Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.691 views

Linta atau Penjajahan Budaya?

Oleh: M Rizal Fadillah (Pemerhati Politik)

Fadjroel Rachman juru bicara Presiden menyatakan bahwa menurut Konstitusi semua warga negara suku apapun bisa menjadi Presiden, termasuk Tionghoa. Diucapkan saat menghadiri perayaan Cap Go Meh di Padang Sumatera Barat kemarin.

Terhadap hal ini tanpa diungkapkan pun sebenarnya aturan memang mengatur demikian. Apalagi menggemborkan istilah pribumi yang sudah tak ada. Masalahnya adalah justru kekhawatiran keturunan China semakin dominan setelah sebelumnya di bidang ekonomi dan kini politik.

Amandemen UUD 1945 khususnya Pasal 6 yang mengubah status "orang Indonesia asli" adalah penyebab kekhawatiran. Di saat kehidupan bermasyarakat dibangun dengan budaya pragmatis dan transaksional maka dominasi ekonomi keturunan China menjadi telah masuk ke dalam fase "rawan politik".

Persoalannya bukan soal hak yang sama bagi semua warga negara akan tetapi praktek politik dominasi yang akan atau sedang terjadi. Fadjroel sembrono memahami ini.

Dari ekonomi menuju politik jembatannya adalah budaya. Budaya adalah bahasa komunikasi publik yang menjadi indikator tingkat penerimaan. Oleh karenanya bagi antisipasi terhadap peran dominan maka yang perlu ditingkatlan adalah kewaspadaan ekonomi, politik dan budaya itu sendiri. Cap Go Meh bisa menjadi pintu budaya.

Setelah Presiden Gus Dur dahulu membuka pintu lebar, maka budaya China bereskalasi. Kini dimana mana diadakan perayaan tahun baru imlek Cap Go Meh. Uniknya ucapan Fadjroel Rahman itu dikemukakan di tengah perayaan Cap Go Meh di Padang Sumatera Barat.

Kota yang dikenal ketat budaya. Di Banda Aceh juga Cap Go Meh dirayakan dengan lancar, aman, dan meriah padahal Aceh adalah daerah "syari'at Islam".

Di Magelang, Pontianak, Bekasi serta kota kota lain di Indonesia Cap Go Meh marak. Di Bogor menjadi "Street Festival". Bandung malah akan ada Festival Cap Go Lak yaitu Cap Go Meh campur campur. Mengambil momentum imlek. Hanya di Bandung ada demo di depan Balaikota menolak agenda Parade Lintas Budaya dan Agama. Wujud dari kekhawatiran campur aduk segala budaya dan agama.

Cap Go Meh bukan budaya asli Indonesia. Budaya China. Nuansa agamanya juga sebenarnya kental. Cap (sepuluh) Go (lima) Meh (malam) adalah hari ke 15 puncak ritual ibadah agama Konghucu. Setelah umat Konghucu beribadah menyembah dewa toa pek kong di kelenteng kelenteng atau vihara. Berdoa khusyuk untuk keselamatan dan kebahagiaan. Merayakan sukses ibadah di hari ke 15. Dewa Toa Pek Kong biasanya digotong di hari raya Cap Go Meh.

Kita bukan anti budaya termasuk lintas budaya. Tetapi jika seluruh Indonesia pada waktu yang sama dengan biaya yang mudah di dapat dari pengusaha mereka sendiri rutin mengadakan kirab, festival, parade atau apapun itu lalu menenggelamkan budaya asli bangsa Indonesia sendiri, maka ini sinyal terjadinya dominasi atau penjajahan budaya.

Mungkin sepertinya terlalu sederhana mempermasalahkan Cap Go Meh akan tetapi beberapa tahun ke depan tradisi ini akan tertanam di hati anak cucu bangsa seolah olah telah menjadi bagian dari budaya "asli" bangsa Indonesia. Bahkan dominan. Kita jangan hanya berfikir keadaan kini dan saat ini. Arah budaya bangsa ke depan harus jelas. Mesti disusun strategi kebudayaan yang berbasis nasionalisme bukan kolonialisme.

Indonesia mesti belajar dari pergeseran etnik, budaya, ekonomi, dan politik Singapura. Atau akankah Indonesia pun diarahkan untuk menjadi Singapura?
Para pemimpin harus bertanggungjawab. Negara ini adalah Indonesia bukan Indocina.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X