Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
9.737 views

The Worldview of Islam: Restrukturisasi Narasi Berakidah

BANDUNG (voa-islam.com) - Sekolah Pemikiran Islam (SPI) angkatan 8 kembali menggelar perkuliahan pada hari Kamis, 15 September 2022 di ruang Tafsir masjid Istiqamah Bandung.

Kegiatan dibuka dengan pembacaan ayat Al-Qur’an oleh salah satu panitia SPI yang selanjutnya hadir sebagai pembicara, direktur Institut Pemikiran dan Pembangunan Insan (PIMPIN) Bandung, Dr. Wendi Zarman.

Dengan mengangkat tema “Ru’yatul Islam lil Wujud”, pertama-tama Wendi memaparkan makna tema yang diangkat dan kaitannya dengan The Worldview of Islam.

Ru’yatul Islam lil wujud merupakan istilah dalam bahasa Arab yang dipahami sebagai the worldview of Islam saat ini. Namun dalam menjelaskan tema hari ini, saya akan lebih cenderung menggunakan istilah The Worldview of Islam karena istilah ini lebih masyhur digunakan di berbagai kalangan,” jelasnya kepada peserta.

Lulusan doktor dari Universitas Ibn Khaldun tersebut menjelaskan bahwa secara esensinya, The Worldview of Islam bukanlah pemikiran baru, namun merupakan konsep akidah Islam yang masih sama dengan konsep akidah Islam pada umumnya, namun dikemas dalam narasi baru.

Beliau juga menjelaskan bahwa restrukturisasi narasi ini pertama kali diperkenalkan oleh Syekh Muhammad Naquib al-Attas, seorang tokoh filsuf Islam yang banyak mengkritik barat maupun muslim yang ter-barat-kan melalui karya-karyanya.

The Worldview of Islam adalah seperangkat keyakinan dasar yang berpegang pada pandangan Islam, melalui wahyu Allah subhanahu wa ta’ala, tentang wujud atau realitas. Dalam hal ini, keyakinan adanya Allah Swt. adalah yang terpenting,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wendi pun menekankan bahwa The Worldview of Islam adalah wujud respon di tengah maraknya pemikiran dan isu yang dapat menggoyahkan umat, seperti isu feminisme, childfree, kesetaraan gender, dan lain sebagainya.

Maka The Worldview of Islam sebagai restrukturisasi narasi berakidah ini memberikan pemahaman praktis dalam menyikapinya.

Beliau memberikan contoh pada isu feminisme, seorang muslim atau muslimah yang memiliki The Worldview of Islam terhadap kedudukan laki-laki dan perempuan, akan menganggap isu feminisme sebagai realitas yang tidak sejalan dengan ajaran Islam, sehingga dirinya memiliki benteng yang kuat dalam menyikapinya.

Menanggapi pemaparan Wendi, Syifa Az Zahra salah seorang peserta SPI turut berkomentar.

“Wawasan-wawasan baru selalu didapatkan setiap mengikuti kelas SPI. Materi The Worldview of Islam membuka wawasan tentang bagaimana kita melakukan kehidupan dengan pandangan hidup Islam. Mempelajarinya membuat saya semakin yakin bahwa Islam satu-satunya agama yang benar, agama yang sempurna. Dan semoga dengan mempelajarinya, dapat membuat kita menjadi manusia yang beradab dan mampu merubah peradaban,” pungkasnya. [fauziah/syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News

MUI

Must Read!
X