Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
1.938 views

MUI Kota Serang Larang Dakwah Ustadz Abu Bakar Ba'asyir

Selasa 1 Juni 2010 Dewan Pimpinan Mejalis Ulama Indonesia (MUI) kota Serang yang diketuai oleh KH. Mahmud S.Pd.I, MSI melayangkan surat resmi dengan kepala surat MUI kota Serang kepada Ustadz Abu Bakar Ba’asyir.

Dalam surat tersebut MUI kota Serang menyampaikan beberapa hal ditaranya:

Pertama, meminta kepada Ustadz Abu Bakar Ba’asyir untuk sementara waktu terhitung sejak bulan Juni 2010 agar tidak datang dan tidak melakukan kegiatan di wilayah hukum kota Serang Provinsi Banten sampai waktu tak terbatas.

Kedua, mengajak Ustadz Abu Bakar Ba’asyir untuk berkenan bersama-sama MUI kota Serang dapat menjaga suasana kondusif: tenang, damai dan tertib perihal kehidupan social masyarakat Islam di kota serang dan Provinsi Banten dalam wadah pemerintahan NKRI yang sah dan berdaulat.

Jika kita perhatikan isi surat yang dilayangkan MUI kota Serang sungguh ironis. Pasalnya baru kali ini semenjak Indonesia merdeka ada ulama dengan menggunakan payung MUI sebagai lembaga resmi tega melarang dakwah seorang ulama di suatu wilayah sampai waktu tak terbatas (pen;sampai kapan pun). 

Di zaman orde baru yang dikenal represif saja hal ini tidak pernah terjadi. Pada waktu itu perihal pelarangan dan tekanan untuk berdakwah biasanya dilakukan oleh aparat militer seperti Kodim, Koramil maupun Kepolisian. Itu semua biasa terjadi dan wajar karena mereka memang aparat pemerintah yang tidak suka apabila ada Ulama, Ustadz dan Kiyai mengkritik pemerintahan negeri ini. Namun yang paling aneh di zaman ini pelarangan justru hal itu dilakukan oleh ulama kepada ulama yang lain seperti istilah pepatah “jeruk makan jeruk”. Bukankah para ulama tersebut faham apa hukum dan konsekwensi melarang kegiatan dakwah?

Selanjutnya pada point kedua isi surat tersebut juga begitu menyudutkan. Seolah-olah selama ini setiap kegiatan dakwah Ustadz Abu Bakar Ba’asyir begitu mengganggu keamanan dan ketertiban. Padahal menurut pengurus JAT (Jama’ah Ansharut Tauhid) wilayah Banten kegiatan dakwah Ustadz Abu Bakar Ba’asyir selama ini senantiasa berjalan dengan baik dan tidak pernah ada satu pun hal-hal yang mengganggu keamanan. Bahkan pengurus JAT wilayah Banten juga pernah mengadakan silaturahim dan dialog yang mengundang tokoh-tokoh dan para ulama se-Banten raya dengan Ustadz Abu Bakar Ba’asyir.

Selasa 29 Juni 2010 delegasi FUI yang terdiri dari berbagai ormas Islam dipimpin KH. Muhammad Al-Khaththath diterima oleh MUI Pusat. 

Dalam rapat tertutup tersebut FUI membicarakan berbagai permasalahan yang menimpa umat Islam saat ini. Firman salah seorang pengurus JAT yang hadir dalam rapat tersebut ikut menyampaikan perihal surat MUI kota Serang yang berisi pelarangan dakwah Ustadz Abu Bakar Ba’asyir.

KH. Kholil Ridwan yang menjabat sebagai Ketua Komisi Dakwah Khusus MUI Pusat menyatakan akan melakukan klarifikasi kepada MUI kota Serang berkenaan surat tersebut. 

Dengan demikian diharapkan MUI sebagai wadah para ulama dan lembaga resmi yang memayungi seluruh umat Islam dari berbagai elemen mudah-mudahan bisa bersikap arif dan bijaksana dalam menyelasaikan masalah ini dengan menarik kembali surat tersebut.

[muslimdaily.net/widi]

Download Surat MUI ke Ustad Abu Bakar Ba'asyir:

Surat 1

Surat 2

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslim Daily lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X