hal utama yang harus diperhatikan,” jelas Hamid.

Kedua, lanjut Hamid, memangkas Pertumbuhan Ekonomi. Kenaikan harga BBM, baik Solar, Pertalite dan Pertamax, berisiko dapat memangkas pertumbuhan ekonomi.

“Kenaikan harga ketiga jenis BBM ini tentunya dapat mengurangi daya beli masyarakat, terlebih konsumsi BBM jenis Pertalite merupakan yang terbesar dalam konsumsi bensin secara total di Indonesia. Hal ini akan berisiko mengurangi pertumbuhan konsumsi rumah tangga yang diharapkan menjadi mesin utama pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2022,” pungkasnya.

Ketiga, papar Hamid, Ancaman Stagflasi. Pemerintah dinilai tidak tepat dalam mengambil keputusan untuk menaikkan harga BBM subsidi, terutama jenis Pertalite.

“Masyarakat jelas belum siap menghadapi kenaikan harga Pertalite menjadi 10.000 per liter. Dampaknya Indonesia bisa terancam stagflasi. Stagflasi adalah kenaikan laju inflasi yang signifikan dan tidak dibarengi dengan kesempatan kerja,” urai Hamid.

BBM, kata Hamid, bukan sekedar harga energi dan spesifik biaya transportasi yang naik, tapi juga ke hampir semua sektor terdampak. Selain itu adanya pontensi PHK di sektor industri, Naiknya harga BBM, masyarakat yang memiliki kendaraan pribadi dan tidak memiliki kendaraan sekalipun, akan mengurangi konsumsi barang lainnya.

“BBM ini masuk ke dalam kebutuhan mendasar. Ketika harganya naik maka pengusaha di sektor industri pakaian jadi, makanan minuman, hingga logistik semuanya akan terdampak. Pelaku usaha yang baru dalam fase pemulihan pasca pandemi, tentu berpotensi mengambil jalan pintas dengan lakukan PHK. Biaya produksi naik dan biaya operasional naik di sisi lain permintaan turun, konsekuensinya harus memotong biaya produksi. Akibatnya, ekspansi sektor usaha bisa melambat bahkan macet,” tandasnya.

Keempat, imbuh Hamid, Naiknya Tarif Angkutan dan Logistik. Kenaikan harga Pertalite dapat mendorong inflasi hingga 6% (yoy) pada akhir tahun ini.

“Dengan kenaikan harga Solar dan Pertamax, kami melihat risiko kenaikan inflasi dengan total dampak langsung dan dampak tidak langsung. Menurut perhitungan sebagian besar dampak tidak langsung berasal dari penyesuaian tarif angkutan.

Hal ini diperkuat oleh berbagai informasi yang menunjukkan bahwa asosiasi transportasi dan logistik mendorong kenaikan tarif hingga 25%,” demikian tegas Hamid.

“Maka kami berharap agar pemerintah meninjau kembali kenaikan harga BBM bersubsidi yang betul-betul memberatkan beban hidup rakyat ini,” tutup Hamid.* [Ril/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Politik Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Rumah Keluarga Yatim Ludes Terbakar Saat Ditinggal Sholat Tarawih

Rumah Keluarga Yatim Ludes Terbakar Saat Ditinggal Sholat Tarawih

Rumah yang ditinggali keluarga yatim Ibu Turyati (34) ludes terbakar saat ditinggal berbuka puasa bersama dan sholat Tarawih. Kebakaran pada Kamis malam (23/3/2023) itu tak menyisakan barang...

Berbagi Keberkahan, Bantuan Modal Usaha Untuk Muallaf

Berbagi Keberkahan, Bantuan Modal Usaha Untuk Muallaf

Tak punya kedua orang tuanya sejak 2017, Monica Kenyo Wulan Hapsari (27) hidup sendiri di kos berukuran sempit 2 x 3 meter. Sempat kelaparan dan hanya mampu jual sepatu dan tas ke rosok untuk...

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X