Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.355 views

Memenangkan Perang Pemikiran

BANDUNG (voa-islam.com) - Kuliah kedua Sekolah Pemikiran Islam (SPI) Angkatan 9 Bandung kembali digelar di Ruang Tafsir Masjid Istiqomah, Bandung, pada Kamis (31/8/2023) malam. Topik yang dibahas dalam perempuan kali ini adalah “ghazwul fikri” yang dibawakan oleh Kepala SPI Pusat Dr. (Cand) Akmal Sjafril, M.Pd.I.

Ghazwul fikri atau perang pemikiran oleh Akmal diartikan sebagai konfrontasi yang terencana yang bertujuan untuk menaklukan pemikiran. Jika perang fisik yang kalah menjadi hancur atau  terbunuh, dalam perang pemikiran yang kalah menjadi budak. Dalam situasi perang, siap atau tidak siap, musuh yang menyerang haruslah dihadapi.

Bagi umat Islam, perang pemikiran ini sudah diisyaratkan dalam Al-Qur’an. Seperti misalnya di Qur’an surat Al-Baqarah ayat 12: “ Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah: "Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang benar)". Dan sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu.”

Menurut Akmal urgensi tentang pemikiran atau fikrah itu penting karena manusia adalah makhluk yang dikendalikan oleh akalnya. Demikian pula segala potensi dirinya hanya bisa dimanfaatkan sesuai kondisi akalnya. Potensi yang besar dari seseorang atau dari suatu bangsa akan hilang manakala pemikirannya berhasil diperdaya dan dikerdilkan.

Akibat dari pemikiran atau akal yang sudah dikerdilkan itu muncul rasa rendah diri, merasa inferior ketika berhadapan dengan bangsa lain. Nilai-nilai yang dimilikinya melebur pada nilai-nilai yang dianggapnya superior.

Serangan pemikiran yang paling sederhana, menurut pria lulusan sarjana Teknik Sipil ITB ini, adalah melalui kata-kata. Sebab pemikiran itu ditransfer melalui kata-kata. Setiap kata memiliki konsep, dan setiap konsep mewakili sebuah pemikiran. Ia mencontohkan satu pernyataan yang pernah populer: “semua agama sama karena sama-sama mengajarkan kebaikan.” Ia membantah klaim ini dengan mencontohkan agama di luar Islam yang mengajarkan kerahiban. Islam menolak kerahiban. Kerahiban dalam Islam bukanlah kebaikan. Jadi Islam tidaklah sama dengan agama-agama yang lain.

Pernyataan lainnya yang bersifat ghazwul fikri adalah: “Allah tidak perlu ditolong” atau “Islam tidak perlu pembelaan dari umatnya” atau lagi “Rasulullah tidak pernah marah ketika disakiti”, dan lain-lain pernyataan yang serupa. Pernyataan itu, menurut pria kelahiran Jakarta tahun 1981 itu, hanya mungkin muncul dari orang yang tidak memiliki rasa cinta, rasa hormat. Jika cinta tidak ada, tidak mungkin tumbuh rasa cemburu. Pembelaan itu hanya mungkin datang dari orang yang terusik cintanya, atau terbakar rasa cemburunya.

Lebih jauh Akmal menjelaskan modus perang pemikiran, yaitu melalui media massa, pendidikan, dan hiburan. Tidak berarti modus lain tidak ada. Akan tetapi ketiga modus ini diandalkan karena memiliki dampak kerusakan yang besar pada musuhnya. Melalui media massa, sebuah kebohongan bisa disulap menjadi “kebenaran” seperti yang terjadi pada peristiwa runtuhnya gedung menara kembar WTC pada 11 September 2001, dan mempengaruhi cara berpikir manusia sedunia. Protes para ahli bangunan pencakar langit atas penjelasan media ihwal keruntuhan gedung yang tidak masuk akal itu diabaikan. Yang terjadi adalah kebohongan itu dituliskan berulang-ulang agar menjadi kebenaran baru.

Alya Rizkita Irwan, salah seorang murid SPI Angkatan 9 Bandung, mengakui kuliah tentang ghazwul fikri ini memberinya kesadaran baru tentang besarnya tantangan dakwah. “Jika dulu saya mengenal tantangan dakwah itu dari 3F (fun, food, fashion), tapi malam ini Ustadz Akmal menjelaskan tiga modus lain, yakni media massa, pendidikan, dan hiburan.” Ia menyimpulkan bahwa mereka yang pemikirannya lemah akan menjadi korban, sedangkan mereka yang memiliki pemikiran yang kuat dapat melakukan serangan balik dan punya kesempatan untuk menjadi pemenang. Lulusan S1 Kimia Universitas Negeri Yogyakarta ini menjadi lebih termotivasi untuk menjaga budaya ilmu agar siap menjadi da’i yang mampu melawan ghazwul fikri.

Motivasi yang sama juga diungkapkan murid lainnya, yaitu Reflina Sifa Akmarina. Sarjana Teknologi Pangan Universita Pasundan ini bertekad terus belajar untuk memperluas ilmu dan wawasan. Diantaranya dengan menguatkan budaya membaca buku sebagai asupan ilmu yang bergizi. “Bagaimana agar kita terus memperdalam pemahaman terhadap Al-Qur’an dan As Sunnah, memahami Sirah Nabawiyah sebagai standar haq dan bathil.”  (ESA/Ab)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Selasa, 17/09/2024 06:01

Bekerjalah dan Sholatlah