Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
9.881 views

MUI: Gerakan NII Az Zaitun Itu Jelas Bughat

Jakarta (voa-islam) - Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan ormas-ormas Islam tingkat pusat dalam rapat Forum Ukhuwah Islamiyah pada hari Rabu (11 Mei 2011) lalu di Kantor MUI, Jl. Proklamasi No. 51, Jakarta Pusat, merespon dan mengambil sikap soal ramainya Negara Islam Indonesia (NII) yang belakangan ini kembali menjadi buah bibir di masyarakat.

Dalam sebuah rapat yang dipimpin Ketua MUI KH. Ma’ruf Amin, MUI menyatakan tidak akan membuat Fatwa khusus terkait NII Az Zaitun atau NII KW IX. MUI hanya mengacu pada beberapa Keputusan Ijtima’ Ulama (2006) yang telah ditetapkan sebelumnya di Pondok Pesantren Gontor, yakni  tentang Peneguhan Bentuk dan Eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Selain itu, MUI juga mengacu pada Kesimpulan Tim Komisi Fatwa MUI tentang NII/Az-Zaitun tahun 2002, serta Fatwa MUI Nomor 3 tahun 2004 tentang Terorisme.

Seperti diketahui, dalam Keputusan Ijtima’ Ulama Komisi Fatwa MUI se-Indonesia II tentang Masail Asasiyah Wathaniyah (Masalah Strategis Kebangsaan) telah memutuskan beberapa ketetapan terkait peneguhan bentuk dan eksistensi NKRI, diantaranya: pendirian NKRI adalah upaya final bangsa Indonesia untuk mendirikan negara di wilayah ini.

Kemudian, wilayah NKRI dihuni oleh penduduk yang sebagian besar beragama Islam, wajib bagi umat Islam untuk memelihara keutuhan NKRI dan menjaga dari segala bentuk pengkhianatan terhadap kesepakatan dan upaya pemisahan diri (separatis) oleh siapapun dengan alasan apapun.

Keputusan Ijtima’ Ulama Komisi Fatwa MUI selanjutnya, dalam rangka menghindarkan adanya pengkhianatan dan/atau separatis, negara wajib melakukan upaya-upaya nyata untuk menciptakan rasa adil, aman dan sejahtera secara merata serta penyadaran terhadap elemen-elemen yang cenderung melakukan tindakan pengkhianatan (separatis).

Upaya pengkhianatan terhadap kesepakatan bangsa Indonesia dan pemisahan diri (separatis) dari NKRI yang sah, dalam pandangan Islam termasuk bughat. Sedangkan bughat adalah haram hukumnya dan wajib diperangi oleh Negara.

Setiap orang, kelompok masyarakat, lembaga-lembaga atau organisasi-organisasi yang melibatkan diri, baik secara terang-terangan maupun tersembunyi, dalam aktivitasnya yang mengarah pada tindakan pemisahan diri dari NKRI adalah termasuk bughat.

Adapun dasar penetapan peneguhan bentuk dan eksistensi NKRI, mengacu pada beberapa dalil Al Qur’an dan al hadits,  yakni QS. Al Hujurat ayat 9 dan ayat 13, QS. An Nisa : 59, QS Al Imran: 64, An Nahl:76.

NII KW IX = Separatis

MUI bersama Forum Ukhuwah Islamiyah yang meliputi berbagai ormas Islam menegaskan sikapnya terkait NII KW IX Az Zaitun sebagai berikut:

Bahwa Negara Kesatuan Repupblik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan UUD 45 dengan semangat Bhineka Tunggal Ika adalah merupakan hasil perjuangan umat Islam dan komponen bangsa lainnya.

Segala bentuk pemaksaan kehendak melalui gerakan atau tindakan oleh siapapun/kelompok, baik yang menamakan dirinya NII, komunisme, separatis (GAM, RMS, OPM dan lain-lain) atau paham dan ideology lainnya adalah merupakan perbuatan makar yang harus segera dicegah, ditindak dan diberantas. Karena setiap upaya pengkhianatan terhadap kesepakatan bangsa Indonesia dan pemisahan diri (separatism) dari NKRI yang sah, dalam pandangan Islam termasuk bughat. Sedangkan bughat adalah haram hukumnya dan wajib diperangi oleh negara.  

Forum Ukhuwah Islamiyah berpendapat, NII dan terorisme merupakan bagian dari gerakan radikalisme yang berpangkal dari pemahaman agama yang menyimpang dan sama sekali tidak sesuai dengan ajaran Islam. Oleh karena itu, mendesak kepada pemerintah agar lebih tegas memberlakukan penegakan hukum terhadap pelaku NII dan Terorisme.

Menghimbau kepada seluruh umat Islam agar tetap tenang, waspada, dan tidak terprovokasi oleh  gerakan atau faham/pemikiran yang menyimpang, tetap melakukan aktivitas keagamaan sebagaimana biasa, tidak terpancing oleh opini yang tidak didasari oleh fakta dan kebenaran, dan tidak melakukan tindakan yang berlebihan  yang dapat merugikan diri sendiri dan orang banyak.  ● Desastian

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X