Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
1.452 views

Abu Mansur Al-Amriki, Tokoh Gerakan Jihad Selanjutnya [bagian 03 dari 11]

LANJUTAN PART 2

Suasana Daphne yang terletak di sepanjang teluk Alabama, di utara teluk Meksiko tampak tenang. Kota ini tampak tidak terlalu sibuk daripada kota-kota lain di Amerika. Pondok dan gazebo gaya lama tampak menghiasi tepian pantai yang terletak di bawah tebing-tebing yang menjulang tinggi. Jalan-jalan luas yang diselingi pohon kemiri dan mapel juga menambah keharmonisan tempat tersebut dengan alam di sekitarnya. Apalagi saat senja tiba, deru ombak seperti biasa akan menampar dermaga, menginspirasi para nelayan untuk bermalas-malasan sambil memandangi siluet langit berwarna emas.

Setelah meninggalkan Suriah (tepatnya pada tahun 1972), Shafik Hammami  terus disibukkan dengan urusan mencari tempat tinggal di Amerika. Ia masih teringat saat di Suriah dulu. Ia, anak yang tertua dari sembilan bersaudara saat itu ingin belajar ilmu kedokteran dan mendengar kalau perguruan tinggi kecil di daerah-daerah yang kurang penduduknya di Amerika Serikat adalah yang paling cocok untuk para imigran. Di saat ia sedang memikirkan perguruan mana yang akan ia masuki, secara kebetulan seorang penerjemah yang bekerja di Damaskus menyerahkan brosur Faulkner State Community College yang berlokasi di Bay Minette, tidak jauh dari Daphne.

Di Faulknerlah Shafik kemudian belajar. Bersama dengan segelintir mahasiswa lain dari Timur Tengah, Shafik pun menjalani hari-harinya yang penuh lika-liku. Dengan rambut hitam bergelombang dan bahasa Inggris yang masih belepotan, ia kadang menyendiri dari keramaian dan duduk di tempat-tempat yang tidak ramai oleh kerumunan mahasiswa. Pernah suatu malam, ia merasa aneh karena saat sedang berkendara di daerah Mobile bay, sekelompok orang dengan penutup kepala putih mencegatnya dan meminta uang. Baginya penutup kepala mereka terlihat lucu, seperti kelompok Ku Klux Klan di Amerika.

Part 3


 Debra dan Shafik Hammami (Ayah Abu Mansur Al Amriki) di awal tahun 80 an, mereka sedang menggendong anak perempuan mereka Dena (kakak Abu Mansur), beberapa tahun sebelum Abu Mansur atau Omar dilahirkan

Tapi budaya umat Kristen konservatif di Alabama ternyata cocok dengannya. Kebanyakan perempuan yang ia jumpai di sana tidak minum minuman keras atau merokok. Hal itulah yang menjadi faktor utama kenapa ia suka dengan Debra Hadley, seorang senior di sekolah yang memiliki wajah cantik dan kemudian ia kenal lewat teman-temannya. Debra sendiri adalah putri seorang tukang jagal, berpipi merah jelita dengan senyum yang menawan dan jarang melewatkan kebaktian di hari Minggu.

Setelah mengenal Debra, Shafik tidak membuang-buang waktu. Ia memutuskan untuk melangsungkan pertunangan dengan Debra, apalagi bagi Shafik, hal tersebut tidak melanggar ajaran agama, karena menurutnya seorang muslim dibolehkan menikahi orang Kristen. Debra sendiri ternyata mendapat restu dari ibunya, setelah ia sebelumnya berjanji tidak akan memeluk Islam. Pernikahan mereka dimulai dengan upacara pernikahan ala agama Kristen di gereja, kemudian diikuti dengan upacara pernikahan ala Islam di sebuah tempat khusus. Saat melangsungkan dua upacara lain agama seperti itulah, muncul pertanyaan pada diri mereka, apakah mereka akan menyerahkan haknya .

Pada saat Umar Hamammi lahir delapan tahun kemudian, orang tua dan adiknya pindah ke sebuah daerah peternakan di Daphne, sebuah kota di mana sekitar ribuan hektar ladang kapas menjadi sumber mata pencaharian utama bagi penduduknya, seperti perkebunan Hills yang terkenal. Hari pun berlanjut hingga Shafik kemudian berhasil menjadi insinyur sipil dan bekerja di Departemen Perhubungan, sedangkan Debra berkesempatan mengajar di sebuah sekolah dasar.

Tahun-tahun pertama, kehidupan Umar kecil lebih banyak dihabiskan bersama ibunya. Berbintik-bintik dan berambut pirang, Umar kecil yang sering dipanggil Omie kadang menghabiskan waktu sore di musim panas bersama kakek-neneknya di ladang, mengupas kacang dan makan semangka di beranda rumah mereka. Bahkan, di saat ada waktu lengang, pamannya, Tom Sawyer mengajaknya berburu rusa di hutan.

Pada hari Minggu, Umar kecil dan Dena sering diajak sang ibu menghadiri kebaktian di Gereja Baptis terdekat, walaupun hal itu harus mereka rahasiakan dari sang ayah. Selain acara kebaktian, mereka berdua juga menghadiri program studi Alkitab khusus musim panas (saat itulah Umar memenangkan $ 10 dalam sebuah lomba bertema pengetahuan agama). Beranjak ke umur 6 tahun, Umar secara sukarela menyatakan kepada pendeta kalau ia bersedia dibaptis. "Aku percaya, aku menginginkan semua itu," kata Umar kemudian kepada temannya, Trey Gunter.

Di rumah, ayah Umar ternyata juga tidak kalah gencar mengajarkan agama Islam dan bahasa Arab, agama yang dibawa dari Suriah, tanah kelahiran yang jauh dari hiruk pikuk pesta kembang api empat Juli, kostum Halloween dan adat-adat di Amerika lainnya.

Namun, adat di rumah Hammami tetap kental dengan adat keluarga muslim. Hal itu tampak dari dinding di dalam rumah yang terhiasi ayat-ayat Al-Quran. Selain itu, daging babi juga sangat dilarang di rumah tersebut. "Rasanya seperti dua sekolah dengan pemikiran berbeda di bawah satu atap," kata Dena suatu hari.

Umar dan adiknya terus belajar beradaptasi dengan situasi di dalam rumah. Dalam sebuah foto yang diambil pada tanggal 8 Oktober 1992, ayahnya mengarahkan sebuah kamera ke kue yang sedang terhidang. "Hari ini adalah hari ulang tahun Debra." Kata ayahnya dalam aksen Suriah yang sedikit terpengaruh nada orang Alabama. "Kami saat ini sedang merayakan ulang tahunnya." Pada jepretan berikutnya, sang ibu berdiri di dekat kue ulang tahun sambil tersenyum.

Waktu Debra sibuk membuka hadiah, Umar yang berumur 8 tahun tampak tidak tahan melihat kelezatan kue di depannya. Dengan kepolosannya, ia langsung menjilati lapisan kue yang terlihat berkilat-kilat, sehingga membuat semua yang melihatnya tertawa.

Waktu pun berlalu secara cepat. Umar Hammami akhirnya menemukan keluarga barunya di sekolah menengah. Kathleen Hirsch, gurunya dalam program khusus siswa berbakat adalah seorang wanita Yahudi yang unik. Ia sering bolak-balik ke dalam dan keluar kelas, mengganti meja dengan sofa, menyeduh kopi dan mengisi rak-rak dengan buku Dylan Thomas dan Gertrude Stein. Ialah satu-satunya guru yang sering mengajari Hammami berpikir di luar kebiasaan.

Saat itu juga, Hammami mulai membaca buku dengan lahap, sampai ia pernah benar-benar tenggelam, menikmati buku The Catcher in the Rye bahkan kadang-kadang ia juga melahap kamus. Selain membaca, ia juga suka mengikuti program debat, apalagi ia sangat aktif. Dalam sebuah kontes pidato, ia bahkan pernah menegur dirinya sendiri untuk menyelesaikan persiapan yang ada. "Ia terus mengulang-ulang teks pidato tersebut setiap menit, kemudian bertanya kepada saya apakah yang ia melakukan kesalahan, bagaimana gaya tubuh pembicara? Bagaimana melakukan kontak mata?" kata Hirsch mengenang sang anak didik yang telah diajar selama enam tahun dalam pesan e-mail baru-baru ini. "Ia benci menjadi orang yang kalah." [muslimdaily.net/NYT]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslim Daily lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X