Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.957 views

Masjid Tanpa Khatib adalah Musholla, Khatib Tanpa Masjid adalah Da;i

JAKARTA (voa-islam.com) – Keberadaan khatib dan masjid tidak dapat dipisahkan. Masjid tanpa khatib hanyalah musholla atau surau. Sedangkan khatib tanpa masjid hanyalah da’i biasa.

Antara khatib dan masjid itu selalu bersama-sama. Syarat menjadi masjid ialah adanya khatib saat ibadah sholat Jumat. Kalau bukan hari Jumat, berarti da’i biasa. hubungan ini tentu harus sama-sama kita majukan.

Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI), Dr. (H.C.) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, menyatakan hal itu pada Sabtu (15/2) sore, saat menutup kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II dan Halaqah Khatib Indonesia di Hotel Royal Kuningan, Jakarta Selatan.

“Kita bersyukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala (SWT) atas perkembangan dakwah Islam yang luar biasa di Indonesia. Kenapa perkembangan masjid begitu hebat? Karena masjid tanpa khatib itu musholla. Tapi khatib tanpa masjid hanya da’i. Antara khatib dan masjid itu harus selalu bersama-sama. Hubungan ini harus sama-sama kita majukan,” katanya.

Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) 2019-2024 itu pun menceritakan pengalamannya saat beribadah dan mendengarkan khutbah Jumat di masjid, termasuk mengikuti peringatan hari-hari besar keagamaan Islam dan ibadah di masjid saat bulan suci Ramadhan.

“Masjid itu sebenarnya bisa menjadi Pondok Pesantren (Ponpes) Besar. Karena setidak-tidaknya, dalam setahun itu, setiap jama’ah mendengarkan ceramah agama sedikitnya seratus kali dalam setahun. Itu terdiri dari 52 kali khutbah Jumat, 30 kali ceramah tarawih, dan sisanya saat peringatan-peringatan Hari Besar Islam serta tabligh akbar dan kuliah tujuh menit (kultum),” jelasnya.

Menurutnya, dakwah di kalangan umat Islam tidak bisa monoton lagi, tetapi harus direncanakan sejak awal secara komprehensif.

“Karena itu, dakwah bil lisan harus diikuti dengan dakwah bil haq, bagaimana kita memanfaatkan masjid untuk dakwah dan syiar Islam dengan sebaik-baiknya,” ujar Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat itu.

DMI, ucapnya, akan berupaya memfasilitasi dakwah dan syiar Islam di masjid dengan baik. Alhamdulillah, saat ini masjid tersebar luas di berbagai tempat, termasuk di kantor-kantor, sekolah, rumah sakit, dan mall. Perkembangan ini terjadi sejak lebih dari 20 tahun yang lalu.

“Ini terkait erat dengan hari libur yang berubah,” imbuhnya seperti dikutip dari laman resmi dmi.or.id.

“Awalnya, hari libur itu hanya Ahad saja. Namun sejak lebih dari 20 tahun yang lalu, hari Sabtu pun libur. Akibatnya, hari Jumat kita kerja sampai jam 4 sore (Pukul 16:00). Anak-anak pun harus sekolah sampai sore. Dampaknya, para pegawai dan anak-anak skeolah harus sholat Jumat di kantor atau di sekolah. Karena itulah masjid ada di kantor-kantor dan di sekolah-sekolah,” jelasnya.

Pria kelahiran Watampone pada 15 Agustus 1942 itu pun membandingkan dakwah dan syiar Islam di Indoensia dengan di negara-negara lainnya. Faktanya, hampir di seluruh negara-negara Islam, tidak ada masjid di kantor-kantor. “Mengapa? karena di sana hari Jumat itu libur,” ungkapnya.

“Alhamdulillah, di Indonesia ini hampir seluruh kegiatan syiar dan dakwah Islam berlangsung dengan aman dan tenteram. Kita patut bersyukur atas kondisi ini, sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia. Ada sekitar 265 juta penduduk Muslim di Indonesia dengan sedikitnya 800 ribu masjid lengkap dengan khatib-nya,” paparnya. [syahid/voa-islam.com]

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X