Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.514 views

100 Hari Kinerja Menteri Agama, PKS: Sering Lakukan Blunder

JAKARTA (voa-islam.com)—Beberapa waktu lalu, pemerintah Jokowi-Maruf memasuki masa 100 hari kerja. Termasuk Menteri Agama Fachrul Razi yang juga memasuki 100 hari kerjanya sejak dilantik Presiden Jokowi pada 23 Oktober 2019.

Banyak pihak yang menyoroti kinerja Menag selama 100 hari ini. Anggota komisi VIII DPR RI dari Fraksi PKS, Iskan Qolba Lubis diantara pihak yang turut menyoroti kinerja Menag.

Menurut Iskan, kinerja Fachrul Razi yang memimpin Kementerian Agama belum maksimal. Bahkan seringkali melakukan blunder dan keluar dari tupoksinya.

 “Alih-alih fokus memperbaiki citra Kemenag, malah Menteri Agama beberapa kali melakukan blunder dan kontroversial yang malah menyebabkan masyarakat Indonesia resah dengan pernyataan-pernyataan beliau,“ ungkap Iskan seperti dikutip dari laman Fraksi PKS, Ahad (2/2/2020)

Dikatakan Iskan, awal dilantik Menteri Agama melakukan gebrakan pertamanya dengan menyatakan ingin membatasi penggunaan cadar dan celana cingkrang di instansi pemerintah.

Saat itu, jelas Iskan, Fachrul bilang ada tren mengaitkan penggunaan cadar dan celana cingkrang dengan tingkat ketakwaan. Selain itu, ia juga menyinggung alasan keamanan.

“Kedua, Fachrul menggagas sertifikasi penceramah guna merespons gerakan radikalisme yang sudah masuk ke mimbar-mimbar masjid,” sebut Iskan.

Menteri Agama menyatakan, saat ini banyak penceramah yang membodohi umat dengan menggunakan dalil-dalil agama.

Ketiga, lanjut Iskan, Menag menerbitkan Peraturan Menteri Agama Nomor 29 Tahun 2019 tentang Majelis Taklim. “Aturan itu mengharuskan pendaftaran majelis di kantor Kementerian Agama untuk dapat Surat Keterangan Terdaftar,” tutur Iskan.

Keempat, menurut Iskan, Kemenag merombak pelajaran agama Islam, terutama terkait khilafah. “Bentuknya, perombakan 155 judul buku pelajaran agama Islam. Beberapa di antaranya dirombak karena mencantumkan konten khilafah,” tegasnya.

Yang terakhir, tambah Iskan, terkait Isu khotbah Jumat, bahwa setiap khatib Jum’at diatur materi Khotbahnya oleh Kementerian Agama.

“Kemenag harus fokus pada tupoksinya, bekerja dalam hal-hal yang substantif, hentikan kebijakan-kebijakan yang kontraproduktif. Aturan itu saya menyebutnya bak Orde Baru yang mengekang kebebasan warganya untuk beribadah,” jelas Iskan.

Iskan mengatakan, tujuan negara sesuai yang tertuang dalam UUD 45, memajukan kesejahteraan, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan melaksanakan ketertiban dunia, dan perdamaian yang abadi. Maka Menteri Agama harus menjalankan tugas-tugasnya berlandaskan hal ini, hindari kebijakan atau pernyataan yang kontraproduktif.

“Menteri Agama juga seharunya fokus memperbaiki citra Kemenag yang selalu tersangkut kasus Korupsi, juga memperbaiki Birokrasi di kementeriannya, agar Pesantren-Pesantren maupun sekolah-sekolah Islam yang ada di Indonesia bisa lebih maju,” tambah Iskan.

Iskan menegaskan birokrasi di kementerian agama harus tersistematis, jangan ada sampai kesan mempersulit, supaya lembaga-lembaga pendidikan berbasis Islam dapat berkembang lebih maju.* [Syaf/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Politik Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X