Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.145 views

Ahmad Syaikhu: Pada Masa Pandemi, Keluarga Perlu Tiga Penguatan

JAKARTA (voa-islam.com)--Presiden PKS Ahmad Syakikhu memaparkan setidaknya keluarga Indonesia menjadi elemen paling penting proses penanganan Pandemi. Sebab, keluarga adalah institusi terkecil masyarakat.

Syaikhu menyebut dalam masa sulit seperti pandemi, setidaknya keluarga perlu tiga penguatan. Pertama. Penguatan peran kepemimpinan dalam keluarga dalam hal ini ayah.

Syaikhu menjelaskan, peran kepemimpinan keluarga, terutama para Ayah saat ini diuji, apakah mampu memimpin anggota keluarganya melewati situasi sulit ini, apakah mampu memastikan keluarganya tetap sehat, aman dan selamat.

"Kepemimpinan Ayah di keluarga menentukan sejauh mana daya juang untuk mampu bertahan dalam situasi krisis ini," ujar Syaikhu dalam puncak peringatan Hari Keluarga dan Hari Anak Nasional yang digelar Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) DPP PKS, Ahad (25/7/2021).

Kedua, peran ekonomi keluarga. Krisis kesehatan saat ini juga berdampak langsung kepada stabilitas ekonomi keluarga-keluarga Indonesia.

"Untuk itu soliditas dan kekompakan anggota keluarga dalam membangun kemandirian ekonomi sangat diperlukan untuk saling pengertian, empati, tangguh, saling menguatkan satu sama lain," papar Syaikhu.

Sementara ketigam, ujar dia, peran pendidikan keluarga. Peran pendidikan keluarga saat ini menjadi tantangan para orang tua untuk senantiasa banyak belajar dan sabar dalam mendampingi anak-anak dalam proses belajar mengajar.

"Pendidikan anak-anak saat ini, sekolah dengan metode daring tentunya hal yang baru dan memerlukan waktu adaptasi bagi orang tua dan anak. Kesabaran, keteladanan, komunikasi dan koordinasi keluarga dengan guru adalah hal yang sangat diperlukan dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak di masa pandemi," urainya.

Syaikhu menegaskan, Pemerintah dibantu berbagai pihak, khususnya institusi keluarga bertanggungjawab untuk bersama-sama mencetak dan melahirkan generasi terbaik yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia sebagaimana yang diamanahkan oleh konstitusi UUD NRI Tahun 1945 Pasal 31 ayat 3.

“Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undang- undang.”

"Sudah saatnya Pemerintah dan kita, tidak hanya melihat keluarga dari aspek kuantitas, seperti jumlah anak, namun saat ini kita juga harus bisa merencanakan bagaimana keluarga kita berkualitas sebagaimana yang dimaksud Konstitusi kita," harapnya.

Acara dihadiri Ketua Majelis Syura PKS Dr Salim Segaf Al Jufri, Presiden PKS Ahmad Syaikhu, Ketua DPP PKS Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga Kurniasih Mufidayati, selebgram Arie K. Untung dengan isterinya Fenita, Oki Setiana Dewi, Hamas Izzudin, Sherly Annavita dan Ketua PB Wanita Al Irsyad, Fahimah Askar.* [Ril/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Politik Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X