Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.563 views

Partai Amanat Nasional Milad ke-23, Ini Pesan Muhammadiyah

JAKARTA (voa-islam.com)--Partai Amanat Nasional menyelenggarakan Puncak Hari Ulang Tahun PAN ke-23 pada 23 Agustus 2021. Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Dr Haedar Nashir dan Sekretaris Umum Prof Dr Abdul Mu’ti ikut hadir memenuhi undangan untuk menyampaikan amanat, harapan, dan doa di hari milad PAN.

“Selamat ulang tahun ke-23 PAN. Jadikan ulang tahun ini sebagai momentum untuk melakukan refleksi diri, konsolidasi, dan proyeksi ke depan, agar PAN menjadi partai yang menyatu dengan rakyat. Dan ke depan tumbuh berkembang menjadi partai yang besar sebagai pilar strategis bangsa dan negara,” tutur Haedar Nashir melalui Zoom.

Menurut Haedar, PAN lahir satu jiwa, satu nafas, dan satu etos dengan kelahiran reformasi. Dalam konteks pergerakan gerakan Islam dan kemasyarakatan, PAN secara historis lahir dari spirit para elite Muhammadiyah untuk melakukan dan melanjutkan agenda reformasi yang saat itu menjadi toggak baru setelah keluar dari era otoritarianisme.

Muhammadiyah berharap PAN menjadi partai yang mampu menyatu dengan seluruh kekuatan masyarakat. “Perlu perenungan yang mendalam agar partai ini mampu hadir menjalankan fungsi kepartaiannya sebagaimana amanat konstitusi, sekaligus menghidupkan kembali alam pikiran dan jiwa luhur reformasi,” ujarnya.

Haedar Nashir menitipkan beberapa pesan penting. Pertama, di masa pandemi Covid-19, PAN harus menjadi bagian integral dari bangsa dan rakyat Indonesia untuk berperan aktif menghadapi pandemi ini dengan segala dampaknya. “Karena PAN adalah partai politik, maka PAN harus menjalankan fungsi politiknya.”

Kedua, cita-cita reformasi dan cita-cita pendiri bangsa perlu dibuktikan dalam tindakan para elite dan segenap warga PAN. “Ketika rakyat menderita, menghadapi musibah besar, para elite PAN harus ada di tengah-tengah rakyat dengan jiwa simpati, empati, dan memberi solusi. Jangan menjadi bagian yang terpisah dan terasing dari kehidupan rakyat,” katanya.

Ketiga, PAN sebagai partai reformasi harus mampu mewujudkan nilai reformasi dan nilai demokrasi yang luhur berbasis nilai-nilai akhlak, Pancasila, dan nilai-nilai luhur bangsa. “Nilai-nilai demokrasi yang membawa kepada keadilan, kebajikan, dan kemajuan bersama. Bukan demokrasi untuk demokrasi. Bukan kebebasan untuk kebebasan.” PAN harus memberi contoh dalam berdemokrasi dan berpolitik yang berwatak moralis, berkeadaban, dan berkemajuan.

Keempat, PAN harus bisa membawa proyeksi Indonesia sebagaimana karakter dasarnya sebagai negara dan bangsa yang berpijak pada karakter luhur bangsa yang berpancasila, yang dipraktekkan dalam perilaku elite dan warga bangsa. Bukan Pancasila retorika, dogma, dan klaim yang bersifat kata-kata. “Ketika merumuskan berbagai perundang-undangan, PAN harus berada di depan, agar semua produk legislasi, sejalan dan tidak bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945 serta aspirasi rakyat.”

Kelima, di era global dan era revolusi industri 4.0, PAN harus menjadi partai modern yang tata kelolanya berbasis sistem, profesional, objektif, dan moderat. Sekaligus mampu memperjuangkan kepentingan rakyat. “Ketika PAN tumbuh menjadi partai modern yang berpijak di bumi Indonesia dalam nilai-nilai dasar agama, Pancasila, dan kebudayaan luhur bangsa, mampu menyerap dan menyatu dengan denyut nadi aspirasi dan nasib rakyat, ke depan PAN akan menjadi partai yang besar dan ikut menentukan sejarah bangsa ke depan.” Menurut Haedar, semua harapan itu dapat terwujud dengan kesungguhan, kebersamaan, dan tekad yang kuat dari seluruh elite dan warga PAN.

Abdul Mu’ti berharap PAN tumbuh menjadi partai yang lebih dewasa, di tengah ketidakpercayaan dan pragmatisme. “Usia ke-23 ini dalam usia manusia adalah usia dewasa awal dan masa-masa yang sangat menentukan dalam perjalanan kehidupan masa depan,” ujarnya. Mu’ti mengakui bahwa dalam kehidupan berdemokrasi, partai politik merupakan instrumen yang punya peran penting dan sangat menentukan kehidupan masa depan bangsa.

“Selamat milad ke-23, semoga PAN senantiasa solid di masa-masa yang sulit, senantiasa berdaya di tengah penuh prahara, senantiasa konsisten mengemban amanat rakyat, senantiasa gigih berjuang memajukan kesejahteraan umum, memajukan kehidupan bangsa, serta memperkuat Indonesia sebagai negara yang benar-benar merdeka, bersatu, dan berdaulat,” tutur Mu’ti.*

Sumber: Suaramuhammadiyah.id

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Politik Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X