Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.919 views

Keistimewaan Sepuluh Awal Dzulhijjah dan Amal-amal di Dalamnya

Oleh: Badrul Tamam

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam.  Shalawat dan salam atas Rasulillah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, keluarga dan para sahabatnya.

Hidup seorang muslim bernilai baik selama digunakan untuk ibadah kepada Allah dan beramal shalih. Sejak baligh sampai wafat akan tercatat kebaikan apabila Allah memberi taufik kepadanya untuk beramal shalih. Dengan ini, ia akan meraih keberuntungan di akhirat.

Siapa yang menjaga dunianya dengan mentaati Allah maka Allah menjaga akhiratnya. Amal yang telah dikerjakannya akan dilipatgandakan pahalanya. Di akhirat, ia mempeproleh balasan yang lebih baik dari apa yang telah dikerjakan. Sebaliknya, siapa menyia-nyiakan dunianya niscaya Allah akan hilangkan kebaikan di akhiratnya. Ia akan rugi dunia dan akhirat. Itulah kerugian yang paling nyata.

Hidup seorang muslim selalu bernilai baik. Kemudian Allah tambahkan kebaikan untuk mereka dengan mengistimewakan beberapa waktu yang penuh keutamaan. Tujuannya agar ia meningkatkan amal shalihnya sehingga meraih pahala berlipat ganda. Di antara hari-hari yang diistimewakan itu adalah sepuluh hari pertama Dzulhijjah.

Keistimewaan Sepuluh Hari Pertama Dzulhijjah

Sepuluh hari pertama Dzulhijjah adalah kumpulan hari penuh berkah. Di dalamnya terkumpul ibadah-ibadah besar dalam Islam; haji, umrah, puasa, shalat ied, sedekah, dan takbir; yang tidak ada di kumpulan hari selainnya. (Fath al-Baari, Al-Hafidz Ibnu Hajar al-‘Asyqalani:2/534)

Bukti hari-hari ini sebagai hari sangat mulia di sisi Allah adalah Allah bersumpah dengannya dalam Kitab-Nya.

وَالْفَجْرِ وَلَيَالٍ عَشْرٍ

Demi fajar, dan malam yang sepuluh.” (QS. Al-Fajr: 1-2)

Imam Al-Thabari dalam menafsirkan “Wa Layaalin ‘Asr” (Dan malam yang sepuluh), “Dia adalah malam-malam sepuluh Dzulhijjah berdasarkan kesepakatan hujjah dari ahli ta’wil (ahli tafsir).” (Jaami’ al Bayan fi Ta’wil al-Qur’an: 7/514)

Penafsiran ini dikuatkan oleh Ibnu Katsir, “Dan malam-malam yang sepuluh, maksudnya: Sepuluh Dzulhijjah sebagaimana yang disebutkan oleh Ibnu Abbas, Ibnu Zubair, Mujahid, dan lebih dari satu ulama salaf dan khalaf.” (Ibnu Katsir: 4/535)

Allah Subhanahu wa Ta'ala bersumpah dengan kumpulan hari ini karena kemuliaan dan keutamaannya. Allah Ta’ala bersumpah dengan menyebut makhluknya yang Dia kehendaki. Tidak bersumpah dengannya kecuali makhluk itu memiliki keistimewaan. Tentunya agar hamba-hamba Allah memperhatikannya.

Rasulullah Shallallaahu 'Alaihi Wasallam bersaksi bahwa hari-hari tersebut adalah seutama-utamanya hari-hari dunia.

أَفْضَلُ أَيَّامِ الدُّنْيَا أَيَّامِ الْعَشْرِ – يَعْنِيْ عَشْرَ ذِي الْحِجَّةِ

Hari-hari di dunia yang palung utama adalah hari-hari sepuluh -yakni sepuluh hari pertama dalam bulan Dzul Hijjah-,.” (HR. Al-Bazzar, Abu Ya’la dan Ibnu Hibban. Dishahihkan Syaikh Al-Albani di Shahihut Targhib wat Tarhib dan Al-Jami’ush Shahih)

Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu 'Anhu, Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الْأَيَّامِ يَعْنِي أَيَّامَ الْعَشْرِ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَلَا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ قَالَ وَلَا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ إِلَّا رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَيْءٍ

"Tidak ada satu amal shaleh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal shaleh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzul Hijjah)." Para sahabat bertanya: "Tidak pula jihad di jalan Allah?" Nabi shallallaahu 'alaihi wasallam menjawab: "Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun." (HR. Al-Bukhari, Abu Daud dan  Ibnu Majah)

Amal shalih dalam hadits ini berlaku umum bisa berupa shalat, puasa, kurban, haji, umrah, tilawah Al-Qur'an, dzikrullah, istighfar, silaturahim, dan selainnya.

Puasa, termasuk salah satu amal shaleh yang banyak diberi perhatian para ulama.Khususnya shiyam tanggal 9 Dzulhijjah yang dikenal dengan yaum ‘arafah.

Al-Imam al-Nawawi –rahimahullah­- menuliskan bab di Riyadhus Shalihin tentang kumpulan hari ini,

بَابٌ فَضْلُ الصَّومِ وَغَيْرِهِ فِي الْعَشْرِ الأَوَّلِ مِنْ ذِي الْحِجَّةِ

Bab: keutamaan puasa dan (amal-amal) selainnya di sepuluh hari pertama Dzulhijjah.” Kemudian beliau sebutkan hadits dari Ibnu Abbas di atas.

Dalam Sunan Abi Dawud dan selainnya, dari sebagian istri Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam menyampaikan bahwa Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam selalu berpuasa tangga 9 Dzulhijjah.

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ تِسْعَ ذِي الْحِجَّةِ

Adalah Rasulullah Shallallaahu 'Alaihi Wasallam biasa berpuasa pada tangga 9 Dzulhijjah.” (HR. Abu Dawud dan Al-Nasai. Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani)

Beliau Shallallahu 'Alaihi Wasallam pernah ditanya tentang puasa ‘Arafah ini,

صِيَامُ يَومِ عَرَفَةَ اَحْتَسِبُ عَلَى اللهِ أَنْ يُّكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ وَالَّتِي بَعْدَهُ

“Puasa hari ‘Arafah, aku berharap kepada Allah, menghapuskan dosa setahun yang telah lalu dan setahun sesudahnya.” (HR. Muslim)

Bagi setiap muslim agar menjaga puasa ‘Arafah ini. Lebih utama lagi ia tambahkan dengan berpuasa beberapa sebelumnya dari sepuluh hari ini. Atau berpuasa penuh dari tanggal 1 sampai tanggal 9 Dzulhijjah. Karena mengisi puasa di hari-hari ini, kata Imam al-Nawawi,

صِيَامُهَا مُسْتَحَبٌّ اِسْتِحْبَاباً شَدِيدًا

Berpuasa padanya sangat-sangat disunnahkan.

Bagi orang yang sudah berniat untuk berqurban, sejak masuk tanggal 1 Dzulhijjah, janganlah ia memotong kuku dan mencukur rambutnya sehingga disembelih hewan kurbannya. Larangan  ini bersifat makruh, tidak haram. Ini berdasarkan hadits riwayat Muslim,

إِذَا رَأَيْتُمْ هِلَالَ ذِي الْحِجَّةِ وَأَرَادَ أَحَدُكُمْ أَنْ يُضَحِّيَ فَلْيُمْسِكْ عَنْ شَعْرِهِ وَأَظْفَارِه

“Apabila kalian melihat hilal Dzilhijjah dan salah seorang kalian ingin berkurban, maka hendaknya dia menahan rambut dan kuku-kukunya (yakni tidak memotongnya,- red).” Wallahu A’lam. [PurWD/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Ibadah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Perut Membesar Sakit Usus dan Sulit BAB, Ulwan Ghazi Harus Dioperasi. Ayo Bantu.!!

Perut Membesar Sakit Usus dan Sulit BAB, Ulwan Ghazi Harus Dioperasi. Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan kelainan usus, Ulwan harus menghabiskan masa kanak-kanak dengan rintih tangis hingga 4 tahun. Butuh biaya operasi, sang ibu hanya penjual kerupuk....

Hidup Sebatang Kara, Nenek Mailah Tinggal di Kandang Domba. Ayo Bantu.!!

Hidup Sebatang Kara, Nenek Mailah Tinggal di Kandang Domba. Ayo Bantu.!!

Di usia 63 tahun saat tubuhnya renta sakit-sakitan, ia hidup sebatang kara. Memasuki musim hujan, rumahnya porak-poranda diterjang puting beliung. Ia terpaksa tinggal di kandang Domba tetangganya....

Terbentur Dana, Santri Hafiz Qur'an Terancam Batal Kuliah ke Luar Negeri. Ayo Bantu.!!

Terbentur Dana, Santri Hafiz Qur'an Terancam Batal Kuliah ke Luar Negeri. Ayo Bantu.!!

Hilmi Priyatama, santri juara penghafal Qur'an 30 juz ini lulus beasiswa di Universitas Internasional Afrika Sudan. Namun ia terancam batal berangkat karena terkendala biaya transport, pemberkasan...

Mushalla Annur Garut Sudah Rampung 60 Persen, Masih Dibutuhkan Dana 20 Juta Lagi, Ayo Bantu.!!

Mushalla Annur Garut Sudah Rampung 60 Persen, Masih Dibutuhkan Dana 20 Juta Lagi, Ayo Bantu.!!

Pembangunan mushalla sudah rampung 60 persen dari pondasi hingga kubah. Masih kekurangan dana 20 juta rupiah untuk finishing agar berfungsi sebagai pusat ibadah, pembinaan aqidah, markas dakwah...

Korsleting Listrik, Pesantren Nurul Hidayah Banten Ludes Terbakar, Ayo Bantu.!!!

Korsleting Listrik, Pesantren Nurul Hidayah Banten Ludes Terbakar, Ayo Bantu.!!!

Musibah kebakaran menghanguskan kamar santri, mushaf Al-Qur'an, kitab kuning, pakaian, alat tulis dsb. Diperlukan dana 25 juta rupiah untuk membangun asrama santri berupa rumah panggung dari...

Latest News

Gamis Syari Cantik Murah Terbaru

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X

Sabtu, 07/12/2019 10:54

Hendro FPI Ono