Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.655 views

Menguji Peran Madrasatul Ula di Musim Pandemi

 

INDONESIA kini tengah menghadapi dua musim. Selain musim hujan, rakyat Indonesia disapa oleh musim pandemi. SARS-CoV2 namanya. Muncul akhir tahun lalu. Walau berasal dari negeri seberang, namun karena penularannya begitu cepat ia berhasil masuk ke Indonesia pada 2 Maret 2020. Bahkan ia menggegerkan penduduk dunia. Sehingga status endemi pun naik level jadi pandemi.

Hal ini membuat beberapa pejabat publik mengeluarkan kebijakan. Social distancing diberlakukan. Beberapa kepala daerah berinisiatif memberlakukan lockdown di wilayah masing-masing, karena pemerintah pusat nampaknya maju mundur untuk mengambil langkah lockdown.  

Bidang pendidikan pun ikut terimbas efek social distancing. Sekolah-sekolah dan perguruan tinggi diliburkan. Kendati demikian siswa tetap diberi tugas untuk belajar di rumah. Siapa yang mengampu? Tentu saja guru dan pendampingnya adalah orang tua.

 

“Kerempongan” Emak

Belakangan ini banyak orang tua yang berkeluh kesah. Mereka merasa ‘rempong’ dengan seabrek tugas yang dibebankan pada buah hatinya. Itu sama artinya orang tua – terutama ibu- juga harus mendampingi untuk menyelesaikan seabrek tugas tersebut.

Hal ini bisa dimaklumi karena mendampingi ananda dalam belajar nampaknya belum menjadi pekerjaan rutin para ibu. Kaum ibu lebih mempercayakan proses belajar keseharian buah hatinya (selain di sekolah) pada lembaga bimbingan belajar ataupun les privat.

Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama, kurangnya kompetensi ibu. Pengetahuan ibu dalam memahami mata pelajaran yang diberikan kepada ananda tidaklah sama. Tingkat pendidikan sangat menentukan hal ini. Mahalnya biaya pendidikan, membuat kaum wanita terpaksa memilih hengkang dari bangku pendidikan. Jangankan mengantongi ijazah S1 untuk meraih ijazah SMA pun banyak yang merasa sulit.

Kedua, fokus yang teralihkan. Berada dalam kondisi terus meroketnya biaya hidup, memaksa para ibu untuk turut menjadi pahlawan bagi ekonomi keluarga. Terlebih dengan adanya mantra kesetaraan gender. Mantra keseteraan gender membius kaum ibu. Kaum ibu berkarir merasa memiliki nilai lebih dari para ibu rumahan. Akhirnya banyak di antara kaum perempuan yang lebih fokus pada karirnya. Survei yang dilakukan oleh Grant Thornton menunjukkan bertambahnya posisi senior pada perusahaan di dunia yang diisi oleh perempuan. Indonesia menjadi negara nomor wahid yang memberikan posisi tinggi di perusahaan kepada perempuan, yaitu 45 persen. (cnnIndonesia. 8/3/2016)

 

 

Jejak Sholihah

Seorang ibu pastilah bercita-cita buah hatinya menjadi orang yang bermanfaat bagi ummat. Pastilah di setiap ia merangkaikan jemarinya memohon kebaikan bagi sang buah hati. Namun nampaknya ibu masa kini harus belajar dari wanita-wanita hebat yang telah berhasil mendidik dan menanamkan cita-cita mulia pada buah hatinya. Wanita mulia yang menjalankan peran dengan sebaik-baiknya. Wanita mulia yang sadar bahwa buah hatinya adalah titipan Ilahi yang harus ia dididik dengan baik. Siapakah mereka? Tiga orang ibu hebat di bawah semoga bisa menginspirasi kita.

  1. Fathimah binti Ubaidillah Azdiyah namanya. Meskipun berstatus sebagai single parent, namun upaya beliau dalam mendidik putranya patut diacungi jempol. Selain menjaga putranya dari hal-hal yang berbau syubhat, beliau juga mengajarkan ilmu kepada putranya. Dan kini kita mengenal putra beliau sebagai ulama besar yang ilmunya bermanfaat bagi ummat. Dialah penulis kitab Al Umm, Imam Syafi’i rahimahullaahu ta’ala.
  2. Ratu Valide Yumahatun. Ibu yang melahirkan penakluk Konstantinopel. Setiap ba’da subuh beliau membawa Al Fatih kecil melihat Konstantinopel dari luar istananya. Menanamkan pada sang buah hati keyakinan bahwa dirinya adalah penakluk kota yang dikabarkan Nabi sholallahu ‘alayhi wa salam.
  3. Ibunda “dokter hadits”. Dalam buku Ibunda Tokoh-tokoh Teladan karya Jumuah Saad disebutkan, bagaimana kegigihan seorang ibu. Setelah Allah Ta’ala mengembalikan penglihatan Imam Bukhari, Ibundanya berupaya keras mengajarkan putranya untuk mengelilingi negeri-negeri Islam. Hal ini dilakukan untuk mencari hadits-hadits nabi dengan hafalan yang kuat. Karena kegigihannya, kita bisa mengetahui hadits shohih maupun dhoif.

Masih banyak wanita-wanita hebat yang dari rahimnya lahir tokoh-tokoh besar. Selain keimanan dan ketaqwaan mereka didukung dengan naungan sistem Islam yang rahmatan lil ‘alamin. Sehingga para ibu tidak teralihkan perannya dalam mendidik putra putrinya karena ada jaminan kesejahteraan dari negara.*

Depy SW

Ibu rumah tangga tinggal di Semarang, Jawa Tengah

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X