Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
69.570 views

Yusuf Mansyur Bantah Sarankan Perceraian 'Marsha & The Ben LDII'

JAKARTA (voa-islam.com) - Hingga kini alasan Marshanda menggugat cerai Ben Kasyafani ke Pengadilan Agama Jakarta Pusat masih simpang siur. Namun beredar isu kalau Cha Cha melakukan hal itu lantaran Ben ikut aliran sesat.

Apa benar, bahkan Ustadz Yusuf Mansyur ikut tertarik dalam pusaran kasus perceraian Marsha dan Ben karena isu LDII ini?

Ben Kasyafani digugat cerai oleh Marshanda pada 23 April lalu. Seiring dengan itu, muncul isu yang mengaitkan perceraian tersebut dengan keanggotaan Ben di LDII (Lembaga Dakwah Islam Indonesia). Ben dinilai berubah setelah ikut organisasi itu.

Spekulasi tersebut telah sampai di telinga Ben. Ia pun langsung mengeluarkan pernyataan bantahan.

"Iya (ikut LDII), terus kenapa? Nggak sesuatu yang salah kan?" tanya balik Ben bernada retoris saat ditemui di Cibubur, Jakarta Timur, Jumat

Merebak kabar gugatan cerai yang dilayangkan Marshanda kepada sang suami Ben Kasyafani lantaran nasehat dari Ustadz Yusur Mansur. Tak ingin kabar tersebut semakin melebar, Ustadz yang khas dengan logat Betawinya itu angkat bicara.

Disebutkan di beberapa media, Marshanda berkonsultasi dengan Ustazd Yusuf Mansur perihal rumah tangganya. Hal itu benar adanya, tapi Ustadz tersebut membantah kalau dirinya yang menyarankan Marshanda untuk menggugat cerai.

"Cha Cha nanya masalah rumah tangga, jawaban saya sama kayak Ustadz-Ustadz lain, menurut saya enggak ada yang aneh. Satu, kalau tentang perceraian, perbuatan yang halal tapi dibenci Allah itu perceraian, talak perceraian," jelas Ustaz yang ditemui di Masjid Bank Indonesia, Tanah Abang, Jakarta Pusat (02/05).

Yusuf Mansur mengungkap ia menyarankan kepada Cha Cha agar tidak mengambil keputusan sendiri dalam urusan pernikahan. Nasehat untuk aktris tersebut pun cukup netral.

"Jadi sebisa mungkin saya mengatakan kepada Cha Cha banyak beribadah, banyak berdoa, jangan ambil keputusan sendiri, tapi ambil keputusan bersama Allah, bila saran saya ini salah saya beristigfar kepada Allah. perasaan saya, jawaban saya tidak memihak kepada Ben atau memihak kepada Marshanda," paparnya.

BEN AKUI IKUTI ALIRAN SESAT LDII

Ben Kasyafani secara terbuka mengakui dirinya tergabung dalam Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII). Ben pun menegaskan pengajiannya itu bukan aliran sesat seperti yang diisukan selama ini. Lalu apa pendapat Ketua MUI?

Menurut Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Amidan, kehadiran LDII masih menuai polemik di kalangan ulama. Hal itu tidak terlepas dari sejarah LDII yang dianggap kepanjangan tangan dari aliran Islam Jamaah. Di tahun 1970-an, aliran ini pernah dinyatakan sesat.

"LDII masih bermasalah. Mereka mengaku punya paradigma baru. Tapi belum bisa dikatakan bahwa itu bukan aliran sesat. Masih perlu pendalaman terhadap paradigma baru itu," ujar Amidan

Amidan menambahkan, LDII dulu dianggap sesat karena sangat ekslusif. Sampai saat ini, MUI belum pernah memutuskan atau memfatwakan LDII tergolong aliran sesat atau tidak.

"Mereka sangat ekslusif dan punya sistem keamiran dan tidak mau salat berimam dengan orang lain (diluar jamaah LDII). Mereka juga punya masjid sendiri. Kalau ada orang lain di luar jamaah mereka salat, langsung dibersihkan. Tapi dalam paradigma baru mereka menyebut sudah tidak ada lagi. MUI Pusat sendiri belum ada penegasan terkait LDII ini," katanya.

Sekadar diketahui, perceraian Ben dan Marshanda diisukan karena keterlibatan Ben dalam LDII. Sejak ikut LDII, Ben dianggap berubah, sehingga mereka sering cekcok.

Seorang wartawan Voa-Islam.com yang mengenal keluarga Ben memang sempat melihat dirumah Ben ada Ida Royani yang disinyalir sebagai pentolan LDII. "Bapak saya pernah melihat dirumah Bapaknya Ben ada mantan artis lawas Ida Royani yang memang aktif di LDII." tutupnya. 

Ketua MUI Beberkan Artis-artis yang Masuk Aliran Sesat LDII
Ketua MUI Bidang Seni dan Budaya, KH. Ahmad Cholil Ridwan, Lc mengungkapkan pengalamannya bertemu dua artis ternama Benyamin Sueb dan Ida Royani yang merupakan anggota aliran sesat LDII.

Hal tersebut ia sampaikan di hadapan pimpinan perwakilan umat Islam Bogor saat beraudiensi dengan MUI Pusat terkait penyerangan acara pengajian di masjid Al-Hijri, Kampus UIKA, Bogor oleh massa aliran sesat LDII pada Sabtu (15/6/2013).

“Dari mana saya yakin mendiang Benyamin S ini adalah LDII? Dia pernah naik haji bersama jamaah saya tapi tidak pernah makmum dengan saya,” kata KH. Cholil Ridwan, di kantor MUI Pusat di Jl. Proklamasi No.51 Menteng Jakarta Pusat, pada Selasa (25/6/2013).

Ia melanjutkan, pada saat bertamu ke rumah mendiang Benyamin Sueb pun Kyai Cholil -sapaan akrabnya- Benyamin pun tak mempersilahkannya sebagai imam.

“Kemudian saya juga pernah berkunjung ke rumah Benyamin, kemudian kami shalat Maghrib. Ketika shalat Maghrib saya tidak dipersilahkan menjadi imam, saya makmum sama Benyamin sebab dia langsung maju ke depan. Padahal biasanya kalau saya bertamu ke rumah orang suka dipaksa-paksa jadi imam shalat karena orang tahunya saya Kyai,” imbuhnya.

Kyai Cholil juga bercerita sekilas tentang Ida Royani yang pernah populer menjadi pasangan duet mendiang Benyamin Sueb.

“Kemudian Ida Royani, dia itu LDII, dia muballighah saya pernah ketemu di Sydney Australia. Saya menginap di Masjid yang dibangun di bekas Gereja, tapi dia menginap di rumah LDII karena LDII punya jamaah di Sydney,” ungkapnya.

Apa yang dibeberkan Kyai Cholil tersebut hanya sebagian kecil dari artis-artis yang kepincut masuk aliran sesat LDII. Bisa jadi masih banyak artis-artis lain yang aktif di LDII, seperti Didi Petet, Ben Kasyafani dan lain-lain.

Maka umat Islam harus lebih waspada terhadap aliran sesat LDII yang telah merekrut jamaah dari berbagai kalangan sejak lama. [wd.dr/mer/okz/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Liberalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News
Berikan Pelatihan Pengurusan Jenazah, Ibu-ibu: 'Ternyata, Selama Ini Kita Salah'

Berikan Pelatihan Pengurusan Jenazah, Ibu-ibu: 'Ternyata, Selama Ini Kita Salah'

Jum'at, 29 Mar 2024 13:12

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 22:02

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Kamis, 28 Mar 2024 21:17

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 20:28

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Kamis, 28 Mar 2024 15:37

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

Kamis, 28 Mar 2024 08:36

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Rabu, 27 Mar 2024 21:01

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Rabu, 27 Mar 2024 18:00

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

Rabu, 27 Mar 2024 17:15

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

Rabu, 27 Mar 2024 16:29

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Rabu, 27 Mar 2024 07:22

Puasa Jangan Lemas!

Puasa Jangan Lemas!

Rabu, 27 Mar 2024 07:09

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Selasa, 26 Mar 2024 22:15

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Selasa, 26 Mar 2024 21:20

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Selasa, 26 Mar 2024 17:12


MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Rabu, 27/03/2024 07:22

Palestina Aman, Publik Dibohongi?