Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.216 views

Bantu Saudaranya Lari, Singapura Penjarakan 3 Kerabat Selamat Kastari

Singapura (Voa-Islam.com) - Tiga orang kerabat dari Mas Selamat Kastari telah di penjara atas tuduhan membantu menyembunyikan tersangka pemimpin Jemaah Islamiyah Singapura setelah ia lari dari Pusat Penahana Whitley Road pada 27 Februari 2008, kata Menteri Urusan Dalam Negeri K.Shanmugam saat mengungkapkan hal ini dalam sebuah pernyataan di Parlemen pada Senin (22/11)

Ketiganya, yakni saudara Mas Selamat Kastari, Asmom, istrinya Aisah dan putrinya Nur Aini dihukum dengan tuduhan membantu Mas Selamat dengan berbagai cara, termasuk memberinya uang, memberinya makanan dan membantunya menyamarkan diri sebagai seorang perempuan untuk menghindari deteksi.

K.Shanmugam mengatakan bahwa Mas Selamat Kastari telah menginap di Tampines di rumah flat Asmom, saudara Kastari, selama perburuan besar-besaran di seluruh pulau selama dua hari setelah ia lari dari Pusat Penahanan Whitley Road. Selama dua hari setelah pembobolan penjara 27 Februari, ia bersembunyi di berbagai tempat umum, termasuk kawasan hutan, tanpa tertangkap sebelum melakukan perjalanan ke rumah flat saudaranya untuk mencari perlindungan dan bantuan dari keponakannya yang berusia remaja, Nur Aini binti Asmom, yang dia pikir tinggal sendirian.

Dia telah percaya bahwa saudaranya dan istrinya tinggal di rumah mereka di Johor, sementara anak Asmom, Mahadir, berada di luar negeri.

'Mas Selamat yakin bahwa akan aman baginya di rumah Asmom ketika hanya Nur Aini  yang akan berada di sana dan bahwa ia akan memberikan bantuan kepadanya," kata K.Shanmugam.

..Asmom menyadari bahwa perbuatannya membantu Mas Selamat melawan hukum negara, namun dengan segera memutuskan untuk mengizinkan Mas Selamat Kastari untuk tinggal sementara di flatnya..

Asmom, yang bersama-sama istrinya, Aisyah memiliki flat tersebut, baru menemukan pelarian tahanan itu di flatnya setelah ia kembali ke rumah setelah pulang kerja pada 1 Maret dini hari.

Asmom menyadari bahwa perbuatannya membantu Mas Selamat melawan hukum negara, namun dengan segera memutuskan untuk mengizinkan Mas Selamat Kastari untuk tinggal sementara di flatnya, kata Shanmugamv yang memberikan update temuan tentang kaburnya Mas Selamat Kastari.

Asmom juga memberi Mas Selamat Kastari uang 100 dolar Singapura dan 100 Ringgit Malaysia untuk membatu pelariannya dari Singapura ke Malasyia, termasuk memberinya beberapa obat tradisional sebelum Kastari meninggalkan flatnya.

Menyamar dibantu keponakan

Setelah menginap semalam di flat saudaranya di Tampines pada 29 Februari 2008 - dua hari setelah ia lari dari Pusat Penahanan Whitley Road Mas Selamat Kastari menyamar sebagai seorang wanita yang mengenakan kerudung untuk menghindari deteksi dan penangkapan kembali.

Keponakannya Nur Aini binti Asmom membantu memberikan make-up pada tersangka pemimpin kelompok Jemaah Islamiah itu dan memakaikan kerudung untuknya.

..Asmom, istrinya, Aisyah dan anak perempuannya Nur Aisah Aini ditangkap dan dihukum pada 10 Nopember 2010 untuk peran mereka dengan sengaja menyelamatkan Mas Selamat Kastari..

Dia juga memberinya beberapa item, termasuk satu set pakaian, sebuah topi baseball, air, snack, sebuah senter, kantong plastik buka tutup kedap udara untuk mengemas barang-barang, dan ransel untuk menyimpan semua item.

Nur Aini juga memberinya peta Singapura yang menunjukkan bagian dari Malaysia yang telah diminta oleh Mas Selamat Kastari.

Asmom, istrinya, Aisyah dan anak perempuannya Nur Aisah Aini ditangkap dan dihukum pada 10 Nopember 2010 untuk peran mereka dengan sengaja menyelamatkan Mas Selamat Kastari, seorang tahanan negara, kata Menteri Dalam Negeri

Ketiganya dinyatakan bersalah atas dakwaan tindak pidana berdasarkan Pasal 130 KUHP tentang penyembunyian tahanan negara dan dipenjara masing-masing 12 bulan, tiga bulan dan 18 bulan pada 18 Nopember lalu.

Sedangkan putra Asmom, Mahadir, yang juga dituduh memiliki peran, namun lebih rendah, dalam masalah ini, diberi peringatan keras sebagai pengganti penuntutan.

Mas Selamat Kastari ditangkap kembali di Johor pada tanggal 1 April 2009 dan ditahan di penjara Malaysia sampai ia diserahkan ke Singapura pada 24 September 2010.

Penyelidikan ke dalam apa yang Mas Selamat lakukan setelah ia melarikan diri dari Whitley Road dan bagaimana ia meninggalkan Singapura hingga saat ini masih terus berlangsung. (aa/st)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

International Jihad lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X