Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
10.801 views

Tanya Jawab Seputar Ramadhan (1)

Apa kata Allah dan RasulNya tentang fadhilah Ramadhan?

Ramadhan disebut satu kali dalam ayat AlQur’an. Ayat itu pun sekaligus menyebutkan keutamaannya. Yaitu sebagai bulan turunnya AlQur’an. FirmanNya: “Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) AlQur’an.” (QS.2:185)

Adapun Rasulullah saw menyebutkan fadhilah bulan Ramadhan dalam banyak sabdanya. Beberapa di antaranya:

“Seandainya manusia tahu apa yang terdapat di bulan Ramadhan, niscaya mereka akan mengangankan agar Ramadhan itu lamanya setahun.” (HR.Ath Thabrani, Ibnu Huzaimah, Al Baihaqi)

Abdullah bin Ash-Shamit meriwayatkan, bahwa ketika bulan Ramadhan datang, Rasulullah saw bersabda: “Ramadhan, bulan penuh berakah telah datang kepadamu. Pada bulan itu Allah melimpahkan (karuniaNya) kepadamu. Dia menurunkan rahmat, menghapuskan kesalahan-kesalahan dan mengabulkan doa. Allah akan melihat perlombaan kalian di bulan itu dan akan membanggakan kalian di hadapan para malaikat. Mak atampilkanlah dari diri kamu yang baik-baik. Karena orang yang malang adalah orang yang tidak mendapatkan rahmat Allah pada bulan itu.” (HR. Athhabrani)

Sabdanya pula: “Barangsiapa melaksanakan shaum Ramadhan dengan dasar iman dan penuh perhitungan (mengharap ridha Allah SWT) akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR.Ahmad)

Di samping itu, masih banyak lagi hadits Rasulullah saw yang berkenaan dengan hal di atas.


Apa dalil wajibnya shaum Ramadhan?

Shaum Ramadhan wajib berdasarkan AlQur’an, as sunnah, dan ijma’. Firman Allah SWT: “Maka b arangsiapa yang memasuki bulan (Ramadhan) itu, hendaknya ia berpuasa pada bulan itu.” (QS.2:185)

Sabda Rasulullah saw: “Islam dibangun di atas lima hal: syahadat bahwa tiada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad itu uusan Allah; mendirikan shalat; menunaikan zakat; puasa Ramadhan; dan haji ke Baitullah.”

Thalhah bin ‘Ubaidillah meriwayatkan bahwa seorang laki-laki datang kepada Rasulullah saw dan bertanya: “Ya Rasulullah, ajarkanlah kepadaku tentangshaum yang Allah wajibkan kepadaku!” Rasulullah saw menjawab, “Bulan Ramadhan.” Ia berkata lagi, “Adakah kewajiban (shaum) lainnya atasku?” Jawab Rasulullah “Tidak. Kecuali jika engkau melanksanakan yang sunnah.”

Dan umat Islam telah ijma’ (sepakat secara aklamasi) atas wajibnya shaum Ramadhan, bahwa ia termasuk rukun Islam, serta bahwa yang mengingkari hukumnya tergolong murtad dari Islam.


Bagaimana hukum meninggalkan shaum Ramadhan?

Apabila seorang muslim meninggalkan puasa Ramadhan tanpa udzur syar'ie maka dia wajib bertaubat kepada Allah dan memohon ampun kepadaNya,karena itu termasuk dosa dan kejahatan yang besar, serta wajib mengqodlo' puasa yang dia tinggalkan. kewajiban mengqodlo' hendaklah dilakukan segera tanpa menunda-nunda. Adapun hadits yang diriwayatkan Imam Ibnu Majah dan Tirmidzi yang bunyinya:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rasulullah saw bersabda: “Barangsiapa berbuka (tidak berpuasa) barang satu hari pada bulan Ramadhan tanpa ‘rukhshah’ (dispensasi) yang Allah berikan kepadanya, maka tidak akan tertebus (dosanya) dengan puasa sepanjang masa yang ia lakukan.” (HR.Ibnu Majah dan At Turmudzi).

Menurut ulama hadits ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari dengan sanad yang mu'allaq ( terputus semua sanadnya ) , dan diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah dalam Shahihnya, Tirmidzi, Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Imam Nasa'ie dalam Sunan Kubra, dan Imam Baihaqi dari jalannya Abu Muthawwis dari ayahnya, dari Abu Hurairah. Dan Abu Muthawwis perawi yang tidak dikenal, sebagaimana dikatakan Ibnu Hajar dalam Fathul Bari, jadi kesimpulannya hadits ini lemah.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Ibadah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X