Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.678 views

Tokopedia dan Traveloka Garap Umrah, Biro Haji-Umrah PP Persis: Bisa Merusak Usaha Travel

BANDUNG (voa-islam.com)—Dua unicorn Tokopedia dan Traveloka direncanakan bakal menggarap bisnis umrah atau dikenal dengan Umrah Digital Enterprise. Rencana ini merupakan buah perjanjian kerjasama Indonesia dengan Arab Saudi.

Umrah digital adalah platform khusus yang dibangun dengan kerja sama antara Arab Saudi dengan startup nasional Indonesia pada 5 Juli lalu. Tujuannya untuk memberi pengalaman beribadah yang lebih efisien dari segi biaya maupun waktu bagi para calon jamaah melalui pemanfaatan teknologi digital dengan end-to-end solution.

Rencana ini pun menuai polemik. Sejumlah pihak menolak terkait rencana tersebut. Pihak yang menolak diantaranya PT Karya Imtaq perusahaan biro perjalanan haji dan umroh milik PP Persatuan Islam (Persis).

Direktur PT Karya Imtaq H. Andi Sugandi, menyampaikan rasa penolakannya jika pemerintah melibatkan perusahaan kapital dalam pengelolaan bisnis umrah.

 “Jika ada regulasi seperti itu, saya sangat tidak setuju, “ ujar Andi, seperti dikutip dari Persis.or.id,  Kamis (18/07/2019)

Pasalnya, pergi ke Mekkah tujuannya untuk menjalankan ibadah bukan jalan-jalan biasa seperti tour ke negara lain.

Ibadah umrah, diterangkan Andi, merupakan ibadah yang jelas sudah ada tuntunannya. Harus ada pendampingnya yang memang paham terkait permasalah ibadah umrah dari awal hingga akhir.

“Kalau ini dibiarkan nanti ibadahnya sekehendak sendiri-sendiri tidak mengacu kepada tuntunan Rasulullah SAW,” ungkapnya.

Andi berharap agar Pemerintah RI terlebih Mentri Agama harus turun tangan ikut mengatur. “Kalau di biarkan, saya kira akan merusak travel-travel yang sudah ada,” tegas Andi.

Ia melanjutkan, seharusnya pemerintah melindungi travel-travel yang sudah banyak. “Ini kedepan bakal hampir sama. Dulu sebelum Alfamart dan Indomart masuk ke pelosok-pelosok. Warung rakyat di setiap gang begitu hidup,” jelasnya.

“Sekarang, hampir semua warung di pelosok-pelosok pada mati. Bertambah banyak pengangguran,” tambahnya.

Hal demikian terjadi, salah satu faktor besarnya menurut Andi adalah diakibatkan dari regulasi pemerintah yang seolah membiarkan persaingan tidak fair di lapangan.

“Yang punya modal triliunan, disuruh bersaing dengan masyarakat kecil yang hanya bermodalkan ratusan ribu rupiah. Disinilah regulasi pemerintah diperlukan untuk melindungi travel-travel umat yang sudah berjalan,” pungkasnya. * [Syaf/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X