Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.223 views

Perkuat Jaringan di Eropa dan Asia, Pengurus KAMMI Turki Periode 2020-2021 Resmi Dilantik

SERIK ANTALYA, TURKI (voa-islam.com)--Pelantikan Pengurus Daerah Istimewa KAMMI Turki periode 2020-2021 resmi dilaksanakan di Teater Kuno Aspendos, Serik Antalya, Turki pada Ahad (29/03/2020). Pelantikan dengan tema “Diaspora KAMMI dan Visi Global Intelektual Muslim” ini dipimpin langsung oleh Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri PP KAMMI, Rakhmat Abril Kholis. 

Pelantikan disaksikan oleh Ketua Umum KAMMI Turki yang terpilih, Adi Sutrisno; Ketua PPI Turki 2019-2020 dan juga sekaligus Deklarator KAMMI Turki, Darlis Aziz; Ketua MPD KAMMI Turki, Adhe Nuansa Wibisono; dan Eks Ketua Umum KAMMI Turki 2019-2020, Amar Ma’ruf. 

“Melalui surat permohonan penerbitan SK Nomor : 001/PH//KU-i/1.PD-2/Pelantikan/II/2020, menetapkan saudara Adi Sutrisno sebagai Ketua Umum KAMMI Turki periode 2020-2021. Dengan dilantiknya kepengurusan baru KAMMI Turki semoga menjadi awal kebangkitan cabang luar negeri KAMMI lainnya dan penanda generasi baru intelektual muslim Nusantara di pentas dunia,” ungkap Rakhmat Abril Kholis, M.Si, selaku Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri (HLN) PP KAMMI 2019-2021. 

Rakhmat Abril bersyukur KAMMI  telah melakukan ekspansi hingga ke luar negeri.  “KAMMI di luar negeri bukan hanya dipandang perlu sebagai wadah syiar Islam bagi para mahasiswa di sana, melainkan juga sebagai episentrum bagi para Diaspora Mahasiswa di Turki supaya mampu mendatangkan seluas-luasnya manfaat bagi bangsa. Selamat untuk pelantikan KAMMI Turki periode ini, semoga amanah sampai akhir masa khidmat”, tutur pemuda lulusan Master School of Strategic and Global Studies, University of Indonesia. 

Sementara itu, Ketua Umum KAMMI Turki yang terpilih, Adi Sutrisno, S.Pd, berharap KAMMI Turki dapat terus aktif membangun dan menguatkan jaringan internasional dikawasan Eropa dan Asia.

Adi menegaskan, dengan adanya ekspansi KAMMI di luar negeri maka dapat menguatkan jaringan internasional. “Harapannya selain menguatkan akses jaringan internasional dikawasan Eropa dan Asia, KAMMI Turki juga akan fokus dalam pembentukan sumberdaya manusia melalui akses pendidikan, bisnis dan profesional,” ungkap alumnus Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak, Kalimantan Barat. 

“Selain itu, KAMMI Turki juga akan bersinergi dengan berbagai komunitas diaspora Indonesia yang berada di Turki. KAMMI Turki akan menjalin hubungan baik terutama dengan PPI Turki sebagai wadah bersama pelajar-pelajar Indonesia yang ada di Turki. Dan terakhir, KAMMI Turki akan membuka komunikasi dengan dua cabang ormas Islam terbesar yaitu PCINU Turki dan PCIM Turki,” tegas Adi Sutrisno.

Adi menjelaskan, berdasarkan data yang disampaikan oleh Pengurus Pusat KAMMI di Indonesia Februari 2020 lalu, Ketua Umum PP KAMMI, Elevan Yusmanto, S.IP menyampaikan bahwa hingga saat ini KAMMI sudah memiliki 30 Pengurus Wilayah (PW), 120 Pengurus Daerah (PD), 400 Pengurus Komisariat (PK) serta 9 KAMMI luar negeri. 

Amar Ma’ruf, Ketua Umum KAMMI Turki Periode sebelumnya menyatakan optimis dengan kepengurusan yang baru saja dilantik. “Saya yakin wajah-wajah baru yang ada di kepengurusan punya kreativitias yang lebih tinggi dari sebelumnya. Dengan potensi itu, saya optimis inşaAllah kemanfaatan untuk umat semakin besar. Saya berharap semoga potensi yang besar tersebut juga kita sandingkan dengan kekuatan literasi (membuka wawasan seluas luasnya) supaya pergerakan KAMMI Turki ke depannya semakin diperhitungkan. Salah satu caranya, sama sama belajar meningkatkan budaya menulis”, tutur pemuda yang berprofesi sebagai dosen Faperta di Universitas Asahan dan Mahasiswa Doktoral Akdeniz University, Turki. 

Deklarator KAMMI Turki dan juga Ketua PPI Turki 2019-2020, Darlis Aziz,  mengatakan, lahirnya KAMMI Turki di LN tidak terlepas dari niat baik kita untuk melanjutkan cita-cita para pendiri bangsa bahwa dalam rangka untuk mencerdaskan bangsa dan ikut menjaga ketertiban dunia. Maka Indonesia harus lebih berperan dalam mengadvokasi hak-hak kemanusian sebagai pengisi peradaban itu sendiri. Dan tujuan awal dari pendirian KAMMİ Cabang Internasional di Turki ini juga dalam rangka mewujudkan prinsip gerakan KAMMI yang ke-5, yaitu Sebagai Perekat elemen keummatan dan watak gerakan untuk menjaga persaudaraan dan solidaritas Muslim di manapun dia berada. 

“Untuk Turki, Alhamdulillah sejak 2017 yang lalu, kita suda menjalin kerjasama yang strategis dengan berbagai dernek (OKP) dan bahkan dengan beberapa kampus dan juga kebeberapa lembaga aktivis pemuda nasionalis Turki lainnya,” tutur mahasiswa pascasarjana Culture Studies and Medya, Hacettepe Üniv & FSMVÜ Istanbul. 

Ketua MPD KAMMI Turki, Adhe Nuansa Wibisono, menyatakan harapannya kepada pengurus baru. "Pasca pelantikan ini KAMMI Turki akan menguatkan hubungan dengan berbagai stakeholder strategis seperti KBRI Ankara, KJRI Istanbul dan PPI Turki. Selain itu KAMMI juga akan bersinergi dengan berbagai ormas Indonesia lainnya di Turki seperti PCI Muhammadiyah, PCI Nahdhatul Ulama, IKAMAT dan IKPM,” tutur Alumnus Kajian Terorisme, Universitas Indonesia. 

Adhe Nuansa Wibisono menambahkan, KAMMI Turki akan berperan aktif dalam diplomasi publik untuk mengenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat Turki.* [Nurhafna/Syaf/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Korban Tabrak Lari,  Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Korban Tabrak Lari, Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Saat hendak membantu orang tertimpa musibah, Ummu Qisthi jadi korban tabrak lari mobil pickup. Empat bulan pasca operasi tulang remuk, kondisinya memburuk dan lukanya mengeluarkan nanah...

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Sudah 4 tahun Pesantren Tahfiz Al-Qur’an ini mendidik para yatim dan kaum dhuafa tanpa memungut biaya. Mereka butuh masjid, anggaran dana 160 juta rupiah. Sisihkan harta, dapatkan istana di...

Mantan Napi Mujahidin Ingin Taubat dan Hijrah, Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Mantan Napi Mujahidin Ingin Taubat dan Hijrah, Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Bebas dari penjara ia taubat dan hijrah, tapi kesulitan pekerjaan. Saat ekonomi terjepit, datang tawaran bisnis haram dari sesama mantan napi. Ia butuh dana 7,5 juta rupiah untuk modal usaha...

Balita Ridho Ramdhani Mati-matian Berjuang Melawan Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Balita Ridho Ramdhani Mati-matian Berjuang Melawan Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Di usia balita ia harus berjuang mati-matian melawan tumor ganas yang bersarang di bokongnya. Setiap saat merintih tangis di pangkuan ayah bundanya. Ia harus dioperasi tapi terbentur biaya....

Tak Punya Biaya, Remaja Sebatang Kara Terancam Putus Sekolah. Ayo Bantu.!!

Tak Punya Biaya, Remaja Sebatang Kara Terancam Putus Sekolah. Ayo Bantu.!!

Sejak balita Astrid Nuraini sudah hidup sebatang kara tanpa ayah, ibu dan saudara. Diasuh ibu angkat yang sudah lanjut usia, ia tidak bisa melanjutkan sekolah ke SMA Islam karena terbentur biaya....

Latest News
Direktur P3S Pertanyakan Keputusan Jokowi Tunjuk Luhut untun Penanganan Covid-19

Direktur P3S Pertanyakan Keputusan Jokowi Tunjuk Luhut untun Penanganan Covid-19

Sabtu, 19 Sep 2020 23:59

Para Pengkritik Harus Banyak Belajar Hukum Sehingg Tidak Asal Bicara

Para Pengkritik Harus Banyak Belajar Hukum Sehingg Tidak Asal Bicara

Sabtu, 19 Sep 2020 22:20

Ketum DDII: Usut Kelompok Penganiaya Ulama!

Ketum DDII: Usut Kelompok Penganiaya Ulama!

Sabtu, 19 Sep 2020 22:10

Mulai 1 Oktober 2020 Zoom Akan DIkenai PPN

Mulai 1 Oktober 2020 Zoom Akan DIkenai PPN

Sabtu, 19 Sep 2020 22:05

Angka Kasus Covid Masih Terus Bertambah, PDPI Ingatkan Keluarga untuk Tetap di Rumah

Angka Kasus Covid Masih Terus Bertambah, PDPI Ingatkan Keluarga untuk Tetap di Rumah

Sabtu, 19 Sep 2020 22:00

Hasil Percobaan Tes Lab Ungkap Kemampuan Bertahan Virus Covid-19

Hasil Percobaan Tes Lab Ungkap Kemampuan Bertahan Virus Covid-19

Sabtu, 19 Sep 2020 21:50

Turki Tolak Tegas Tuduhan PBB Atas Pelanggaran Hak Asasi Manusia di Suriah Utara

Turki Tolak Tegas Tuduhan PBB Atas Pelanggaran Hak Asasi Manusia di Suriah Utara

Sabtu, 19 Sep 2020 21:35

Terulang Lagi Penganiayaan kepada Ulama, Brigade Persis Keluarkan 5 Intruksi

Terulang Lagi Penganiayaan kepada Ulama, Brigade Persis Keluarkan 5 Intruksi

Sabtu, 19 Sep 2020 21:04

Perkuat Tali Silaturahim, Brigade Persis Jabar Laksanakan Apel Pasukan

Perkuat Tali Silaturahim, Brigade Persis Jabar Laksanakan Apel Pasukan

Sabtu, 19 Sep 2020 20:45

Israel Tutup Secara Penuh Tepi Barat dan Jalur Gaza Untuk Liburan Yahudi

Israel Tutup Secara Penuh Tepi Barat dan Jalur Gaza Untuk Liburan Yahudi

Sabtu, 19 Sep 2020 20:35

UEA Sewa 450 Tentara Bayaran Asing Untuk Lakukan Pembunuhan Tingkat Tinggi di Yaman

UEA Sewa 450 Tentara Bayaran Asing Untuk Lakukan Pembunuhan Tingkat Tinggi di Yaman

Sabtu, 19 Sep 2020 20:07

Maraknya Perceraian Kala Pandemi, Ada Apa?

Maraknya Perceraian Kala Pandemi, Ada Apa?

Sabtu, 19 Sep 2020 15:25

Pejabat Publik dan Krisis Etika Kebijakan di Tengah Pandemi Covid-19

Pejabat Publik dan Krisis Etika Kebijakan di Tengah Pandemi Covid-19

Sabtu, 19 Sep 2020 15:04

Kekuatan Ibadah Terletak Pada Hati, Bukan Fisik!

Kekuatan Ibadah Terletak Pada Hati, Bukan Fisik!

Sabtu, 19 Sep 2020 11:43

Persis Kutuk Keras dan Menuntut Usut Tuntas Kasus Penusukan Syekh Ali Jaber

Persis Kutuk Keras dan Menuntut Usut Tuntas Kasus Penusukan Syekh Ali Jaber

Jum'at, 18 Sep 2020 22:15

Ekspor Minyak Saudi Turun 62 Persen Pada Kuartal Kedua 2020

Ekspor Minyak Saudi Turun 62 Persen Pada Kuartal Kedua 2020

Jum'at, 18 Sep 2020 22:00

Gedung Putih Sebut 5 Negara Lagi Secara Serius Pertimbangkan Normalisasi Hubungan Dengan Israel

Gedung Putih Sebut 5 Negara Lagi Secara Serius Pertimbangkan Normalisasi Hubungan Dengan Israel

Jum'at, 18 Sep 2020 21:45

Fraksi PKS Sosialisasikan RUU Perlindungan Tokoh Agama ke Sejumlah Ormas Islam

Fraksi PKS Sosialisasikan RUU Perlindungan Tokoh Agama ke Sejumlah Ormas Islam

Jum'at, 18 Sep 2020 20:13

Bullying, Duri dalam Pendidikan Indonesia

Bullying, Duri dalam Pendidikan Indonesia

Jum'at, 18 Sep 2020 19:52

Israel Akan Bujuk UEA Untuk Promosikan Pembangunan Jalur Pipa Antara Saudi dan Israel

Israel Akan Bujuk UEA Untuk Promosikan Pembangunan Jalur Pipa Antara Saudi dan Israel

Jum'at, 18 Sep 2020 19:46


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X