Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.790 views

Muhasabah Negeri: Saatnya Kembali kepada Aturan Ilahi

Oleh: Rospala Hanisah Yukti Sari, S.Pd, M.Pd 

(Pemerhati Kebijakan Publik) 

Bumi pertiwi kini sedang bergolak. Bermula dari munculnya berbagai RUU kontroversial yang segera disahkan oleh DPR, memunculkan gelombang aksi mahasiswa di hampir seluruh penjuru negeri. Berbagai tuntutan dilayangkan oleh mahasiswa yang menginginkan keadilan di negeri ini dengan menolak adanya RUU KPK, RUU Pertanahan, RKUHP, dll.

Gelombang perubahan pun semakin digaungkan. Namun sayangnya, tuntutan terbatas hanya kepada output kebijakan yang dihasilkan oleh sistem demokrasi, bukan menuntut perubahan sistem demokrasi yang menjadi “pabrik” dalam memproduksi RUU tersebut.

Sistem demokrasi lah yang menjadikan akal manusia yang lemah sebagai pembuat hukum seraya mengesampingkan hukum Ilahi, sehingga menghasilkan hukum yang berdasarkan kepada nafsu dan syahwat para elit penguasa dan para kapitalis.

Dengan demikian, perlu mengenali siapa sebenarnya lawan yang harus diserang, sebelum masuk ke gelanggang permainan untuk “memberantas” lawan tersebut. Dengan demikian, setidaknya ada 3 lawan yang harus dikenali (Januar, 2019):

Pertama, kaum opportunis yang mencari peluang dengan memanfaatkan situasi dan kondisi perpolitikan negeri. Merekalah para pejabat dan politisi rakus pemburu rente, anggota dewan, akademisi, seniman dan budayawan hingga tokoh agama.

Merekalah para kaum hipokrit yang berwajah banyak,  seolah paling peduli terhadap umat dan berteriak paling lantang sebagai paling pancasila, paling NKRI, paling lantang menyuarakan radikalisme, toleransi dan “label” lainnya. Sebenarnya, merekalah yang takkan malu menjual negara pada imperialis asing dan mereka juga para komprador-komprador asing yang siap menunggangi aksi-aksi perjuangan rakyat.

Kedua, tentakel gurita imperialis asing. Sudah sejak dulu hingga sekarang, indonesia merupakan wilayah imperium asing. Indonesia memiliki SDA dan SDM yang melimpah, letak geopolitik serta geografis yang strategis telah menjadi sasaran ‘empuk’ bagi imperium asing untuk memberikan pengaruhnya.

Tiongkok dan AS kini tengah bersaing dalam memperebutkan pengaruh dan kepentingan mereka. Tentakel-tentakel itu berwujud dalam bentuk korporat-korporat asing dan LSM-LSM yang menancapkan pengaruhnya di tanah air. Tentakel itulah yang mempengaruhi penyusunan undang-undang untuk melakukan liberalisasi nilai sosial, ekonomi dan politik yang memuluskan kepentingan mereka di tanah air.

Ketiga, kerusakan yang terjadi bukan hanya disebabkan karena pemimpin tidak kredibel dan korup, tetapi akibat penerapan ideologi kapitalisme-neoliberalisme. Dengan demikian, jika tuntutan mahasiswa hanya sebatas pergantian rezim, apalagi pembatalan RUU, hanya akan mengulang sejarah untuk masuk lagi kedalam vicious circle.

Sebagai pemuda, generasi millenial sudah selayaknya memiliki visi islam dan keumatan yang menjadi acuan dalam perubahan, apalagi pemuda memiliki peran strategis yaitu sebagai agent of change, social control dan iron stock. Dengan fungsi ini, pemuda diharapkan seperti “dokter umat” yang mampu mendiagnosis sebuah ‘penyakit’ dengan mengurai akar permasalahan dan mampu memberikan “obat” yang sesuai dengan ‘penyakit’nya pula.

Dalam white paper yang diterbitkan oleh Alvara Research Center, Indonesia 2020: The Urban Middle-Class Millennials” Menyebutkan bahwa ada tiga karakter generasi millennial yaitu Creative, Confidence, dan Connected yang disingkat menjadi 3C. Profil generasi millenial yang sangat dekat dengan internet sehingga arus informasi yang didapat begitu deras.

Selain itu, profil generasi millenial yang lekat dengan enterpreneur dan entertainment juga bisa menjadi penyebab generasi milenial seolah  jauh dari masalah politik, ketatanegaraan, produk hukum dan sejenisnya dari kehidupan mereka. Dengan demikian, perlu adanya kepemimpinan berpikir islam (qiyadah fikriyyah Islamiyyah) yang berfungsi sebagai penyaring segala informasi dan gaya hidup yang ada untuk dapat mengelolanya dengan akidah Islam.

Membangun kepemimpinan berpikir Islam dilakukan dengan edukasi politik Islam ideologis. Edukasi poilitik Islam ideologis tidak hanya masuk ke dalam partai politik, tetapi juga dilakukan dengan aktivitas politik yang menghasilkan pengalaman politik yaitu 1) informasi politik, 2) pengetahuan yang berkesinambungan tentang peristiwa/berita politik, 3) pilihan yang baik tentang berita politik yang berhubungan dengan Islam.

Makna politik dalam Islam yaitu sebagai pemelihara urusan umat agar diatur sesuai dengan aturan Islam serta kemampuan dalam membongkar para musuh-musuh yang berusaha untuk menghancurkan Islam dan umat dengan bekal tsaqafah islam dan pemikiran politis (mufakkir siyasi). Dengan demikian, dengan adanya aktivitas politik islam, insya Allah akan lahir sosok pemimpin umat yang menjadikan kepemimpinan berpikir Islam sebagai landasan dalam membangun peradaban.

Dengan melakukan aktivitas politik islam secara kontinu, maka arah perubahan yang diharapkan yaitu perubahan yang bersifat mendasar (asasiyah), menyeluruh (inqilaby) dan totalitas (taghyir), dimana perubahan tersebut merupakan perubahan yang dibutuhkan oleh umat, bukan perubahan parsial semu dalam naungan sistem kapitalisme. Adapun menurut Wajidi (2019), prasyarat bagi penting yang dibutuhkan dalam perubahan mendasar, menyeluruh dan totalitas adalah:

Pertama, memperjelas basis ideologi. Ideologi merupakan basis dari sistem kehidupan yang dibangun diatasnya. Ideologi ini juga menentukan arah perubahan yang diinginkan. Ideologi merupakan pemikiran mendasar (akidah) yang memancarkan aturan kehidupan. Dengan demikian, ideologi yang tidak jelas, akan menjadikan perubahan menjadi utopis dan tak tentu arah.

Salah satu ideologi di dunia adalah Islam. Islam merupakan salah satu ideologi karena memiliki akidah yang memancarkan sistem kehidupan. Akidah islam merupakan akidah yang berasal dari Allah SWT yang melahirkan aturan yang shahih (benar) dan sesuai fitrah manusia. Akidah islam juga menjadi jaminan atas kebaikan bagi seluruh makhluk hidup.

Kedua, perubahan yang mendasar juga membutuhkan musuh bersama yang jelas. Kesalahan dalam mendiagnosis musuh, akan menyebabkan kesalahan dalam bersikap terhadap musuh. Perlu ditegaskan bahwa musuh umat islam adalah ideologi kapitalisme dan sosialis-komunis. Ideologi inilah yang menjadi pangkal dalam menyebabkan berbagai macam kerusakan di negeri ini.

Ketiga, harus ada konsep dan arah perubahan yang jelas, terarah dan terukur. Perubahan yang dilakukan harus mengarah pada upaya melanjutkan kehidupan Islam dengan jalan menerapkan syariah islam melalui institusi politik pemerintahan islam.

Selain itu, pentingnya menentukan arah perubahan berdasarkan indikator kesadaran umat dan ahlul quwwah tentang pentingnya penerapan islam dan mencampakkan sistem kapitalisme juga memegang peranan penting dalam perubahan. Agen perubahan juga menyiapkan sistem pengganti jika perubahan itu terjadi.

Islam telah memiliki seperangkat aturan dengan konsepsi sistem pemerintahan (nizam hukmi), sistem ekonomi (nizam iqtishadi), sosial (nizam ijtima’i), keuangan (amwal) dan konsepsi lain yang dibutuhkan untuk mengurus masyarakat dan negara.

Keempat, harus ada kepemimpinan umat. Dengan adanya kepemimpinan umat, akan memudahkan dalam menggerakkan dan mengarahkan umat yang akan melakukan perubahan. Kepemimpinan umat haruslah dalam bentuk partai atau kelompok yang bersifat ideologis yang dibangun berdasarkan ikatan islam bukan berdasarkan kepada ikatan kemaslahatan duniawi. Dengan demikian, perubahan yang terjadi melalui jalan umat dan bersama umat yang sadar.

Kelima,  perubahan akan semakin matang ketika adanya peristiwa politik yang akan menggerakkan masyarakat untuk menolak terhadap pemimpin dan sistem politik yang ada.

Penolakan ini terjadi karena umat sadar bahwa sistem kapitalisme yang menindas, menjadi penyebab dalam segala permasalahan di negeri ini. Dengan kondisi ini, umat akan bergerak menuntut ke arah perubahan yang benar yaitu perubahan berdasarkan islam yang lahir dari kesadaran islam.

Dengan demikian, bergerak dengan selain islam, hanya akan mengantarkan kepada perubahan semu. Oleh karena itu, .kemarahan umat harus disebabkan karena alasan ideologis, bukan hanya atas dorongan duniawi yang akan ‘menenggelamkan’ ke pusara semu.

Umat beserta ahlul quwwah (orang yang memiliki kekuasan dan kekuatan) riil akan bergerak menuju perubahan ideologis yang tak bisa dihentikan hingga tercipta negeri yang baik dan penuh ampunan (Baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur). Insya Allah. Wallahu’alam.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News
Berikan Pelatihan Pengurusan Jenazah, Ibu-ibu: 'Ternyata, Selama Ini Kita Salah'

Berikan Pelatihan Pengurusan Jenazah, Ibu-ibu: 'Ternyata, Selama Ini Kita Salah'

Jum'at, 29 Mar 2024 13:12

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 22:02

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Kamis, 28 Mar 2024 21:17

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 20:28

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Kamis, 28 Mar 2024 15:37

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

Kamis, 28 Mar 2024 08:36

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Rabu, 27 Mar 2024 21:01

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Rabu, 27 Mar 2024 18:00

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

Rabu, 27 Mar 2024 17:15

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

Rabu, 27 Mar 2024 16:29

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Rabu, 27 Mar 2024 07:22

Puasa Jangan Lemas!

Puasa Jangan Lemas!

Rabu, 27 Mar 2024 07:09

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Selasa, 26 Mar 2024 22:15

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Selasa, 26 Mar 2024 21:20

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Selasa, 26 Mar 2024 17:12


MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X