Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.040 views

Muharram, Momentum Hijrah Kaffah Bersama Kajian Annisa Yogya

Oleh: Dini Prananingrum

Ahad 9 September 2018 Kajian Annnisa kembali hadir setiap bulannya membersamai  muslimah Yogyakarta untuk mendalami Islam dan merekatkan ukhuwah. “Muharram Momentum Hijrah Kaaffah” menjadi tema yang diangkat September ini. Dibuka dengan penuh semangat oleh Host Ustazah Annisa Widayati menghangatkan suasana serambi Masjid Gedhe Kauman yang dipenuhi kurang lebih 200 muslimah kota Yogyakarta.

Dalam menyambut bulan Muharram, tidak selayaknya kaum Muslim hanya menjadikannya sebagai rutinitas seremonial belaka, melainkan harus dijadikan momentum untuk berhijrah secara kaffah. Maka bercermin dari hijrahnya Rasulullah SAW dan para sahabat sudah sepantasnya dilakukan oleh kaum Muslim kini. Papar Ustazah Reni Dwi Astuti, MT membuka materi.

Rasul berdakwah di Madinah selama 13 tahun, kemudian turunlah perintah hijrah dari Makkah menuju Madinah. Peristiwa ini dijadikan tolok ukur penanggalan hijriyah yang ditetapkan pada masa khalifah Umar bin Khattab ra. Hingga kini umat Islam seluruh dunia menggunakan kalender hijriyah dalam menentukan tanggal atau bulan yang berkaitan dengan ibadah, atau hari-hari penting lainnya. Ungkap Ustazah Reni.  

Berpindahnya Rasulullah SAW dan para sahabatnya dari Makkah menuju Madinah adalah berpindahnya dari masyarakat jahiliyah menuju masyarakat Islam. Rasulullah berhijrah ke Madinah bukan karena kegagalan, pengusiran atau takut penganiayaan, tetapi merupakan perintah Allah subhanahu wa ta’ala. Tegas Ustazah Reni.

Maka ketika seorang hijrah dari keburukan menuju kebaikan, tidak lain adalah merupakan perintah Allah subhanahu wa ta’ala, sebagaimana tersurat dalam Qur’an Surat Al Anfal 74 : “Dan orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad pada jalan Allah, dan orang-orang yang memberi tempat kediaman dan memberi pertolongan (kepada orang-orang muhajirin), mereka itulah orang-orang yang benar-benar beriman. Mereka memperoleh ampunan dan rezki (ni'mat) yang mulia”.

Selanjutnya Ustazah Reni menjelaskan makna Hijrah berdasarkan pendapat jumhur ulama, yaitu pertama, menurut al-Jurjani : hijrah adalah pindah dari daarul kufur kepada daarul Islam, kedua Ibnu Hazm: hijrah adalah taubat meninggalkan segala dosa-dosa, ketiga Ibnu Rajab al-Hanbali: hijrah adalah meninggalkan dan menjauhi keburukan untuk mencari, mencintai dan mendapatkan kebaikan.

Namun dalam kondisi saat ini kaum Muslimin belum ada perintah untuk hijrah secara fisik, dari satu tempat ke tempat yang lain (masyarakat Islam). Kewajiban hijrah untuk kaum Muslim saat ini adalah hijrah secara maknawi. Sambung Ustazah Reni.

Kemudian Ustazah Reni memaparkan Hijrah secara maknawi yaitu  :

  1. Hijrah i’tiqadiyah (hijrah keyakinan), dari keyakinan yang keliru menuju keyakinan yang benar. Beliau mencontohkan, seorang muslimah yang sudah menutup aurat dengan sempurna tapi ternyata masih menyakini ada yang lebih hebat dari sang pemberi rizki Allah subhanahu wa ta’ala, dengan ikutan ‘merogoh-rogoh’ patung budha di Candi Borobudur demi mengharapkan keberuntungan. Ini berarti keyakinannya sudah rusak atau keliru.

 

  1. Hijrah fikriyah, dari pemikiran yang kufur (tidak islami) menuju pemikiran yang islami. Jangan sampai sudah bolak-balik berhaji namun ternyata masih sekuler (memisahkan agama dari kehidupan) dengan mengambil riba. Ataupun terjangkit pluralisme (paham yang mengajarkan semua agama sama, setiap pemeluk agama tidak boleh mengklaim bahwa hanya agamanya saja yang benar sedangkan agama yang lain salah). Dua paham ini adalah pemikiran fasad yang harus ditinggalkan, hijrahlah mengambil Islam sebagai pemikiran yang benar. Jelas Ustazah Reni.

 

  1. Hijrah Sulukiyah , yaitu dari perilaku maksiat menuju perilaku taat. Meninggalkan muamalah ribawi, budaya suap-menyuap, korupsi, menipu, berbisnis barang yang haram semisal minuman keras, membuka aurat, berbuat zalim terhadap sesama Muslim, mempersekusi dakwah, dll. Beralih pada perilaku islami. Giat beribadah, mencari rezeki yang halal, menutup aurat, beramar makruf nahi mungkar, dsb. Ini adalah perkara yang wajib dilakukan bagi setiap muslim, pesan Ustazah Reni.

 

Menyambung hal tersebut, Ustazah Reni mengingatkan para muslimah yang hadir untuk bersegera meninggalkan segala keburukan dan hijrah pada kebaikan secara totalitas. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman :“Bersegeralah kalian menuju ampunan Tuhan kalian dan surga seluas langit dan bumi yang disiapkan bagi orang-orang yang bertakwa.“ (TQS Ali Imran [3]: 133).

Beliau juga memberikan beberapa tips agar tetap istiqomah dalam berhijrah kaffah, yaitu pertama dan utama jangan pernah berhenti ‘ngaji’, menuntut ilmu Islam sebanyak-banyaknya dan senantiasa meluruskan niat hijrah karena Allah. Kedua, amalkan ilmu yang sudah didapat. Ketiga, hijrah ke tempat yang baru, karena lingkungan sangat mewarnai kebiasaan perilaku dan pola berpikir kita. Maka agar perilaku kita baik dan sesuai dengan Islam, carilah lingkungan yang mendukung hal itu. Keempat, bergabung dalam komunitas taat, karena berkumpul dengan orang-orang sholih akan senantiasa mengingatkan pada kebaikan dan taat pada syariat Allah.

Maka sudahkah kita berniat untuk hijrah dengan menerapkan Islam kaffah dalam setiap sendi kehidupan kita? Memperjuangkan tempat untuk hijrah sebagaimana hijrahnya Rasulullah? Berhijrah dari segala kemaksiatan yang dilarang Allah? Tanya Ustazah Reni mengakhiri materi kajian.

Di penghujung acara, Host Ustazah Annisa Widayati yang merupakan mantan penyiar TV nasional yang kini telah hijrah menjadi ‘Motivator Hijrah Ideologis’, menyemangati para jama’ah untuk mengikuti home coaching (kajian rumahan) sepekan sekali. Untuk menjaga para muslimah agar tetap taat dan istiqamah berhijrah kaffah.

Wallahua’lam Bishowab

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Recent Event lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Daerah Rawan Pemurtadan Garut ini Kesulitan Air. Ayo Wakaf Mata Air.!!

Daerah Rawan Pemurtadan Garut ini Kesulitan Air. Ayo Wakaf Mata Air.!!

Selain jadi target pemurtadan misionaris, warga kesulitan air bersih untuk wudhu, mandi, minum, memasak, dll. Diperlukan dana 11 juta rupiah untuk pipanisasi penghubung sumber mata air ke masjid,...

Pembangunan Terhenti, Mushalla di Pelosok Sambong ini Terbengkalai. Ayo Bantu.!!

Pembangunan Terhenti, Mushalla di Pelosok Sambong ini Terbengkalai. Ayo Bantu.!!

Kondisi Mushalla Khoirussalam Sambong ini semrawut karena pembangunan berhenti terkendala dana. Dibutuhkan dana 15 juta rupiah untuk menuntaskan mushalla hingga layak dan nyaman. ...

Ingin Jadi Guru dan Penghafal Al-Qur’an, Yatim Nurlia  Butuh Biaya Sekolah, Ayo Bantu!!

Ingin Jadi Guru dan Penghafal Al-Qur’an, Yatim Nurlia Butuh Biaya Sekolah, Ayo Bantu!!

Yatim berprestasi ini putus sekolah. Impian pendidikan pesantren untuk mewujudkan cita-cita menjadi penghafal Al-Qur’an dan guru agama Islam terkubur oleh kendala biaya....

Kisah Pilu Mbah Siti, Sang Ahli Ibadah Hidup di Bilik Reyot Bantaran Sungai. Ayo Bantu.!!

Kisah Pilu Mbah Siti, Sang Ahli Ibadah Hidup di Bilik Reyot Bantaran Sungai. Ayo Bantu.!!

Nenek renta ahli ibadah ini hidup seorang diri di bilik reyot Bengawan Solo. Bila hujan seisi rumah kebocoran air. Di malam hari, ia menggigil kedinginan diserang angin malam karena dindingnya...

Hidup Sebatang Kara, Muallaf  Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hidup Sebatang Kara, Muallaf Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hijrah menjadi Muslimah, mantan Kristen Pantekosta ini ditimpa banyak ujian mulai dari keluarga hingga kerasnya pekerjaan. Hidup sebatang kara, ia bekerja keras sebagai buruh pembuat batu bata. ...

Latest News
Pesan Syekh Ali Jaber yang Sangat Diingat Presiden PKS Ahmad Syaikhu

Pesan Syekh Ali Jaber yang Sangat Diingat Presiden PKS Ahmad Syaikhu

Sabtu, 16 Jan 2021 23:17

Penyusup Taliban Tewaskan 12 Milisi Pro-Pemerintah Afghanistan di Distrik Ghorian Herat

Penyusup Taliban Tewaskan 12 Milisi Pro-Pemerintah Afghanistan di Distrik Ghorian Herat

Sabtu, 16 Jan 2021 21:25

Pembalap Israel 'Diam-diam' Berpartisipasi Dalam Reli Dakar Yang Diselenggarakan Arab Saudi

Pembalap Israel 'Diam-diam' Berpartisipasi Dalam Reli Dakar Yang Diselenggarakan Arab Saudi

Sabtu, 16 Jan 2021 21:05

Pria Keturunan Libanon Jadi Pelatih Muslim Pertama Dalam Sejarah Sepak Bola Amerika NFL

Pria Keturunan Libanon Jadi Pelatih Muslim Pertama Dalam Sejarah Sepak Bola Amerika NFL

Sabtu, 16 Jan 2021 20:13

Whatsapp Tunda Perubahan Pembagian Data Setelah Banyak Pengguna Berpindah Ke Aplikasi Lain

Whatsapp Tunda Perubahan Pembagian Data Setelah Banyak Pengguna Berpindah Ke Aplikasi Lain

Sabtu, 16 Jan 2021 16:41

Syekh Ali Jaber Wafat, Menag: Saya Berduka, Jasa Almarhum Besar dalam Dakwah

Syekh Ali Jaber Wafat, Menag: Saya Berduka, Jasa Almarhum Besar dalam Dakwah

Sabtu, 16 Jan 2021 11:59

MUI Sampaikan Keberatan Kremasi Jenazah Muslim Covid-19 Sri Lanka

MUI Sampaikan Keberatan Kremasi Jenazah Muslim Covid-19 Sri Lanka

Sabtu, 16 Jan 2021 11:19

Semasa Muda, Syekh Ali Jaber Sempat Bela Klub Sepakbola Terkenal di NTB

Semasa Muda, Syekh Ali Jaber Sempat Bela Klub Sepakbola Terkenal di NTB

Sabtu, 16 Jan 2021 07:51

Pak Taufan Damanik, Komnas HAM Itu Bukan Organisasi Selebriti

Pak Taufan Damanik, Komnas HAM Itu Bukan Organisasi Selebriti

Sabtu, 16 Jan 2021 07:37

Pesan Syeikh Ali Jaber kepada Putranya: Jaga Shalat dan Ibu!

Pesan Syeikh Ali Jaber kepada Putranya: Jaga Shalat dan Ibu!

Sabtu, 16 Jan 2021 06:27

PP Muhammadiyah Sampaikan Duka Wafatnya Syekh Ali Jaber

PP Muhammadiyah Sampaikan Duka Wafatnya Syekh Ali Jaber

Sabtu, 16 Jan 2021 02:14

Memilih Pemimpin

Memilih Pemimpin

Jum'at, 15 Jan 2021 21:15

Pemerintah Yaman Sebut Serangan Mematikan Di Bandara Aden Dilakukan Kelompok Teroris Syi'ah Houtsi

Pemerintah Yaman Sebut Serangan Mematikan Di Bandara Aden Dilakukan Kelompok Teroris Syi'ah Houtsi

Jum'at, 15 Jan 2021 19:45

Cina Kemungkinan Lakukan Genosida Terhadap Umat Muslim di Xinjiang

Cina Kemungkinan Lakukan Genosida Terhadap Umat Muslim di Xinjiang

Jum'at, 15 Jan 2021 16:56

Doa Kapten Persib Bandung untuk Syekh Ali Jaber

Doa Kapten Persib Bandung untuk Syekh Ali Jaber

Jum'at, 15 Jan 2021 12:59

Meksiko Berencana Buka 200 Bioskop di Saudi

Meksiko Berencana Buka 200 Bioskop di Saudi

Jum'at, 15 Jan 2021 11:35

Legislator MInta Pemerintah Cabut Ancaman Denda bagi yang Tidak Mau Divaksin

Legislator MInta Pemerintah Cabut Ancaman Denda bagi yang Tidak Mau Divaksin

Jum'at, 15 Jan 2021 11:10

Cegah Penyelewengan, DPR dan BPK Perlu Koordinasi Awasi APBN untuk Penanganan Covid-19

Cegah Penyelewengan, DPR dan BPK Perlu Koordinasi Awasi APBN untuk Penanganan Covid-19

Jum'at, 15 Jan 2021 10:59

MUI Imbau Umat Islam Shalat Gaib untuk Syekh Ali Jaber

MUI Imbau Umat Islam Shalat Gaib untuk Syekh Ali Jaber

Jum'at, 15 Jan 2021 10:47

WhatsApp: Percakapan Tetap Dilindungi Enkripsi

WhatsApp: Percakapan Tetap Dilindungi Enkripsi

Jum'at, 15 Jan 2021 00:16


MUI

Must Read!
X