Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
12.139 views

Jangan Lalaikan Sya'ban, Persiapkan Diri Jelang Ramadhan

 

Oleh : Emil Apriani, S.Kom

Saat ini sudah memasuki pertengahan bulan Sya'ban 1444 Hijriyah, maka kurang dari satu bulan lagi akan memasuki bulan suci Ramadhan. Bulan Sya'ban merupakan salah satu bulan yang memiliki keistimewaan, posisinya berada diantara dua bulan mulia yakni Rajab dan Ramadhan. Namun, Rasulullah SAW mengingatkan bahwa bulan Sya’ban ini sebagai bulan yang banyak dilalaikan oleh kaum muslimin. Dikarenakan letaknya berada di antara dua bulan yang sering mendapat perhatian khusus. 

Dalam hadis riwayat Abu Dawud dan Nasa’i, Rasulullah Muhammad Shalallahu alaihi wasallam bersabda,

“Ini (bulan Sya'ban) adalah bulan yang dilalaikan oleh kebanyakan manusia, yaitu antara bulan Rajab dan Ramadhan. Di bulan inilah amal perbuatan manusia diangkat kepada Rabb semesta alam. Karena itu aku ingin saat amalku diangkat kepada Allah, aku sedang berpuasa.” (HR. An Nasa’i dinyatakan hasan oleh Al Albani; dishahihkan oleh Ibnu Huzaimah).

Bulan Sya'ban memungkinkan kita terlalaikan dan terlupakan akan keberkahan yang dibawanya. Bulan Rajab diperhatikan dan dimuliakan, karena merupakan salah satu dari empat bulan haram. Di bulan ini pun terdapat momentum Isra Mi'raj, di mana kaum muslimin diingatkan kembali dengan peristiwa perjalanan spiritual Rasulullah Muhammad SAW. Begitu pun dengan bulan Ramadhan yang juga sangat dimuliakan dan dinantikan oleh kaum muslimin karena didalamnya terdapat kewajiban berpuasa dan peristiwa turunnya Al-Qur’an serta berbagai keutamaan lainnya.

Padahal di bulan Sya’ban ini terdapat pula keistimewaan, di mana amal ibadah kita selama setahun diangkat pada bulan Sya'ban. Kita dapat mengisi bulan Sya'ban dengan memperbanyak amalan sunah yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Seperti melaksanakan puasa sunah. Bahkan, Rasulullah sebagai seorang hamba berharap pada saat melaksanakan puasa itulah, amal ibadahnya diangkat menghadap Allah Subhanahu Wata'ala.

Sebagaimana disampaikan dalam hadist riwayat Imam Bukhari dan Muslim dari Sayyidah Aisyah Radhiyallahu anhuma. Dalam riwayat tersebut, Aisyah mengatakan tidak pernah menjumpai Rasulullah tidak pernah berpuasa (sunah) lebih banyak selain di bulan Sya’ban.

Selain memperbanyak puasa sunah di bulan Sya'ban, kita pun bisa melakukan amalan sunah lainnya seperti mempebanyak membaca Al-Qur'an, berdo’a, berdzikir, bershalawat, menggiatkan sholat sunah serta memperbanyak ibadah dan amal sholih lainnya. 

Abu Bakr Al-Balkhi rahimahullah mengatakan:

“Perumpamaan bulan Rajab adalah seperti angin, bulan Sya’ban seperti awan yang membawa hujan dan bulan Ramadhan seperti hujan. Barang siapa yang tidak menanam di bulan Rajab dan tidak menyiraminya di bulan Sya’ban bagaimana mungkin dia memanen hasilnya di bulan Ramadhan.” 

Bagaikan bertanam, maka bulan Rajab adalah bulan saat benih tanaman disemaikan. Dan disirami serta dirawatnya pada bulan Sya'ban. Maka di bulan Ramadhan adalah waktunya memanem hasil dari tanaman tersebut.

Maka bagi umat muslim yang memahami hal ini, hadirnya bulan Sya’ban sejatinya dijadikan sebagai momentum untuk mulai mempersiapkan diri menjelang datangnya bulan Ramadhan yang mulia. Meningkatkan kualitas keimanan, memperbanyak amal sholih dan ketaatan dalam melakukan aktivitas-aktivitas yang dibenarkan oleh syariat, yang mendatangkan ridho Allah. Bukan aktivitas yang justru tidak dibenarkan syari'at dan mendatangkan murka Allah.

Semoga kita tidak termasuk orang-orang yang lalai dalam melewati bulan Sya’ban yang mulia ini dan siap menjemput bulan Ramadhan dengan amalan terbaik dan ketaatan kepada-Nya agar memperoleh ketakwaan hakiki. Aamiin. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Rabu, 22/05/2024 17:21

Racun-racun Perusak Ukhuwah