Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.571 views

Kenali Sistem Islam agar Tak Salah Berjuang

Oleh: Wardah Abeedah

Al-Islamu ya’lu wa laa yu’la alaihi. Islam itu tinggi dan tak ada yang lebih tinggi darinya,” kata Ustadzah Nauroh Alifah dalam forum diskusi di Jember Ahad (6/1/2019). Kalimah hikmah tersebut beliau kutip untuk menjelaskan bahwa jalan satu-satunya menuju perubahan hakiki Indonesia adalah dengan menerapkan sistem Islam.

“Perlu dipersiapkan faktor-faktor agar perubahan tak jalan di tempat. Pertama, yang harus diganti adalah rezimnya. Sepakat?” tanyanya. Sontak para peserta kompak menjawab, “Sepakaat!”

“Tapi apakah ganti rezim saja sudah cukup untuk menciptakan perubahan? Jika itu cukup, maka dulu ketika Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam ditawari kekuasaan oleh Kaum Qurays, pasti akan menerima. Tapi rasul menjawab, “Andai kau meletakkan matahari di tangan kananku, bulan di tangan kiriku agar aku meninggalkan perkara ini (dakwah), maka aku tak akan meninggalkannya.”

Ustadzah Alifah kemudian menjelaskan bahwa pemimpin baik saja tidak cukup sebagaimana yang sudah dialami negeri ini dan yang terjadi di timur tengah pada peristiwa Arab Spring. Dimana perubahan yang dituntut umat hanya berhasil mengganti rezim namun pada faktanya tak terjadi perbaikan setelahnya.

“Kedua, kita butuh perubahan sistem. Dari sistem kapitalisme yang dzalim dan menyengsarakan menuju sistem Islam. Siatem Islam inilah yang dalam Islam disebut syariah, khilafah. Rezimnya disebut khalifah”, lanjutnya. Beliau juga menjelaskan bahwa menerapkan syariah dan khilafah merupakan wujud ketaatan kita sebagai hamba Allah. Karena Allah lebih tahu dan maha tahu terhadap apa yang terbaik bagi manusia. Perintah untuk mentaati semua syariah Islam secara kaffah beliau kutip dari surat Al-Maidah 60.

Tak hanya itu, Ustadzah Alifah juga menjelaskan bahwa saat ini sengaja dimunculkan isyu-isyu agar umat Islam takut dengan sistem Islam atau khilafah. Dibuatlah khilafah KW yang diopinikan dzalim, kejam dan berdarah-darah. Hal ini dilakukan agar umat terus mau dijajah oleh ideology kapitalisme. “Agar tak tertipu dengan ditakut-takuti sistem SIlam KW, maka kita harus mengenal ciri-ciri sistem Islam yang asli”, ujarnya.

Muballighah ini kemudian menyebutkan empat ciri sistem Islam. Pertama dari segi kepemimpinan, ia dipimpin oleh seorang khalifah yang memenuhi syarat in’iqad (muslim, laki-laki, dewasa, berakal, adil dan mampu memikul beban dan tugas negara). Kedua, dari segi wilayah, batas territorial tidak statis, namun berkembang dengan dengan dakwah dan jihad. Di dalamnya diterapkan syariah Islam dan dijaga oleh militer Islam. Ketiga, diterapkan aturan Islam yang berpijak pada Alquran dan As-Sunnah, Ijma’ dan Qiyas. Terakhir, keamanan di dalam negeri dan penjagaan batas wilayah khilafah dijaga oleh militer Islam di bawah kepemimpinan khalifah.

Selanjutnya tak kurang seratus peserta dibuat hanyut dalam jejak sirah (sejarah) khilafah Islamiyah pertama dahulu. Bagaimana sosok khalifah dan rezim pada masa itu adalah pemimpin yang kapabel dan bukannya menyusahkan rakyat. Menjaga harta rakyat bukan justru menjualnya untuk kepentingan penjajah sebagaimana sosok Khulafaur Rasyidin dan Khalifah Umar bin Abdul Aziz yang berhasil membuat taraf hidup rakyatnya super sejahtera. Beliau juga memberikan gambaran bagaimana gemilangnya peradaban Islam di masa diterapkannya sistem Islam (khilafah Islam).

“Jika ingin negeri kita ini kuat, aman, sejahtera, mandiri dan berdaulat, jawabannya pasti hanyalah dengan menerapkan sistem Islam.  Ini adalah sebuah kepastian dan janji dari Allah. Bukan janji dari capres”, tutupnya. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X