Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.235 views

Sepenggal Kisah Keutamaan Ali bin Abi Thalib

ALI bin Abi Thalib ra sepupu Rasulullah Muhammad SAW, menantunya, sekaligus sahabat sejatinya dalam mengarungi medan dakwah yang penuh tantangan halangan dan rintangan.

Sejak kecil diasuh dan dididik penuh kasih sayang oleh Baginda Nabi. Masuk kedalam golongan orang-orang yang pertama kali masuk Islam, agama baru yang saat itu diemban dan disampaikan oleh Baginda Nabi.

Juga termasuk kedalam golongan manusia yang akan masuk surga tanpa hisab, manusia yang mendapat jaminan surga, manusia yang dijamin masuk surga.

Kiprahnya dalam mendampingi dakwah Rasulullah Muhammad SAW tak terhitung jari. Selalu hadir dalam setiap peristiwa besar dakwah Rasulullah  Muhammad SAW.

Selalu mendapat tugas yang tidak ringan, tugas yang sangat berat, yang hanya mampu dipikul oleh orang-orang yang memiliki keyakinan dan ketangguhan iman yang luar biasa, sekelas para sahabat Rasulullah SAW.

Suatu kali pernah mendapatkan tugas, menggantikan Rasulullah SAW tidur diatas tempat tidur Rasulullah SAW agar bisa mengelabui kaum Musyrikin yang berkehendak membunuh Rasul.  Disaat Rasul SAW mendapat ancaman nyawa dari kaum Musyrikin pada saat peristiwa hijrah yaitu saat Rasul SAW diperintahkan untuk pergi berhijrah ke Yatsrib yang kelak berganti nama dengan Madinah AlMunawwarah.

Suatu kali Beliau terlibat duel dengan pemimpin panglima perang kaum Musyrikin. Dan berhasil menekuk lawan kemudian maju sebagai pemenang, saat meladeni tantangan duel dari kaum Musyrikin, saat membela kehormatan Islam dan kaum Muslimin. Sebelum pecah perang Ahzab dan berakhir dengan kemenangan Islam dan Kaum Muslimin.

Suatu kali pula Ali bin Abi Thalib diberi tugas membawa panji Rasulullah SAW, saat hendak menaklukkan benteng Khaibar. Dan Allah SWT berkenan memberikan kemenangan kepada Islam dan Kaum Muslimin melalui tangannya. Hingga cahaya Islam mampu masuk menerangi benteng Khaibar yang ditaklukannya.

Tidak hanya kepiawaiannya dalam berperang membela Islam dan kaum Muslimin bersama pasukan Rasulullah SAW. Ali bin Abi Thalib ra pun terkenal dengan kezuhudannya terhadap dunia.

Mampu meletakkan dunia dalam telapak tangannya. Hingga setiap kali mendapat harta ghanimah, setiap kali itu pula harta tersebut dibagikan kepada orang-orang yang lebih membutuhkannya, hingga habis tak berisa. Padahal kehidupan beliau sangat jauh dari kata sederhana.

Tersebab tidak suka menumpuk harta, kehidupan rumah tangganya seringkali kekurangan. Namun kondisi ini mampu dilewatinya bersama isteri dan anak-anaknya dengan kesabaran dan kesadaran luar biasa. Hingga pernah suatu ketika isterinya disuruhnya untuk meminta seorang pembantu agar dapat membantu pekerjaan rumah tangganya, namun Rasulullah Muhammad SAW memerintahkannya untuk bersabar dan mengerjakan seluruh pekerjaan rumah tangganya sambil  mengucapkan kalimat toyyibah, tasbih, tahlil dan tahmid.

Beliau pun sering kali menjadi penasehat bagi para sahabatnya, tidak terkecuali bagi sahabat besar lagi mulia Abu Bakar Ashashiddiq ra ataupun Umar bin Khathab ra ataupun Utsman bin Affan ra saat menjadi Khalifah atau pemimpin umat. Hingga dikisahkan jika penetapan tahun hijriyah di tetapkan oleh Khalifah Umur bin khathab ra setelah berdiskusi dengan Ali bin Abi Thalib ra.

Keluasan ilmunya tak diragukan oleh para sahabat, hingga kadang kala keputusan hukum banyak diambil oleh para sahabat yang bertugas sebagai Khalifah setelah berdiskusi dengan Ali bin Abi Thalib ra.

Akan tetapi sungguh sangat amat disayangkan, ketika Beliau menjabat sebagai Khalifah dalam jajaran Khulafaur Rasyiddin, api fitnah dan perpecahan banyak melanda negeri-negeri Islam dan Kaum Muslimin.

Sehingga saat Beliau menjabat sebagai Khalifah, beliau tersibukkan mengurusi urusan internal kaum muslimin. Pemberontakan dan perang saudara. Akibat fitnah yang dilontarkan oleh orang-orang dzolim yang tidak menyukai cahaya Islam.

Api fitnah ini sempat menghentikan aktivitas dakwah, jihad dan futuhat yang diwajibkan oleh Allah SWT, akibat terkurasnya energi kaum muslimin dalam pusaran perang saudara. Kaum Muslimin lupa akan persatuan dan berbagai agenda wajib dan kewajiban yang harus dilakukan.

Api fitnah membuat kaum muslimin tidak mampu melanjutkan agenda dakwah dan penyebaran Islam keseantero negeri di dunia. Kaum Muslimin saling membantai satu dengan yang lain, saling bermusuhan dan saling bercerai berai.

Api fitnah ini membuat kaum Muslimin lumpuh hingga tidak mampu berjalan dan berlari menuju kota dan negeri yang masih gelap gulita akibat belum sampainya cahaya Islam ke negeri mereka.

Hingga suatu waktu api fitnah ini mengantarkan Ali bin Abi Thalib untuk menjadi syuhada, syahid. Dibunuh oleh pihak pemberontak yang terbius hasut dan hasad orang-orang dzolim.

Akan tetapi, bagaimanapun akhir hayat Beliau. Tetaplah jasanya dalam menyebarkan cahaya Islam keseluruhan pelosok negeri dalam aktivitas dakwah dan jihad bersama Rasulullah Muhammad SAW tetap dikenang dan ditulis dengan tinta emas sejarah.

Kiprahnya dalam membela Islam dan kaum Muslimin senantiasa terkenang sepanjang masa, tidak ada yang mampu menghapusnya dari pentas sejarah dan peradaban unggul manusia.*

Mela Ummu Nazry

Pemerhati Generasi

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X