Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
13.614 views

Raihlah Keutamaan Bulan Ramadhan Dengan Ibadah Yang Maksimal, Optimal dan Berkualitas

BANDA ACEH (voa-islam.com) - Sebagai bagian dari mensyiarkan dan memanfaatkan bulan suci Ramadhan 1444 H, Dinas Syariat Islam (DSI) Provinsi Aceh menggelar ceramah ba’da Zhuhur setiap hari di Mushalla As-Salam kantor DSI Aceh, Kompleks Keistimewaaan Aceh, Banda Aceh, yang dimulai pada hari Senin kemarin (27/03).

Taushiah dan ceramah perdana disampaikan oleh Ustaz Dr. Muhammad Yusran Hadi, Lc., MA dosen Fiqh dan Ushul pada Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, yang juga seorang penceramah yang sering diminta untuk mengisi tausiyah di berbagai masjid dan kantor/instansi Pemerintah.

Dalam ceramahnya, Ustaz Yusran Hadi yang juga sebagai Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Syah Kuala Banda Aceh mengajak umat Islam untuk beryukur kepada Allah ta'ala atas nikmat dipertemukan dengan bulan Ramadhan tahun ini.

"Alhamdulillah kita dipertemukan dengan bulan Ramadhan tahun ini. Berarti Allah ta'ala memberi kesempatan kepada kita untuk memperbaiki kesalahan atau kekurangan ibadah kita pada bulan Ramadhan yang lalu atau pada bulan-bulan lainnya sebelum kedatangan bulan Ramadhan ini. Agar kita dapat meraih berbagai keutamaan bulan Ramadhan."

"Bisa jadi ibadah kita pada bulan Ramadhan yang lalu atau bulan-bulan lainnya sebelumnyai tidak maksimal dan optimal.Tidak mengkhatam Al-Qur'an beberapa kali bahkan sekalipun selama sebulan . Al-Qur'an terkadang dibaca dan terkadang tidak dibaca, shalat-shalat sunnat khususnya Tarawih, Tahajud dan Witir terkadang dikerjakan dan terkadang tidak dikerjakan. Dan sebagainya."

"Bisa jadi ibadah yang kita lakukan tidak berkualitas karena tidak sesuai dengan petunjuk (Sunnah) Nabi shallahu 'alaihi wa sallam sehingga tidak diterima oleh Allah ta'ala. Meskipun kita banyak beribadah, namun jika tidak berkualitas, maka tidak akan diterima oleh Allah ta'ala. Ibadah akan diterima jika sesuai dengan petunjuk Nabi shallahu'alaihi wa sallam. Inilah ibadah yang berkualitas."

"Maka, inilah kesempatan bagi kita untuk memperbaikinya di bulan Ramadhan tahun ini. Agar kita dapat meraih berbagai keutamaan bulan Ramadhan kali ini, dengan melakukan berbagai amal shalih padanya seperti puasa, tadarus Al-Qur'an, shalat-shalat sunnat khususnya Tarawih, Tahajud dan Witir, zikir, dan infak."

"Dengan demikian, dipertemukan dengan bulan Ramadhan ini merupakan nikmat Allah ta'ala yang besar yang wajib kita syukuri. Oleh karena itu, mari bersyukur kepada Allah ta'ala. Bersyukur berarti melakukan ibadah dan amal shalih dan meninggalkan maksiat," ujar ustaz Yusran.

Selanjutnya, Ustaz Yusran Hadi yang juga sebagai Doktor bidang Fiqh dan Ushul Fiqh alumni International Islamic University Malaysia (IIUM) menjelaskan berbagai keutamaan Ramadhan.

"Banyak keutamaan yang dimiliki oleh bulan Ramadhan. Maka sangatlah wajat bila bulan ini dijuluki oleh Rasullulah shallahu 'alaihi wa sallam sebagai sayyidusy syuhur (penghulu segala bulan). Di antara keutamaannya yaitu:"

"Pertama: Ramadhan merupakan syahrul Qur'an (bulan Al-Qur:an). Diturunkannya Al-Qur'an pada bulan Ramadhan menjadi bukti nyata kemuliaan dan keagungan bulan Ramadhan."

"Oleh karena itu, pada bulan Ramadhan ini kita sangat digalakkan untuk memperbanyak tadarus Al-Qur'an (berinteraksi dengan Al-Qur'an), yaitu membaca memahami, mengkhatamkan, menghafal, dan mempelajari Al-Qur'an.Tanpa membaca, memahami, dan mempelajari Al-Qur’an, maka kita tidak mungkin mengamalkan Al-Qur'an."

"Sedangkan mengamalkan Al-Qur'an hukumnya wajib 'ain. Untuk itu, kita wajib membaca, memahami dan mempelajari Al-Qur'an. Tadarus Al-Qur'an wajib dilakukan oleh seorang muslim pada setiap waktu khususnya di bulan Ramadhan."

"Kedua: Ramadhan merupakan syahrun mubarak (bulan keberkahan). Maknanya, setiap ibadah atau amal shalih (kebaikan) yang dilakukan di bulan Ramadhan, maka Allah ta'ala melipat gandakan pahalanya. Ibadah sunnat pada bulan Ramadhan diberi balasan pahala wajib pada bulan lainnya, dan ibadah wajib padanya diberi pahala tujuh puluh ibadah wajib pada bulan lainnya."

"Ketiga: Ramadhan merupakan bulan ibadah dan taqwa. Ramadhan memberikan motivasi kepada umat Islam untuk memperbanyak ibadah dan amal shalih lainnya serta meninggalkan maksiat."

"Pada bulan Ramadhan pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan diikat. Dengan demikian, Allah ta'ala telah memberi kesempatan kepada hamba-Nya untuk masuk surga dengan ibadah dan amal shalih lainnya yang mereka lakukan pada bulan Ramadhan. Setanpun tidak diberi kesempatan untuk mengoda dan menyesatkan manusia."

"Keempat: Ramadhan merupakan bulan maghfirah (pengampunan dosa). Allah ta'ala mengampuni dosa bagi orang yang berpuasa dan melakukan qiyam Ramadhan (shalat Tarawih, Tahajud, dan Witir ). Ibadah-ibadah ini merupakan fasilitas dan sarana pengampunan dosa."

"Kelima: Ramadhan merupakan bulan itqun minan nar (pembebasan dari api neraka). Pada setiap malam di bulan Ramadhan Allah ta'ala membebaskan hamba-hamba yang dikehendaki dari api neraka."

"Keenam: Pada bulan Ramadhan terdapat suatu malam yang bernama Lailatul Qadar. Keutamaan malam Lailatul Qadar adalah nilai pahala ibadah atau amal shalih padanya lebih baik daripada seribu bulan atau setara dengan delapan puluh tiga tahun," jelasnya.

Ustaz Yusran yang juga Ketua Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) Provinsi Aceh menegaskan bahwa berbagai keutamaan bulan Ramadhan hanya diperuntukkan bagi orang yang memperbanyak ibadah dan amal shalih padanya.

"Demikianlah di antara keutamaan-keutamaan bulan Ramadhan sebagaimana dijelaskan oleh Nabi shallahu 'alaihi wa sallam. Hal ini dilakukan oleh Rasulullah shallahu 'alaihi wa sallam untuk memberi motivasi dan semangat kepada umat Islam untuk memperbanyak ibadah di bulan Ramadhan. Maka, raihlah keutamaan-keutamaan ini dengan melakukan ibadah yang maksimal, optimal dan betkualitas."

"Berbagai keutamaan ini hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang melakukan berbagai ibadah dan amal shalih seperti puasa, shalat tarawih, tahajud, witir, tadarus Al-Qur'an, shalat-shalat sunnat khususnya Tarawih, Tahajud dan Witir, zikir, dan infak. Jadikanlah Ramadhan ini sebagai Ramadhan terbaik dalam seumur hidup kita. Barangkali ini Ramadhan terakhir kita," tegasnya.

Di akhir ceramahnya, Ustaz Yusran yang juga sebagai anggota Ikatan Ulama dan Da'i Asia Tenggara mengajak umat Islam untuk beribadah pada bulan Ramadhan ini dengan maksimal, optimal dan berkualitas.

"Sebagai penutup, mari kita mengisi bulan Ramadhan ini dengan berbagai ibadah dan amal shalih seperti puasa, tadarus al-Qur'an, shalat-shalat sunnat khususnya tarawih, tahajud, dan witir, i’tikaf, infak, memberi bukaan puasa dan sahur untuk orang yang berpuasa, dan sebagainya."

"Mari kita perbanyak ibadah dan amal shalih di bulan Ramadhan ini dengan maksimal, optimal dan berkualitas (yaitu sesuai dengan petunjuk Nabi shallahu 'alaihi wa sallam) agar kita dapat meraih berbagai keutamaan bulan Ramadhan."

"Raihlah berbagai keutamaan ini dengan memperbanyak ibadah dan amal shalih yang maksimal, optimal dan berkualitas. Jadikanlah Ramadhan ini sebagai Ramadhan terbaik dalam seumur hidup kita. Barangkali ini Ramadhan terakhir kita. Semoga Allah ta'ala menerima ibadah kita dan semoga kita dapat meraih berbagai keutamaan bulan Ramadhan," pungkasnya.

Hadir pada ceramah tersebut, Kepala Dinas Syariat Islam Provinsi Aceh Dr. EMK Alidar, S.Ag, M. Hum, Kabid Peribadatan Syiar Islam dan Pengembangan Sarana Keagamaan DSI Aceh Zulkifli S.Pd, M.Pd, dan sejumlah para pejabat DSI lainnya serta para pegawai DSI dan kantor dinas lainnya yang berdekatan dengan kantor DSI Provinsi Aceh. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X