Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.627 views

PAHAM : Dunia Jangan Tutup Mata Dengan Persoalan Rohingya

MEDAN (voa-islam.com) - (12/5) Massa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Peduli Rohingya bersama warga asli Rohingya, Myanmar berunjuk rasa di depan Kantor Konjen Amerika Serikat, Uniland Plaza, Jalan MT Haryono, Medan, Sumatera Utara.

Pengunjuk rasa meminta agar masyarakat Internasional memberikan perhatian yang serius terhadap persoalan kemanusiaan yang sedang menimpa masyarakat Rohingya.

Salah satu koordinatir aksi, Khairul Anwar Hasibuan menyayangkan diamnya masyarakat Internasional atas persoalan yang menimpa etnis rohingya. " Bayangkan rumah-rumah mereka dibakar, wanita diperkosa dan anak-anak juga dibunuh.

Sedangkan masyarakat dunia hanya diam saja, demikian juga Perserikatan Bangsa-Bangsa yang tak mampu berbuat apa-apa." papar pengacara publik dari PAHAM Cabang Sumatera Utara tersebut.

Persoalan etnis Rohingya menjadi lebih parah ketika mereka diusir dari tanah kelahirannya. "Mereka diusir, akhirnya terkatung katung di tengah lautan. Kenyataannya mereka harus hidup berhari-hari bagai manusia perahu yang menyebabkan ratusan warga Rohingya meninggal dunia. Kemarin ada 500 an pengungsi yang terdampar di Aceh Utara, sebelumnya seribuan orang terdampar di Malaysia, bahkan ada yang ditemukan meninggal di pantai Thailand. Ini merupakan situasi kritis yang perlu penanganan bersama warga internasional" terang aktifis HAM dari PAHAM Cabang Sumatera Utara tersebut.

Karenanya, Khairul Anwar mendesak agar Indonesia mengambir peran aktif dalam kehidupan masyarakat internasional.

"Indonesia harus memanfaatkan pengaruhnya di ASEAN agar ada tindakan nyata dari anggotanya dalam persolan ini. Selain itu pemerintah juga dapat memanfaatkan posisi strategisnya di OKI untuk mendorong tindakan bersama untuk menolong masyarakat Rohingya tersebut". pungkasnya. --

Pengungsi Terdampar di Aceh Korban Traficking

Temuan sementara PAHAM Indonesia Cabang Aceh menyimpulkan bahwa para pengungsi yang terdampar di Aceh Utara adalah korban traficking. Hal ini dikatakan oleh Direktur PAHAM Cabang Aceh, Basri Effendi setelah melakukan wawancara dengan beberapa pengungsi. "Tidak semuanya orang rohingya, sebagian besar malah dari Bangladesh.

Mereka ini memang terusir dari negaranya, namun pergerakan mereka ini dikoordinasi oleh tekong. Bisa dikatakan mereka ini merupakan korban traficking. Seperti Tahvin dari Bangla, dia adalah simpatisan jamaah el islami yang sedang berseberangan dengan pemerintah Bangladesh".

Hasil temuan PAHAM Cabang Aceh, kelompok ini berjumlah 586 orang sebanyak 350 orang itu berasal dari Bangladesh selebihnya adalah orang rohingya.

"Mereka mengaku dikoordinir jaringan traficking intenasional, diiming-imingi akan dapat kehidupan yang lebih enak di Malaysia atau Australia.Dua nama yang sempat disebut yaitu Hasyim dan Musa, kaki tangannyalah yang kemudian memfasilitasi mereka untuk melakukan perjalanan", papar Basri Efendi.

Menurut keterangan para pengungsi, perjalanan laut yang mereka tempuh telah banyak memakan korban. "Sebelum terdampar ke Aceh, mereka ini sudah terkatung-katung selama 4 bulan di laut. Selama itu, kurang lebih sebanyak 100 orang telah meninggal dunia. Ini kan sangat memprihatinkan kita semua." terang pegiat dari PAHAM Indonesia tersebut.

Basri menjelaskan bahwa selama ini jenazah para korban yang meninggal langsung dibuat ke laut.

P A H A M INDONESIA

Jl. TB. Simatupang, Komplek Depsos RI No.19

Pasar Rebo, Jakarta Timur 13671.

Indonesia

Telp & Fax : +6221 - 8408232

Website PAHAM Indonesia :

www.pahamindonesia.org

e-mail PAHAM Indonesia :

info@pahamindonesia.org

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Pers Rilis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X