Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.197 views

Cerita Perjalanan Palestina yang Dijajah Israel

JATINANGOR (voa-islam.com)--Penjajahan Palestina oleh Israel berawal dari mimpi Theodore Herlz yang ingin mendirikan negara Israel pada 1896. Ide mendirikan negara tersebut sempat ditolak oleh para rabi di Jerman karena menentang Kitab Taurat.

Namun, berkat lobi Zionis pada Inggris, Menteri Luar Negeri Inggris, Arthur James Balfour, Inggris menjanjikan tanah Palestina untuk Zionis pada 1917.

Ketika Kekhalifahan Turki Utsmani dihancurkan Inggris dan sekutu, Palestina yang sebelumnya bagian dari wilayah Kekhalifahan Turki Utsmani, jatuh ke dalam jajahan Inggris. Selama itu, Zionis mengirimkan Yahudi Eropa ke Palestina.

"Tadinya hanya satu, lalu makin banyak. Setelah dua puluh tahun, tiga puluh tahun, makin banyak. Selama 30 tahun, mereka hidup diterima damai oleh warga asli Palestina," ujar Dr. Dhia Al Junaidi, orang Palestina asal Hebron, di acara Al Aqsha Awareness Week, Universitas Padjadjaran, Selasa, 8 Oktober 2019.

Dhia bercerita, ternyata Israel diam-diam membuat rencana besar. Orang-orang Yahudi yang datang membentuk pasukan rahasia. Tujuannya untuk merebut seluruh tanah milik Palestina.

Tak hanya itu, blokade ekonomi, pendidikan, kesehatan terjadi di Palestina. Banyak penangkapan warga Palestina tak beralasan hingga penembakkan anak-anak oleh peluru yang bisa merusak tubuh.

"Saya punya tetangga yang memiliki anak usia 17 tahun. Dia ditembak oleh tentara Israel di check point saat hendak ke Al Aqsha. Dia tidak melakukan apa-apa, namun ditembak," cerita Dhia.

Tentara Israel meneror dan mengusir penduduk di Palestina. Terdapat 450 desa saat itu di sana. Israel mengambil alih 77% tanah di negeri tiga agama samawi itu.



Deklarasi Pendirian Israel

Pada 1948 orang Yahudi mengklaim tanah Palestina sebagai negara Israel. Sebelumnya tidak ada negara tersebut. Setelah lampu hijau dari Balfour, Yahudi dari Eropa dan penjuru dunia mulai datang ke Palestina.

"Gimana perasaan kamu bila ada pendatang masuk ke universitas. Kemudian mereka mengusir, membunuh kamu di tanah kamu sendiri?" tanya Dhia kepada pengunjung yang hadir di AAW.

Dhia menyebutkan dunia membiarkan Israel mengambil sacara paksa tanah Palestina, maka satu ketika Israel atau kelompok yang kuat secara militer, ekonomi, dan politik, bisa saja mengambil tanah yang lain.

"Tidak hanya orang Muslim yang mendukung Palestina. Banyak orang dari Eropa, Korea, Brasil, Meksiko, Australia, dan Kanada datang ke Palestina," lanjut Diaa.

Menurutnya, Palestina adalah isu global. Karena ia merupakan negara satu-satunya yang dijajah secara militer. Persoalan kemanusiaan juga memicu banyak orang di dunia melakukan aksi dan gerakan seperti Boycott, Divestment, Sanction (BDS) terhadap produk Israel.



Peluru yang Merusak Tubuh

Tentara Israel menggunakan peluru 'dumdum' atau peluru kupu-kupu. Sebuah peluru yang ketika ditembakkan akan berkembang bak bunga mekar. Ukurannya akan membesar sehingga membuat luka parah dan melebar.

"Peluru dumdum ketika ditembakkan, akan merusak bagian tubuh. Misalnya, ditembakkan ke mata maka matanya akan rusak. Bila ditembakkan ke kaki, maka kakinya bisa diamputasi. Mereka melakukan ini sebagai hukuman untuk orang Palestina," cerita Dhia.

Ia pun bercerita saat berusia 15 tahun, tentara Israel menembakkan peluru ke balkon rumahnya. Peluru itu ukurannya sangat kecil. "Ada sekitar 30 peluru. Alhamdulillah saya tidak apa-apa," lanjutnya.

"Sedih karena anak kecil banyak yang meninggal, banyak yang ditahan. Aku bahkan nggak tahu itu. Harus lebih aware lagi. Tadi dengar anak-anak yang ditembak dengan peluru kupu-kupu. Tulang bisa remuk. Gimana pengobatannya? Apalagi listrik terbatas. Padahal pasien darurat harus dipantau selama 24 jam," kata Nisa Lailatun, pengunjung AAW dari Fakultas Keperawatan Unpad.



Blokade Berkepanjangan

Sejak 2007, Israel melakukan banyak blokade. Termasuk blokade ekonomi di Gaza. Sebanyak membuat 82% persen orang tidak memiliki pekerjaan.

Dhia mengatakan, listrik di Gaza pun tidak menyala selama 24 jam. Hanya dua hingga empat jam dalam sehari.

"Saya punya teman di Gaza yang punya anggota 32 orang. Sebanyak 31 orang telah syahid (meninggal)," ujarnya.

Dari cerita Dhia, di Tepi Barat terdapat banyak millitary check point. Warga Palestina terkadang diminta untuk kembali lagi, dipermalukan, bahkan ditembak. Terdapat 6000 orang yang ditahan di penjara. Tidak diketahui nasibnya bagaimana.

"Kami percaya sebagai warga Palestina bahwa kami juga punya hak asasi manusia. Sama seperti orang di berbagai negara. Tapi, kenapa kami tidak memiliki hak hidup sebagai manusia yang sama?" tanya Dhia saat talkshow berlangsung.


Mengenai AAW

Al Aqsha Awareness Week, festival tahunan festival tahunan yang diselenggarakan oleh Solidarity of Muslim for Al Quds Retaken (SMART171).  Dari tanggal 7-11 Oktober 2019, AAW akan memberikan edukasi mengenai sejarah, budaya, informasi terkini, serta talkshow.

Berikut rangkaian acara AAW:

-Senin, 7 Oktober 2019 freezmob, orasi, dan puisi Palestina di Brooklyn Timur, Universitas Padjadjaran. Pukul 15.30-17.00.

-Selasa, 8 Oktober 2019 talkshow bersama Dr. Diaa Al Junaidi, Sheikh dari Gaza, Palestina. Tema talkshow 'Entah Apa yang Merasuki Zionis: Penjajahan Rakyat Palestina' di Brooklyn Timur, Unpad. Pukul 15.30-17.00.

-Rabu, 9 Oktober 2019 nonton bareng film dokumenter 'Five Broken Cameras' tentang kehidupan masyarakat di Palestina di Aula Moestopo, Fakultas Ilmu Komunikasi, Unpad. Pukul 15.30-17.00.

-Kamis, 10 Oktober 2019 talkshow bersama influencer Farah Qoonita dan Sholah Ayub dengan tema 'Influencing the World through Your Fingertips' di Aula Moestopo, Fakultas Ilmu Komunikasi, Unpad. Pukul 15.30-17.00.

-Jumat, 1 Oktober 2019 fun run dengan tema Run4Palestine di lingkungan Universitas Padjadjaran. Fun run sekaligus donasi untuk Palestina. Pukul 15.30-17.00.* [Ril/Syaf/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Zakat Fitrah IDC: Ramadhan Semakin Berkah, Sempurnakan Ibadah Ramadhan dengan Zakat

Zakat Fitrah IDC: Ramadhan Semakin Berkah, Sempurnakan Ibadah Ramadhan dengan Zakat

IDC menerima zakat fitrah Rp 40.000 hingga 51.000 per-jiwa, disalurkan kepada Mustahiq dengan prioritas Muallaf dan Fakir Miskin dari kalangan yatim, aktivis Islam, dan dhuafa terdampak pandemi...

Rumah Yatim Piatu Santri Tahfizh Qur’an ini Doyong Terancam Ambruk. Ayo Bantu...!!

Rumah Yatim Piatu Santri Tahfizh Qur’an ini Doyong Terancam Ambruk. Ayo Bantu...!!

Debby Silvana dan Melani Silvana menjadi yatim saat sedang butuh belaian kasih orang tua. Kini mereka tinggal di rumah triplek yang reyot dan doyong terancam roboh. Ayo Bantu bedah rumah yatim.!!...

Dede Bayi Calon Mujahidah Islam Lahir dengan Operasi Cessar. Ayo Bantu.!!

Dede Bayi Calon Mujahidah Islam Lahir dengan Operasi Cessar. Ayo Bantu.!!

Ayo bantu dede bayi ini, kekurangan biaya persalinan cessar di Rumah Sakit Banjar sebesar 5 juta rupiah. Sang ayah adalah aktivis Islam, dikenal pendekar bela diri yang sedang terkendala ekonomi....

Masuk Islam Satu Keluarga, Rudy Chow Liung Kehilangan Pekerjaan. Ayo Bantu Khitan dan Modal Usaha.!!

Masuk Islam Satu Keluarga, Rudy Chow Liung Kehilangan Pekerjaan. Ayo Bantu Khitan dan Modal Usaha.!!

Hijrah memeluk Islam, Rudy Chow tinggalkan bisnis peralatan sembahyang Vihara. Ia jadi pengangguran dan ekonominya ambruk....

IDC Tunaikan Beasiswa Muallaf Maria di Universitas Brawijaya Malang

IDC Tunaikan Beasiswa Muallaf Maria di Universitas Brawijaya Malang

Alhamdulillah, kini Maria muallaf mahasiswi Universitas Brawijaya bisa bernafas lega. Yayasan IDC menyalurkan amanah dari para donatur, sebesar Rp 66.648.300 untuk membantu beasiswa pendidikan...

Latest News
Tentara Pemerintah Libya Rebut Lingkungan Al-Kayikh di Selatan Tripoli dari Pasukan Haftar

Tentara Pemerintah Libya Rebut Lingkungan Al-Kayikh di Selatan Tripoli dari Pasukan Haftar

Sabtu, 30 May 2020 19:30

Protes Pecah di Kota-kota Seluruh AS Menyusul Kematian Warga Kulit Hitam Oleh Opsir Kulit Putih

Protes Pecah di Kota-kota Seluruh AS Menyusul Kematian Warga Kulit Hitam Oleh Opsir Kulit Putih

Sabtu, 30 May 2020 19:05

Mengapa Muslimah Harus Berkarir?

Mengapa Muslimah Harus Berkarir?

Sabtu, 30 May 2020 19:00

Bupati Tangerang Gelar Simulasi Pembukaan Masjid Standar Protokol Kesehatan Covid-19

Bupati Tangerang Gelar Simulasi Pembukaan Masjid Standar Protokol Kesehatan Covid-19

Sabtu, 30 May 2020 18:46

Update 30 Mei 2020 Infografis Covid-19

Update 30 Mei 2020 Infografis Covid-19

Sabtu, 30 May 2020 17:42

New Normal, Wujud Kebijakan Coba-Coba

New Normal, Wujud Kebijakan Coba-Coba

Sabtu, 30 May 2020 12:13

Lindungi Warga DKI, Anies Pasang Badan

Lindungi Warga DKI, Anies Pasang Badan

Sabtu, 30 May 2020 09:02

Viral Soal Isu PKI Jelang 1 Juni

Viral Soal Isu PKI Jelang 1 Juni

Sabtu, 30 May 2020 01:59

Legislator Nilai Pelantikan PAW Dirut TVRI Langgar UU MD 3

Legislator Nilai Pelantikan PAW Dirut TVRI Langgar UU MD 3

Jum'at, 29 May 2020 23:42

PKS: Pansus BBM Perlu Segera Dibentuk

PKS: Pansus BBM Perlu Segera Dibentuk

Jum'at, 29 May 2020 22:58

Selain Rebahan, Inilah 3 Hal Positif untuk Mengisi Syawal

Selain Rebahan, Inilah 3 Hal Positif untuk Mengisi Syawal

Jum'at, 29 May 2020 22:00

Corona, antara Khayalan dan Kenyataan

Corona, antara Khayalan dan Kenyataan

Jum'at, 29 May 2020 21:45

Pasien Positif Corona di Jatim Jadi 4.409, Tambahan Terbanyak dari Surabaya

Pasien Positif Corona di Jatim Jadi 4.409, Tambahan Terbanyak dari Surabaya

Jum'at, 29 May 2020 21:36

PP Muhammadiyah Minta Pemerintah Jelaskan Secara Objektif dan Transparan Kebijakan New Normal

PP Muhammadiyah Minta Pemerintah Jelaskan Secara Objektif dan Transparan Kebijakan New Normal

Jum'at, 29 May 2020 21:24

Inilah 4 Tips Menjaga Spirit Ibadah Pasca Ramadhan

Inilah 4 Tips Menjaga Spirit Ibadah Pasca Ramadhan

Jum'at, 29 May 2020 21:20

Soal Pembukaan Sekolah, Fahira Idris: Selama Belum Aman Jangan Coba-coba

Soal Pembukaan Sekolah, Fahira Idris: Selama Belum Aman Jangan Coba-coba

Jum'at, 29 May 2020 21:03

Tuntaskan PSBB ataukah Ngebet New Normal?

Tuntaskan PSBB ataukah Ngebet New Normal?

Jum'at, 29 May 2020 20:21

Ketua DPR Libya Timur Bertemu Para Pemimpin Milisi Pemberontak, Kecualikan Khalifa Haftar

Ketua DPR Libya Timur Bertemu Para Pemimpin Milisi Pemberontak, Kecualikan Khalifa Haftar

Jum'at, 29 May 2020 18:30

Update 29 Mei 2020 Infografis Covid-19

Update 29 Mei 2020 Infografis Covid-19

Jum'at, 29 May 2020 16:23

Helmy Yahya Dipecat karena Liga Inggris Bukan Budaya Bangsa, Warganet: Playboy Budaya Bangsa?

Helmy Yahya Dipecat karena Liga Inggris Bukan Budaya Bangsa, Warganet: Playboy Budaya Bangsa?

Jum'at, 29 May 2020 16:10


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X

Jum'at, 29/05/2020 08:50

Siti Fadilah Supari