Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.491 views

Rocky Gerung

Oleh: M Rizal Fadillah

Diantara tokoh fenomenal menjelang Pilpres 2019 adalah Rocky Gerung. Alumnus UI mantan dosen Filsafat yang memiliki karakter berfikir khas. Di samping kritis juga sering menonjok dengan predikat "dungu". Diskusi atau ceramahnya digemari.

Ada keberanian dan logika berfikir cepat atau tepat yang membuat lawan diskusi sering kelabakan atau bahkan "mati kutu". Tentu kepada rezim Jokowi kritis dan pedas. Posisi dari sisi fans kini bagaikan artis. Ditunggu dan dielukan.

Lawan politik yang bertautan dengan rezim berupaya mencari kelemahan agar Gerung tidak telalu "menggerung". Soal kitab suci fiksi dipolisikan. Singgungan soal tokoh berjanggut H. Agus Salim dipolemikkan. Sampai keluar bahasa kekanak-kanakan agar Rocky melepas status WNI nya. Tentu dijawab dengan "dungu" lagi.

Ada tiga hal membuat Rocky Gerung fenomenal, yaitu :

Pertama, di tengah dunia akademik yang biasa mencari jalur tengah dan aman, Rocky melabrak dengan pandangan tajam dan bernas. Kata "dungu" adalah tinju maut yang membuat belingsatan lawan. Kejengkelan juga kadang muncul terpancing oleh tinjunya itu. Jadi Rocky Gerung adalah figur akademisi unik. Akar berfikir filosofisnya cukup kuat.

Kedua, kritik kepada Pemerintahan Jokowi dinilai aspiratif. Publik sedang melihat dan merasakan bahwa jalan pemerintahan kini terseok-seok, tidak profesional, dan cenderung seenaknya. Jauh dari asas pemerintahan yang baik. Aspirasi publik tersebut menemukan saluran berupa "terompet" yang mampu memekakkan telinga Pemerintah.

Ketiga, Rocky bukan muslim namun sering mengadvokasi suara umat Islam. Seperti juga tokoh lain Natalius Pigai. Obyektivitas pandangan keduanya disukai dan mendapat applause dari umat. Hal ini oase ditengah munculnya tokoh Islam, termasuk yang bergelar Kyai, justru sering memojokkan umat Islam sendiri. Mengacak-acak perasaan kemusliman.

Pada hakekatnya rakyat atau masyarakat itu suka pada jiwa heroik. Mayoritas diam selalu butuh wakil nurani yang bersuara. Awalnya mereka berharap pada politisi. Akan tetapi terlalu banyak politisi terkooptasi. Hal ini disebabkan pada bayaknya politisi yang terlalu mementingkan diri atau kelompok Berebut posisi semata harga diri. Tentu tidak semua.

Rocky Gerung bergaung untuk gerakan akal sehat. Menjadi tokoh perlawanan rezim bersama tokoh lain. Filsafat bisa menjadi alat sebagaimana seni.

Dahulu ada Rendra dan Taufik Ismail. Taufik kini masih hadir di panggung perjuangan. Agama sudah pasti menjadi kekuatan kritis pula, bahkan yang paling kuat. Karena dalam da''wah ada "amar ma'ruf" dan "nahyi munkar".

Da'i harus menjadi pemberani di jalan kebenaran.

"Jihad paling utama adalah mengatakan yang benar dihadapan penguasa zalim" (HR Abu Dawud, At Tirmidzi, Ibnu Majjah).

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X