Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.966 views

Umat Berdakwah, Negara Berkah

 

Oleh:

Yuliyati Sambas, Member Akademi Menulis Kreatif Regional Bandung

 

DAKWAH adalah cinta. Kutipan ini tentu bukan hal yang berlebihan, dakwah memang merupakan satu bukti cinta. Peduli adalah bagian dari cinta, dan dakwah seseorang terhadap pribadi lain merupakan bukti betapa ia demikian peduli terhadap nasib yang tengah dihadapi oleh saudaranya.

Islam mengajarkan bahwa antara satu mukmin dengan mukmin yang lain adalah saudara, innamal mu’minuuna ikhwah. Rasa kasih sayang digambarkan oleh persaudaraan yang dicontohkan oleh Baginda Rasulullah Saw diibaratkan satu bagian tubuh, jika salah satu merasa sakit maka yang lain akan merasakannya juga bahkan dapat bereaksi demam.

Pada saat seorang muslim melakukan perbuatan dosa pada kenyataannya ia tengah menzalimi diri, sedang berurusan dengan perkara yang akan menjerumuskannya pada kebencian Allah yang akan berkonsekuensi dosa jika terus dilakukan. Maka bagi mukmin lainnya tak akan pernah rela untuk membiarkan saudaranya mengalami hal buruk, terjerembab dalam kubangan maksiat.

Ia akan melakukan upaya untuk mengingatkan saudaranya dan mengajaknya kembali pada jalan kebenaran sehingga tidak terus menerus berkubang dalam dosa. Itulah dakwah. Dakwah Adalah Kewajiban Allah Swt berfirman dalam Alquran surat Annahl ayat 125, “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik, dan bantahlah mereka dengan cara yang baik.

Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat di jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.” Dari ayat di atas demikian jelas bahwa aktivitas da’a atau dakwah adalah sebuah perintah dari Allah Swt untuk sekalian umat.

Bahkan dalam beberapa nash lain Islam mengajarkan bahwa dakwah memang sebuah kewajiban yang jika ditinggalkan akan berkonsekuensi dosa dan mengakibatkan keburukan juga kemunkaran merajalela. Alquran Surat Ali Imran ayat 110 menjelaskan bahwa kaum muslimin akan menjadi umat terbaik dalam menjalani kehidupan jika mau untuk menjalankan aktivitas saling beramar makruf nahi munkar (saling mengajak pada kebaikan dan senantiasa saling menjauhkan dari perkara yang buruk), “Kamu adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah.

Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, diantara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan adalah orang-orang yang fasik.” Tujuan Dakwah Kalimat la ilaha illallah merupakan inti dari ajaran agama Islam sekaligus menjadi pendorong utama dalam kegiatan dakwah.

Ketika keyakinan bahwa keberadaan alam semesta, manusia dan kehidupan diciptakan oleh Allah ‘Azza wa Jalla dan menyadari betapa sebagai mahluk tak ada daya dan kekuatan apapun dalam menjalani kehidupan di muka bumi ini jika tidak berpegang pada aturan-Nya yang sempurna. Juga sebentuk kesadaran bahwa hanya Allah lah yang berhak untuk dijadikan sembahan dan untuk dita’ati maka muncullah sebuah kesadaran betapa petunjuk dari Allah yang terangkum dalam Alquran dan assunnah adalah manual book yang Allah berikan untuk memandu manusia menjalani kehidupannya di dunia agar tidak tersesat selamanya.

Maka dengan keyakinan tersebut akan muncul dorongan yang kuat untuk mengajak dan menyeru kepada siapapun untuk sama-sama meraih keselamatan hidup dengan menerapkan keduanya, tentu dengan aktivitas dakwah. Dakwah pun merupakan wujud kepedulian dan kasih sayang kita kepada pribadi lain dan masyarakat pada umumnya.

Ia bahkan menjadi misi utama kenabian Rasulullah Saw dan juga nabi-nabi sebelum beliau. Maka kepedulian terhadap dakwah merupakan ciri dari seorang mukmin. Rasulullah Saw mencontohkan satu perumpamaan masyarakat adalah bagaikan suatu rombongan yang sedang naik kapal, ada yang duduk dan berada di bagian atas, dan sebagian lainnya duduk di bagian bawah.

Jika orang-orang yang duduk di bawah hendak mengambil air, mereka harus melewati orang yang ada di atas. Orang yang di bawah lantas berkata “Seandainya aku lubangi saja tempat duduk milikku sendiri untuk mendapatkan air, tentu aku tidak akan mengganggu orang yang ada di atas.” Bayangkanlah, jika seluruh orang yang berada di kapal tersebut membiarkannya tentu yang tejadi adalah kebocoran kapal yang akan mengakibatkan kecelakaan bagi semua penumpang. Namun jika mereka berusaha mencegahnya, dan itu merupakkan wujud kepedulian juga kasih sayang, maka semua akan selamat mengarungi bahtera.

Itulah perumpamaan dakwah. Berkat dakwah Islam sebagai agama yang menyelamatkan akan dipahami, diyakini, diamalkan bahkan diperjuangkan. Islam juga akan tersebar ke seluruh penjuru dunia dan akan memunculkan rahmat pada semesta. Terbentuknya pribadi muslim yang shaleh, masyarakat mulia, dan peradaban yang agung pun dapat teraih dengan digencarkannya dakwah di tengah umat.

Tantangan Dakwah Masa Kini Kini kita hidup dalam iklim sistem demokrasi yang kufur dan bertentangan dalam setiap aspek dengan Islam. Sekulerisme menjadi ruh dalam menjalani kehidupan bermasyarakat. Agama hanya diberi porsi sekedar mengatur urusan mahdhah dan ritualitas, sementara urusan kehidupan lebih dipercayakan kepada kejeniusan akal manusia.

Maka tak heran yang terjadi bukannya kemaslahatan atau kesejahteraan, justru kemalangan yang memunculkan merebaknya permasalahan multi dimensi yang makin hari semakin ruwet layaknya benang kusut. Beragam solusi banyak dimunculkan untuk mengatasinya, namun karena tidak dibarengi dengan ruh keimanan kepada Dzat Yang Maha Tahu hakikat kebaikan dan keburukan bagi semesta dan spirit takwa akan setiap aturan-Nya yang menyeluruh (kaffah).

Alih-alih menyelesaikan yang berlaku malah makin memunculkan beragam permasalahan lain yang tak sanggup untuk diurai arah penyelesaiannya. Namun demikian, dakwah akan benar-benar sampai pada akar permasalahan umat jika seluruh aturan Islam diterapkan tanpa dipilah. Ibarat obat dengan kadar yang telah ditetapkan secara tepat oleh para medis, maka dakwah Islam pun wajib dilakukan dengan upaya yang optimal secara menyeluruh disampaikan dan dilakukan sebagaimana thariqah Rasulullah dalam menyebarkan Islam hingga mampu menyelsaikan setiap kemelut permasalahan di kala itu.

Dengan dakwah Islam kaffah Bangsa Arab yang sebelumnya terpecah bersuku-suku yang senantiasa mudah tersulut konflik menjadi damai dalam satu naungan ukhuwah dengan ikatan akidah yanga kokoh. Lebih jauh Islam pun dapat menyebar dan merahmati hingga seluruh pelosok dunia, bahkan sejarah mencatat dua per tiga dari belahan dunia telah merasakan betapa nikmatnya hidup dalam dekapan Islam sebagai pemerintahan adidaya berbentuk Daulah Khilafah Rasyidah.

Maka suatu kebutuhan yang teramat mendesak untuk seluruh komponen umat saling bergandengan tangan bersegera menjalankan setiap strategi dakwah Rasulullah. Melalui dakwah beliau Saw dengan thariqah yang tetap dan terbimbing wahyu Illahi yakinlah bahwa akan terbentuk negara berkah yang akan menaungi bukan hanya satu bangsa namun cahaya rahmatnya akan memancar dan memayungi hingga seluruh pelosoh dunia, rahmatan lil ‘alamin.

“Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertaqwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.” (QS Al-A’raf ayat 96). Wallahu a’lam bi ash-shawab.**

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Lahir Prematur, Anak Ustadz Pesantren Kritis di Rumah Sakit. Ayo Bantu.!!!

Lahir Prematur, Anak Ustadz Pesantren Kritis di Rumah Sakit. Ayo Bantu.!!!

Sudah 6 hari Kamilah tergolek kritis di rumah sakit. Terlahir prematur nafasnya terganggu, paru-paru belum sempurna, dan infeksi darah. Ustadz Fadhil, sang ayah adalah guru pesantren dan aktivis...

IDC Tuntas Bangun Mushalla Korban Gempa Banjarnegara, Donasi 74 Juta Rupiah Sudah Disalurkan

IDC Tuntas Bangun Mushalla Korban Gempa Banjarnegara, Donasi 74 Juta Rupiah Sudah Disalurkan

Alhamdulillah... Mushalla Al-Muhaimin Kasinoman korban gempa Banjarnegara, kembali berdiri dengan gagah setelah dibangun dari program Wakaf IDC sebesar 74 juta rupiah...

Nasruddin, Remaja Yatim Kritis Dibacok Preman Tak Dikenal. Ayo Bantu.!!!

Nasruddin, Remaja Yatim Kritis Dibacok Preman Tak Dikenal. Ayo Bantu.!!!

Anak yatim ini kritis tak sadarkan diri dibacok preman tak dikenal saat bekerja sebagai penjaga warnet. Tubuhnya terkapar tak sadarkan diri, bersimbah darah terluka parah di bagian leher, punggung,...

Sopir Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Magelang Digerogoti Tumor Usus. Ayo Bantu..!!

Sopir Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Magelang Digerogoti Tumor Usus. Ayo Bantu..!!

Mantan preman yang jadi sopir pesantren ini tak bisa lagi mengantar jemput santri, para guru dan ustadz pesantren. Menderita tumor usus stadium 4, ia butuh biaya transport dan obat-obatan kemoterapi....

Terancam Roboh, Mushalla Al-Fatihah Butuh Renovasi Total. Ayo Bantu Sedekah Jariyah.!!!

Terancam Roboh, Mushalla Al-Fatihah Butuh Renovasi Total. Ayo Bantu Sedekah Jariyah.!!!

Kondisi mushalla di pelosok Tasikmalaya ini sangat memprihatinkan, reyot dan tidak layak. Dihantam longsor, rusakanya semakin parah dan terancam roboh. Dibutuhkan dana 55 juta rupiah untuk renovasi...

Latest News
Berapa Lama Ma'ruf Amin Jadi Wapres Jokowi?

Berapa Lama Ma'ruf Amin Jadi Wapres Jokowi?

Senin, 19 Aug 2019 16:31

Presiden Terguling Sudan Omar Al-Bashir Tiba di Pengadilan untuk Menghadapi Dakwaan Korupsi

Presiden Terguling Sudan Omar Al-Bashir Tiba di Pengadilan untuk Menghadapi Dakwaan Korupsi

Senin, 19 Aug 2019 16:15

UAS Dituduh, Haikal Hassan Bereaksi

UAS Dituduh, Haikal Hassan Bereaksi

Senin, 19 Aug 2019 12:17

Mengambinghitamkan Agama (Umat) Islam di Ekonomi?

Mengambinghitamkan Agama (Umat) Islam di Ekonomi?

Senin, 19 Aug 2019 12:17

Hak Jawab Pemkot Bekasi Terkait Artikel Voa Islam: Wali Kota Bekasi Terpapar Paham Radikal

Hak Jawab Pemkot Bekasi Terkait Artikel Voa Islam: Wali Kota Bekasi Terpapar Paham Radikal

Senin, 19 Aug 2019 11:22

Gibraltar Tolak Permintaan AS untuk Menahan Kapal Tanker Minyak Iran

Gibraltar Tolak Permintaan AS untuk Menahan Kapal Tanker Minyak Iran

Senin, 19 Aug 2019 10:31

Setelah Bandara Sipil, Kini Giliran Kebun Binatang di Tripoli yang Dibombardir Oleh Pasukan Haftar

Setelah Bandara Sipil, Kini Giliran Kebun Binatang di Tripoli yang Dibombardir Oleh Pasukan Haftar

Senin, 19 Aug 2019 10:30

India Tangkap Setidaknya 4000 Orang di Kashmir Sejak Pencabutan Status Otonomi Khusus

India Tangkap Setidaknya 4000 Orang di Kashmir Sejak Pencabutan Status Otonomi Khusus

Senin, 19 Aug 2019 09:30

MUI: Kasus GKI Yasmin Sudah Selesai, Relokasi!

MUI: Kasus GKI Yasmin Sudah Selesai, Relokasi!

Senin, 19 Aug 2019 09:12

Perlu Diaudit: Kekayaan Para Mantan Presiden, Wapres, Menteri, Dirut BUMN

Perlu Diaudit: Kekayaan Para Mantan Presiden, Wapres, Menteri, Dirut BUMN

Senin, 19 Aug 2019 08:28

Isu Radikal Untungkan Para Pemburu Rente? Dahnil Singgung Mahfud

Isu Radikal Untungkan Para Pemburu Rente? Dahnil Singgung Mahfud

Senin, 19 Aug 2019 06:17

Kemerdekaan RI Tak Diberikan Gratis oleh Penjajah

Kemerdekaan RI Tak Diberikan Gratis oleh Penjajah

Senin, 19 Aug 2019 05:17

Puluhan Ribu Orang di Hong Kong Kembali Gelar Aksi Demo

Puluhan Ribu Orang di Hong Kong Kembali Gelar Aksi Demo

Senin, 19 Aug 2019 03:51

Mahfud oh Mahfud

Mahfud oh Mahfud

Senin, 19 Aug 2019 02:03

Puluhan Orang Tewas dalam Serangan Bom Bunuh Diri dalam Pernikahan di Kabul

Puluhan Orang Tewas dalam Serangan Bom Bunuh Diri dalam Pernikahan di Kabul

Senin, 19 Aug 2019 01:40

Pasukan Israel Bunuh 3 Warga Palestina di Dekat Pagar Gaza

Pasukan Israel Bunuh 3 Warga Palestina di Dekat Pagar Gaza

Senin, 19 Aug 2019 00:47

India Kembali Berlakukan Jam Malam di Kashmir

India Kembali Berlakukan Jam Malam di Kashmir

Ahad, 18 Aug 2019 23:43

Kemampuan Jokowi Pindah Ibu Kota Dipertanyakan

Kemampuan Jokowi Pindah Ibu Kota Dipertanyakan

Ahad, 18 Aug 2019 23:17

Bebas Penjajahan Secara Total, Mungkinkah?

Bebas Penjajahan Secara Total, Mungkinkah?

Ahad, 18 Aug 2019 23:16

Belajar Arti Kemerdekaan dari Bilal

Belajar Arti Kemerdekaan dari Bilal

Ahad, 18 Aug 2019 23:01


Gamis Syari Cantik Murah Terbaru

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X