Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
20.483 views

Pemimpin Tertinggi Syi'ah Houthi Abdul Malik Al-Shami Tewas di Teheran

TEHERAN (voa-islam.com) - Di distrik selatan  Beirut kemarin ribuan orang Syi’ah mengikuti  pemakaman pemimpin tertinggi Syi’ah Houthi Abdel-Malik Al-Shami yang tewas, akibat luka-luka dalam perang di Yaman.

Ia dikuburkan di samping mantan pemimpin militer Hisbullah Imad Mughniyah, yang sangat dekat dengannya, menurut sumber-sumber Lebanon, Rabu, 15/4/2015.

Seorang koresponden Arabi21 di Beirut menegaskan pemakaman Al-Shami yang tewas akibat pemboman yang dilakukan oleh ISIS terhadap Masjid  Al-Hashoosh  di Sanaa. Ratusan jamaah Syi’ah tewas dalam pemboman yang terjadi pada tanggal 20 Maret.

Pengamat mengomentari peristiwa itu dengan mengatakan bahwa berlangsung pemakaman pemimpin tertinggi Syi’ah Houthi yang terluka di Yaman, kemudian diterbangkan ke  Teheran dan tewas, kemudian dimakamkan di Beirut. Seorang pejabat Hesbullah  menegaskan bahwa "Iran tidak membedakan antara proyek di Lebanon dan Yaman, adalah semua adalah sama dan Hisbullah adalah Godfather”, tuturnya.

Menurut situs Janoubia, situs Lebanon yang menentang Hisbullah, Al-Shami dianggap sebagai perwira penghubung antara Syi’ah Houthi dan Iran. Dia adalah utusan khusus dari Abdul Malik Al-Houthi ke Libanon, Suriah dan Iran.

Hizbullah terlibat dalam upacara pemakaman al-Shami. Pendukungnya menyebarkan pesan melalui jaringan media sosial mendesak para pengikukt Syi’ah di Lebanon berpartisipasi dalam upacara penguburan  Al-Shami. Koran Lebanon Al-MODON melaporkan bahwa "Orang-orang Syi’ah  yang berada  di jalan-jalan distrik selaran Lebanon bisa melihat spanduk dan gambar yang mengumumkan kematian pemimpin Syi’ah Houthi. Seruan  mengambil bagian dalam upacara pemakaman di Taman Dua Martir telah tersebar kepadai sebagian besar pendukung Syi’ah". 

Sumber Yaman lainnya melaporkan bahwa A-Shami tewasl di sebuah rumah sakit Iran setelah mengalami luka yang serius. Sumber lain berspekulasi bahwa ia mungkin meninggal di sebuah rumah sakit Lebanon. Sumber yang dekat dengan Hisbullah mengatakan kepada Al-MODON bahwa Al-Shami telah meminta untuk dimakamkan di samping Mughniyah dan bahwa Hisbullah memenuhi permintaannya.

Menurut Janoubia, Al-Shami beremigrasi ke Suriah 17 tahun yang lalu untuk belajar di Khomeini Hawza (sebuah lembaga Syiah) di Damaskus atas rekomendasi dari pendiri gerakan Syi’ah Houthi Hussein Al-Houthi. Selama bertahun-tahun belajar di Damaskus, Al-Shami berusaha untuk menarik siswa Yaman untuk datang dan belajar di Hawzas dan mengirim mereka ke Lebanon, Suriah dan Iran dan kemudian kembali bekerja dalam gerakan Syi’ah Houthi.

Al-Shami sedang mempersiapkan pendirian sekolah di Yaman yang akan menjadi cabang sekolah Al-Mustafa berbasis di Beirut. Selain itu, dia bekerja sistem administrasi terpadu untuk Syiah Hawzas dan sekolah di Yaman. Ia diharapkan akan ditugaskan oleh Abdul Malik Al-Houthi untuk bertanggung jawab atas proyek ini.

Menurut sumber Al-MODON itu, Iran "menganggap Al-Shami menjadi kendaraan mereka untuk menyebarkan ajaran Syiah ke pusat-pusat Syi’ah Houthi. Hal ini menegaskan bahwa ia memainkan peran keamanan yang signifikan termasuk bertindak sebagai penghubung koordinasi antara Syi’ah Houthi dengan Hisbullah dan Iran. "

Sumber yang lain mengatakan Al-Shami memiliki hubungan yang sangat dekat dengan Mughniyah. Mughniyah langsung mengawasi kegiatan Syi’ah Houthi  di Yaman, yang menurut sumber tersebut, tewasnya Mughniyah  merupakan pukulan moral yang hebat bagi Syi’ah Houthi. Ketika hal ini terjadi aktivitas mereka di Yaman terpengaruh dan harus menarik diri dari sejumlah daerah, di mana mereka sebelumnya ditangkap oleh fihak pemerintah Yaman. Selain itu, sejumlah pemimpin mereka ditangkap, menurut Al-MODON.

Surat kabar itu menambahkan, "Setelah pembunuhan Mughniyah, Al-Shami mengambil alih tugas Mughniyah dan melakukan koordinasi dengan Hisbullah di Lebanon dan dengan Iran yang diserahkan kepadanya file gerakan Houthi di  Yaman. Ikatan yang sangat kuat yang menghubungkan Al-Shami kepada sekjen Hisbullah, Mughniyah. Oleh karena itu, Al-Shami adalah orang yang luar biasa peranannya dalam perjuangan Syi’ah Houthi di Yaman, dan hubungan dengan Hisbullah di Lebanon,  dan Al-Shami memang wajar dikuburkan di Taman Dua Martir”.

Kelompok Syi’ah Houthi benar-benar kehilangan dengan tewasnya pemimpin tertinggi Syi’ah Houthi Al-Shami yang tewas akibat pemboman yang dilakukan oleh ISIS. (dtta/mem/voa-islam.com)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Intelligent Leaks lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X