Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
1.510 views

Sandiaga Uno Katakan Revolusi Industri 4.0 Membawa Berkah Buat Pengusaha

YOGYAKARTA (voa-islam.com)--Konglomerat Indonesia Sandiaga Uno berbagi pengalaman bagaimana para pengusaha muda bisa survive di era disrupsi Revolusi Industri 4.0 yang sedang melanda Indonesia. 

Mengenakan Batik berwaran biru, Sandi hadir di forum Mentoring Busines Usaha dalam rangkaian kegiatan Muktamar Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (KBPII) di hotel Grand Keisha, Yogyakarta, Kamis (14/11/2019). 

Berbicara dengan membawa presentasi yang dibuat rekannya Michael Juwita, Menurut Sandi mengatakan Revolusi Industri 4.0 itu datang untuk membawa berkah bagi pengusaha Indonesia. 

Menurut Sandi, untuk bisa berhasil dalam berusaha tidak ada pilihan lain kecuali harus fokus, networking atau perbanyak silaturahim, improvisasi dengan  teknologi terkini dan just do it. 

Dia mencontohkan, anak buahnya, Michael Juwita, setelah berpisah dengan Saratoga Group dia fokus mengembangkan usaha di bidang Energi Baru dan Terbarukan seperti pembangkit Listrik dan Tenaga Surya.  Michael berhasil dalam tempo 3 tahun aset bisnis sudah mencapai Rp.75 triliun. 

Apapun bisnisnya, kata Mantan Wapres yang bergandeng dengan Prabowo ini, harus  berani melakukan improvisasi teknologi jika ingin survive dan berhasil. Dia mencontohkan, Bos Alibaba.com, itu gaptek, tapi dia bergaul dengan pakar IT dan mengajak mereka mengembangkan bisnis Alibaba.com. 

Sebaliknya, kata Sandi, Blackberry kini mati justru karena mengabaikan teknologi berbasis android. 

Sandi menambahkan, kaum Milineal Indonesia kini banyak yang sukses dengan memanfaatkan Teknologi 4.0. Milineal itu suka yang cheaper (murah), better (kualitas bagus), faster (serba cepat) dan jangan inkar janji. 

Para start up kaum milineal ini, kata Sandi, meski usaha masih tergolong UMKM namun omsetnya sudah milyaran karena memanfaatkan teknologi 4.0 seperti automation (teknologi digital marketing). 

Kepada para peserta Mentoring Busines Usaha yang kebanyakan dari Keluarga Besar PII ini Sandi menjelaskan bahwa saat ini pertumbuhan industri kita turun atau mengarah kepada deindustrialisasi dengan angka di bawah 20 % dari PDB. Jika kita tidak menerapkan teknologi 4.0 kita akan kehilangan, 23 Juta lapangan kerja. Namun bisa kita menerapkan 4.0 maka kita akan mendapatkan 27-46 juta lapangan kerja baru. 

“Jadi, 4.0 bisa membantu pemerintah untuk menciptakan lapangan kerja baru,” paparnya. 

Pola-pola bisnis memang banyak berubah di era Revolusi 4.O. Sani mencontohkan, dulu yang mahal itu belanjar iklan, kini belanja iklan bisa ditekan dengan memanfaatkan digital marketing. Dulu  orang beli produk karena kekuatan iklan, kini orang pakai produk karena adanya testiominy  dari para influencer. Karena itu, manfaatkan  testimonial dari para tokoh agar produk anda bisa dibeli konsumen. 

Sandi meyakinkan para peserta, bahwa ke depan yang banyak akan tumbuh ialah usaha-usaha UKM. Investasi yang tumbuh akan banyak yang investasi kecil-kecil, yaitu di bawah Rp. 50 ribu dolar. 

“Penelitian saya mencatan potensi UKM ini sebesara 41 % angkanya,” ujar Sandi. 

Karena itu, sekali lagi ditekankan agar terus melakukan improvisasi teknologi,  tingkatkan terus SDM, terus berinovasi dengan pasar yang terus berubah cepat, perbanyak silarutahmi. 

“Ingat, enterpreneur itu bukan profesi tapi mindset,” pungkasnya.* [Zul/Syaf/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Perut Membesar Sakit Usus dan Sulit BAB, Ulwan Ghazi Harus Dioperasi. Ayo Bantu.!!

Perut Membesar Sakit Usus dan Sulit BAB, Ulwan Ghazi Harus Dioperasi. Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan kelainan usus, Ulwan harus menghabiskan masa kanak-kanak dengan rintih tangis hingga 4 tahun. Butuh biaya operasi, sang ibu hanya penjual kerupuk....

Hidup Sebatang Kara, Nenek Mailah Tinggal di Kandang Domba. Ayo Bantu.!!

Hidup Sebatang Kara, Nenek Mailah Tinggal di Kandang Domba. Ayo Bantu.!!

Di usia 63 tahun saat tubuhnya renta sakit-sakitan, ia hidup sebatang kara. Memasuki musim hujan, rumahnya porak-poranda diterjang puting beliung. Ia terpaksa tinggal di kandang Domba tetangganya....

Terbentur Dana, Santri Hafiz Qur'an Terancam Batal Kuliah ke Luar Negeri. Ayo Bantu.!!

Terbentur Dana, Santri Hafiz Qur'an Terancam Batal Kuliah ke Luar Negeri. Ayo Bantu.!!

Hilmi Priyatama, santri juara penghafal Qur'an 30 juz ini lulus beasiswa di Universitas Internasional Afrika Sudan. Namun ia terancam batal berangkat karena terkendala biaya transport, pemberkasan...

Mushalla Annur Garut Sudah Rampung 60 Persen, Masih Dibutuhkan Dana 20 Juta Lagi, Ayo Bantu.!!

Mushalla Annur Garut Sudah Rampung 60 Persen, Masih Dibutuhkan Dana 20 Juta Lagi, Ayo Bantu.!!

Pembangunan mushalla sudah rampung 60 persen dari pondasi hingga kubah. Masih kekurangan dana 20 juta rupiah untuk finishing agar berfungsi sebagai pusat ibadah, pembinaan aqidah, markas dakwah...

Korsleting Listrik, Pesantren Nurul Hidayah Banten Ludes Terbakar, Ayo Bantu.!!!

Korsleting Listrik, Pesantren Nurul Hidayah Banten Ludes Terbakar, Ayo Bantu.!!!

Musibah kebakaran menghanguskan kamar santri, mushaf Al-Qur'an, kitab kuning, pakaian, alat tulis dsb. Diperlukan dana 25 juta rupiah untuk membangun asrama santri berupa rumah panggung dari...

Latest News

Gamis Syari Cantik Murah Terbaru

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X

Sabtu, 07/12/2019 13:15

Paradoks Kebijakan Atas Majelis Taklim